counter hit make

Ini Penyebab Kebakaran Kubah Masjid Jakarta Islamic Center

Ini Penyebab Kebakaran Kubah Masjid Jakarta Islamic Center
Kebakaran Kubah Masjid Jakarta Islamic Center - Jakarta Utara, pada Rabu (19/10)

Wartamataram.com, Jakarta – Masjid Raya Jakarta Islamic Center – Jakarta Utara mengalami kebakaran hebat, pada Rabu (19/10) sore. Kebakaran tersebut diduga akibat adanya renovasi pada kubah masjid yang berbahan triplek. Hal tersebut disampaikan Kasat Intelkam Polres Metro Jakarta Utara AKBP Slamet Wibisono Yanto.

“Berawal dari 4 orang saksi sebagai pekerja dari PT Dwi Agung Sentosa Pratama sedang melakukan renovasi atap kubah Masjid Islamic Center,” ujar Slamet, pada Rabu (19/10).

Lebih lanjut, Slamet menuturkan awal mula terjadinya kebakaran diduga ketika para pekerja tidak sengaja membakar membran saat bekerja dengan menggunakan alat bakar.

“Renovasi tersebut menggunakan bahan triplek yang pada saat ingin memasang triplek atap kubah masjid tersebut para saksi melelehkan membran (aspal gulung) untuk menempelkan bahan atap tersebut menggunakan alat bakar,” tuturnya.

Percikan tersebut turut membakar bahan bangunan yang rentan terbakar, sehingga mengakibatkan timbulnya api dan kian membesar.

“Diduga percikan dari alat bakar mengenai glasbul sampai timbulnya api, kemudian saksi berupaya memadamkan api dengan menggunakan apar namun api semakin membesar dan akhirnya kubah Masjid Islamic keseluruhan terbakar,” tuturnya. “Kemudian datang 9 unit damkar yang dipimpin oleh Bapak Eko Budiyanto melakukan penanganan kebakaran hingga saat ini api masih belum padam dan masih dalam penanganan petugas kebakaran. Kerugian belum dapat ditaksir,” tambahnya.

Hal senada terungkap dari akun Instagram @humasjakfire, pada Rabu (19/10), dijelaskan kebakaran terjadi saat adanya pekerja bangunan yang sedang melakukan renovasi.

Proses pemadaman kebakaran tersebut baru berhasil dilokalisir dan dipadamkan setelah dikerahkan 21 unit wilayah gabungan (13 unit Jakarta Utara, 3 unit Jakarta Pusat, 2 unit Jakarta Barat, 2 unit Jakarta Timur) dan 105 personil.

Kebakaran yang diperkirakan terjadi pukul 15.22 WIB ini baru berhasil dilokalisir dan dinyatakan selesai dipadamkan pukul 18.53 WIB dan tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran ini. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *