counter hit make

IPM Lotim Naik menjadi Peringkat ke-7 dari Kabupaten/Kota yang ada di NTB

Wartamataram.com, Mataram – Telah rilis data dari BPS tahun 2022 tentang IPM (Indeks Pembangunan Manusia) untuk kabupaten/kota yang ada di NTB. Menurut data tersebut, IPM Lombok Timur naik menjadi peringkat ke 7 dari kabupaten/kota yang ada di NTB yang sebelumnya berada di peringkat ke 8.

Abdul Hafidzirrahman menilai berhasilnya naiknya IPM Lotim ini berkat kerja keras Pemkab Lotim dalam meningkatkan IPM pada tahun 2022 ini.

Hafiz, sapaan akrabnya, yang kini sedang menjabat sebagai PLT ketua umum Formastim sangat mengapresiasi kerja keras pemerintah kabupaten Lombok timur.

Ia menyampaikan, “Tentu untuk menaikan IPM ini pekerjaan yang tidak mudah, butuh keseriusan serta semangat kolaborasi. Sebab untuk menaikan IPM ini kita harus mampu menuntaskan permasalahan yang sangat kompleks yang ada di bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi.”

Ia pun memberikan contoh, “Di bidang kesehatan saja, pemkab harus mampu menekan AKI (Angka Kematian Ibu), AKB (Angka Kematian Bayi) ataupun berupaya untuk memberikan faskes yang memadai guna untuk meningkatkan AHH (Angka Harapan Hidup). Tentu ini tidak mudah, butuh keseriusan dan semangat kolaborasi dari berbagai pihak.”

Mantan ketua salah satu OKP kesehatan di kota Mataram ini juga mengungkapkan bahwa FORMASTIM sering menyuarakan hal ini disetiap aksi-aksinya. Bahkan kurang lebih satu tahun yang lalu FORMASTIM pernah beraudiensi secara serius dengan Bupati Lombok Timur membahas tentang kolaborasi dalam meningkatkan IPM di Lombok timur ini. Bupati Lombok Timur, pada saat itu, mengajak FORMASTIM untuk berkolaborasi dalam meningkatkan IPM ini.

“Tentunya kita harus terus optimis kedepan, agar kita bisa semakin meningkatkan IPM kita di Lotim ini. Sebab, IPM ini gambaran kualitas SDM kita di Lombok timur ini,” tandas Hafiz. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *