page hit counter

Jabat Ketua, Anies Sampaikan 6 Agenda Pembahasan Mayor Summit U20 Tahun 2022

JAKARTA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri secara virtual acara U20 Mayor Summit 2021 bersama para pemimpin G20 pada Jumat (3/9) malam.

Anies menyampaikan gagasannya terkait tantangan selama pandemi Covid-19 dan krisis iklim yang membutuhkan perhatian khusus. Dalam kesempatan tersebut, Anies juga menyampaikan 6 fenomena menarik yang terjadi di perkotaan pascapandemi, yang akan menjadi agenda diskusi pada Mayor Summit U20 tahun depan.

Untuk diketahui, Kota Jakarta akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan U20 tahun 2022 yang akan mengambil tema “Recover Together, Recover Stronger” dan Gubernur Anies menjadi Ketua U20.

Pertama, kebutuhan akan perumahan yang menunjang produktivitas penghuninya dengan harga terjangkau.

“Tren global menunjukkan meningkatnya permintaan untuk memiliki rumah yang tidak hanya mampu menjaga kesehatan penghuninya, tetapi juga cocok untuk menunjang produktivitas. Hal ini karena semakin banyak orang yang memutuskan untuk terus bekerja dari rumah. Jadi perumahan semacam ini pasti harus terjangkau,” ucap Anies.

Kedua adalah masa depan industri properti. Seperti diketahui, kontribusi sektor properti di kawasan perkotaan di seluruh dunia menurun sebanyak 29% pada tahun 2020. Dan pemandangan kantor-kantor yang kosong, kini tidak jarang terlihat termasuk di Jakarta. Untuk itu, perlu dipikirkan kembali masa depan industri properti di kota-kota di seluruh dunia.

Baca juga: 5 Hari PTM di DKI Jakarta, Anies: Belum Ada Temuan Kasus Covid-19

Kemudian yang ketiga adalah tentang akses mobilitas berkelanjutan untuk semua orang. Pandemi Covid-19 dan perubahan iklim telah memaksa kota untuk mempertimbangkan kembali hubungan antara mobilitas, ruang kota, dan kesehatan, yang turut mempertimbangkan jaga jarak fisik, sekaligus  kebutuhan mobilitas penduduk.

“Dan sekarang, pertanyaan yang muncul bukanlah tentang bagaimana kota menyediakan infrastruktur untuk menopang mobilitas, melainkan bagaimana kota memastikan akses yang setara terhadap mobilitas yang berkelanjutan. Jadi itu masalah yang perlu kita pikirkan,” ujar Anies.

Masalah nomor empat yang turut disampaikan Gubernur Anies adalah masa depan dunia kerja. Sebagai salah satu efek samping dari pandemi, pengangguran global naik 1,1%. Di sisi lain, muncul permintaan akan keterampilan baru untuk mendukung industri hijau dan ekonomi digital yang menjanjikan.

“Jadi pertanyaannya adalah, bagaimana kota dapat mengakomodasi transformasi di pasar tenaga kerja untuk masa depan yang lebih hijau?” tambahnya.

Source: RCTI+

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS