page hit counter
Jadi salah satu rumah ekosistem yang unik, ini dia fakta samudra kelima!

Jadi salah satu rumah ekosistem yang unik, ini dia fakta samudra kelima!

Ilustrasi Bumi. Foto: National Geographic

Fakta samudra kelima.

National Geographic mengumumkan samudra yang kelima, pada peringatan hari laut sedunia (8/6/21). National Geographic resmi memperkenalkan “Samudra Selatan”, di mana samudra Selatan merupakan samudra kelima setelah samudra Pasifik, Atlantik, Hindia, dan Arktik.

Salah satu keunikan dari samudra Selatan adalah airnya yang dingin. Kedinginan air di samudra Selatan merupakan kombinasi dari udara benua Antartika, radiasi, dan angin katabatik dari pegunungan Antartika.

“Siapa pun yang pernah ke sana akan berusaha keras untuk menjelaskan apa yang begitu memesona, mereka semua akan setuju bahwa gletser di sana lebih biru, udaranya lebih dingin, pegunungannya lebih menakutkan, dan pemandangannya lebih menawan daripada tempat lain yang bisa dikunjungi,” ujar Seth Sykora-Bodie, ilmuwan kelautan di National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) dan Explorer di National Geographic.

Ilustrasi Samudra Kelima. Foto: Kompas
Ilustrasi Fakta Samudra Kelima. Foto: Kompas

Alex Tait seorang ahli Geografi di National Geographic menjelaskan bahwa keberadaan samudra Selatan telah lama diakui oleh para ilmuwan.

“Keberadaan samudra Selatan telah lama diakui oleh para ilmuwan, tetapi karena tidak pernah ada kesepakatan internasional, kita tidak pernah secara resmi mengakuinya,” kata Alex.

Fakta samudra Selatan

Berikut lima fakta tentang Samudra Selatan yang perlu diketahui:

  • Lautan terkecil kedua di dunia

Samudra Selatan berada di ujung bumi paling selatan. Lautan ini memeluk pantai Antartika hingga 60 derajat lintang selatan yang berarti tidak menyentuh titik paling selatan Antartika Selatan yang berada jauh di bawah sana.

  • Dulunya bagian dari samudra Pasifik

James Cook menjelajahi garis lintang selatan pada tahun 1770-an. Orang-orang tidak setuju tentang apakah atau bagaimana membedakan samudra Selatan dari wilayah perairan lain. Pada titik-titik yang berbeda dalam sejarah, ia disamakan dengan samudra Hindia dan Atlantik. Namun yang terbaru, samudra Selatan disamakan dengan samudra Pasifik.

Ilustrasi Laut. Foto: Shutterstock
Ilustrasi Laut. Foto: Shutterstock
  • Rumah bagi ekosistem yang unik

Keunikan dari samudra Selatan adalah tempat ekosistem yang unik dari samudra lainnya. Kita bisa melihat penguin Kaisar (Aptenodytes forsteri), anjing laut Wendell (Leptonychotes weddellii) dan ribuan organisme unik lainnya yang tidak hidup di tempat lain di dunia. Selain itu, wilayah ini menjadi tempat mencari makanan hewan seperti paus bungkuk (Megaptera novaeangliae) yang berimigrasi ke samudra Selatan.

  • Dipisahkan oleh arus

Samudra Selatan terpisah dari samudra lainnya karena arus. Arus ini bernama Antarctic Circumpolar Current (ACC) yang mengalir dari barat ke timur di sekitar Antartika. Perairan ACC lebih dingin dan kurang asin dibandingkan dengan lautan di sekitarnya. Hal ini menjadi suatu keistimewaan, karena tidak ada benua yang memisahkan samudra Selatan dari empat benua lainnya.

  • Butuh pengakuan

Meskipun samudra Selatan terpencil, para ilmuwan ahli iklim telah mengupayakan agar samudra Selatan bisa ditampilkan dalam peta dunia yang harus diketahui. Hal ini karena samudra Selatan merupakan hot spot di krisis iklim.

Dilansir dari Britannica, samudra Selatan merupakan 1/16 dari total luas lautan di Bumi. Diketahui, samudra Selatan memiliki luas sekitar 21.960.000 kilometer persegi, sementara volume airnya sekitar 71.800.000 kilometer kubik. Serta, samudra Selatan memiliki kedalaman rata-rata sebesar 3.270 meter dan kedalaman maksimal sebesar 7.432 meter.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS