page hit counter
Jelang Idul Adha, Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Mataram Stabil

Jelang Idul Adha, Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Mataram Stabil

Berita Mataram – Umat Muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Biasanya menjelang hari raya, harga kebutuhan pokok akan mengalami kenaikan. Namun menjelang Idul Adha 1441 Hijriah kali ini, harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar di Kota Mataram tidak mengalami kenaikan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram H Amran M Amin menyebutkan bahwa kondisi saat ini berbeda dengan hari raya di tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun-tahun sebelumnya, H-8 menjelang lebaran harga kebutuhan pokok meningkat, namun tidak kali ini. Stabilnya harga saat ini dipengaruhi oleh persediaan stok yang masih mencukupi.

Amran mencontohkan harga daging sapi segar yang saat ini masih di harga Rp125.000 per kilogram, kemudian harga daging ayam broiler Rp35.000 per kilogram dimana pada tahun-tahun sebelumnya, menjelang hari raya harga ayam broiler ini mencapai Rp40.000 hingga Rp42.000 per kilogram. Terkait soal stok, Amran menyebut bahwa kebutuhan pokok seperti beras, tepung, gula, minyak goreng dan berbagai bumbu dapur masih mencukupi. Ia juga menjelaskan bahwa hingga saat ini belum ada potensi terjadinya lonjakan permintaan.

Sebelumnya Kepala Dinas Pertanian Kota Mataram H Mutawalli menyebut bahwa pihaknya telah mendatangkan 100 ton daging ayam broiler beku dari Pulau Jawa untuk menjaga stok serta menstabilkan harga ayam broiler menjelang hari raya Idul Adha 1441 Hijriah. Kenaikan harga ayam broiler awal bulan lalu karena kondisi new normal sehingga banyak usaha yang mulai membutuhkan stok ayam broiler.

CATEGORIES
TAGS
Share This