page hit counter
Jokowi minta Menkes turunkan harga PCR jadi Rp450 ribu

Jokowi minta Menkes turunkan harga PCR jadi Rp450 ribu

Presiden Jokowi saat mengumumkan perpanjangan PPKM level 4 hingga tanggal 9 Agustus 2021. Foto: Tangkapan layar kanal YouTube Sekretariat Presiden

Presiden Jokowi meminta agar harga tes PCR diturunkan jadi Rp450 ribu sampai Rp550 ribu. Hal ini, menurut dia, sebagai bagian dari upaya mengendalikan pandemi covid-19 di Indonesia.

Bukan cuma harga tes PCR saja yang diminta diturunkan, Presiden Jokowi juga meminta agar tes PCR bisa segera keluar hasilnya dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam. Dengan begitu, kata dia, dapat memperluas dan meningkatkan strategi tes, telusur, dan tindak lanjut (3T) sebagai upaya mengendalikan pandemi covid-19 di Tanah Air.

“Saya sudah berbicara dengan Menteri Kesehatan mengenai hal ini. Saya minta agar biaya tes PCR berada di kisaran antara Rp450 ribu sampai Rp550 ribu,” kata Jokowi dikutip kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu 15 Agustus 2021.

Presiden Jokowi dalam kesempatan itu turut meminta agar laboratorium dapat memaksimalkan periode tunggu hasil tes. Di mana, di sejumlah daerah, hasil tunggu PCR bisa diketahui, 3-7 hari setelah pengambilan sampel.

Sebelumnya, Direktur Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyebut bahwa penentuan harga PCR yang saat ini beredar telah berdasarkan hasil kajian tim ahli.

Nadia menjelaskan, tingginya PCR disebabkan oleh komponen pembentukan harga yang telah dikaji oleh tim. Meski demikian, pihaknya mengaku tetap membuka masukan dari berbagai pihak terkait kemungkinan menurunkan harga.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS