page hit counter
Jangan Tertipu, Tips Mudah Kenali Mobil Bekas Banjir

Jangan Tertipu, Tips Mudah Kenali Mobil Bekas Banjir

Ada banyak pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas. Salah satunya adalah menghindari untuk membeli mobil yang pernah terendam banjir. Mengapa demikian?

Hal tersebut karena mobil yang pernah terendam banjir dikhawatirkan meninggalkan beberapa kendala atau kerusakan yang umumnya ditemukan pada mesin, kelistrikan, bahkan eksterior/body mobil yang nantinya dapat merugikan Anda.

Bagi Anda yang awam, terlebih jika saat ini sedang mencari mobil pertama, butuh ketelitian untuk mengetahui apakah mobil tersebut pernah terendam banjir sebelumnya. Hal ini karena mungkin akan sulit terlihat secara kasat mata. Namun, meskipun mobil sudah dipoles dengan sedemikian rupa, Anda tetap dapat mengenalinya dengan memperhatikan tips berikut. 

  • Cek Rem Tangan

Salah satu tanda bahwa mobil sudah pernah terendam banjir bisa di Anda lihat pada lapisan karet yang menutupi gagang rem tangan. Jika besi nampak kecoklatan karena terkontaminasi tanah atau bahkan berkarat. Itu menandakan mobil pernah terendam banjir sebelumnya. 

  • Cek Interior Mobil

Mobil yang sebelumnya pernah terendam banjir akan meninggalkan bau tidak sedap. Anda dapat mengecek bagian kabin, seperti jok dan karpet. Namun jika mobil sudah pernah dibersihkan sebelumnya tentu akan sulit untuk membedakannya. 

Namun tetap teliti dengan memperhatikan setiap sudut dan sela yang ada pada kabin mobil.

  • Periksa Perangkat Elektronik

Anda bisa melakukan pengecekan ini saat sedang melakukan test drive. Periksa power window, lampu pada kabin dan sein, wiper, sekring dan juga radio tape, agar tidak menyesal di kemudian hari.

  • Cek Alamat Pada STNK Mobil

Ini dia salah satu cara paling mudah untuk mengetahui apakah mobil pernah terendam banjir sebelumnya, yakni melakukan pemeriksaan pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) pada mobil. 

Pada nomor STNK mobil, Anda akan mengetahui alamat mobil tersebut berada pada kawasan rawan banjir atau tidak. Namun perlu di crosscheck kembali, karena bisa jadi pemakaian mobil tersebut tidak sesuai dengan alamat yang ada pada nomor STNK. 

  • Beli Mobil Bekas Di Tempat Terjamin

Cara mudah lainnya untuk menyiasati agar aman dari membeli mobil yang pernah mengalami kerusakan akibat terendam banjir adalah membeli pada platform jual-beli mobil bekas online terpercaya yang sudah bergaransi. 

Carsome.id memberikan jaminan bahwa seluruh mobil Carsome Certified telah melalui inspeksi ketat pada 175 titik dengan jaminan mobil tidak pernah mengalami kerusakan akibat banjir, kecelakaan besar, dan kerusakan akibat kebakaran. 

Jadi Anda tidak perlu khawatir dan merasa kesulitan untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas. Tunggu apalagi? Kunjung website carsome di carsome.id sekarang atau Carsome Experience Center terdekat. 

Baca juga: Cara Mudah Beli Mobil di Carsome

The post Jangan Tertipu, Tips Mudah Kenali Mobil Bekas Banjir appeared first on Carsome Indonesia.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS