page hit counter
Ini Dia Kesalahan Bisnis UKM yang Sering Dilakukan Pebisnis Pemula

Ini Dia Kesalahan Bisnis UKM yang Sering Dilakukan Pebisnis Pemula

Tertarik untuk menjalankan bisnis UKM? Jika iya, artinya ada banyak hal yang patut dipertimbangkan dan diperhatikan agar bisnis tersebut berjalan sesuai dengan harapan. Misalnya dengan memperhatikan beberapa kesalahan bisnis UKM berikut yang diklaim sering dilakukan oleh pebisnis pemula.

Sebagian orang ada yang lebih tertarik untuk memiliki sebuah bisnis, mungkin Anda termasuk salah satu diantaranya. Pastinya hal tersebut sangat bagus sekali. Tapi sayangnya, semangat yang begitu besar kadang kalanya membuat mereka sebagai pemula di dunia bisnis lupa, atau bahkan meremehkan hal–hal yang sederhana. Tak ayal yang demikian justru menyebabkan gagalnya bisnis yang baru dibangunnya.

Meskipun membutuhkan modal yang tidak terlalu besar, memulai bisnis UKM juga membutuhkan pertimbangan yang matang dan strategi bisnis yang jitu. Oleh karenanya, Anda tidak boleh sembarangan dalam memulai bisnis UKM jika memang ingin mendapatkan untung besar.

Ini Dia Kesalahan Bisnis UKM yang Sering Dilakukan Pebisnis Pemula

Layaknya bayi yang baru dilahirkan ke dunia, sebagai pemula di dunia bisnis Anda pastinya tidak memiliki pengalaman yang cukup banyak untuk menjalankan bisnis tersebut. Artinya, Anda harus terus belajar menjalankan bisnis UKM agar bisnismu dapat berkembang sesuai keinginan. Kalau pun gagal, Anda tidak akan mendapatkan kerugian yang besar.

Bisnis UKM adalah jenis bisnis yang bisa dijalankan dengan modal minim. Meskipun demikian, bukan berarti untuk menjalankan bisnis tersebut adalah hal mudah, namun juga tidak bisa dikatakan sulit. Karena akan ada banyak sekali tantangan yang harus dilakukan oleh pemula.

Pada dasarnya melakukan kesalahan bisnis UKM adalah proses dalam berbisnis dan hal tersebut tidak bisa dihindari oleh para pemula. Lewat proses inilah seseorang akan mendapatkan kesuksesan dalam dunia bisnis. Asalkan kesalahan tersebut dijadikan sebagai sebuah pelajaran yang berharga. Sebagai pelaku bisnis Anda harus bisa segera bangkit dan memperbaiki kesalahan yang ada agar menjadi lebih baik.

Apabila Anda hanya bisa meratapi keadaan dan membiarkannya begitu saja, tentu akan berakibat fatal. Bahkan meskipun kesalahan yang terjadi hanya masalah kecil. Nah, untuk membantu Anda menghindari dan mencegah kesalahan bisnis UKM, berikut akan kami bagikan beberapa macam kesalahan yang wajib dihindari ketika akan menjalankan jenis bisnis ini. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

Tidak Memiliki Perencanaan Bisnis atau Business Plan

Tidak memiliki business plan, adalah salah satu kesalahan dari bisnis UKM.

 

Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika Anda akan memulai suatu bisnis, tak terkecuali untuk jenis bisnis UKM. Pertama adalah mengenai business plan atau perencanaan bisnis. Sebagai langkah awalnya Anda harus bisa membuat perencanaan dan konsep bisnis yang matang. Rencana bisnis ini harus dibuat sebelum Anda terjun ke dunia bisnis UKM.

Jadi, silakan buat perencanaan bisnis yang baik, yakni yang mencakup tujuan dari bisnis itu sendiri. Pertanyaan, kira – kira langkah apa saja yang harus Anda lakukan untuk membuat rencana bisnis UKM?

Adapun langkah yang harus dilakukan diantaranya seperti membuat strategi dalam pemasaran online atau offline, perencanaan preventif yang mungkin akan terjadi juga beberapa hal penting lainnya. Sebagai pebisnis pemula Anda harus berani menghadapi berbagai macam resiko yang akan terjadi. Tapi, bukan berarti hanya bermodalkan nekat saja.

Strategi Bisnis UKM Tidak Rasional

Ya, untuk memulai sebuah bisnis memang akan sangat menguras waktu, tenaga dan pikiran. Untuk langkah selanjutnya yang harus Anda tahu adalah memiliki strategi bisnis UKM yang cemerlang. Mungkin strategi bisnis yang Anda buat tampak begitu menjanjikan, bahwa dengan modal bisnis UKM yang kecil Anda bisa mendapatkan untung sangat besar, tapi silakan coba lihat kembali strategi tersebut apa sudah rasional atau tidak?

Pastikan untuk membuat strategi bisnis yang dapat memberikan potensi hasil yang menguntungkan. Oleh karenanya sebelum mulai merealisasikan strategi bisnis UKM tersebut, Anda harus terlebih dulu melakukan riset kecil – kecilan. Setelah itu lakukan evaluasi hasil dari riset tersebut.

Untuk mengetes apakah strategi bisnis UKM yang Anda buat benar – benar rasional Anda bisa mencoba berkonsultasi dengan konsultan bisnis yang berpengalaman di bidangnya, atau pengusaha yang sudah memiliki jam terbang tinggi.

Terlambat Memasuki Pasar

Terlambat memasuki pasar, sehingga sudah ada pemain kuat di dalamnya.

Apabila Anda sudah menguji strategi bisnis yang dibuat tadi, langkah selanjutnya adalah reaction atau melakukannya. Jangan sampai Anda terlalu lama memikirkan strategi bisnis tersebut. Anda juga perlu masuk ke pasaran untuk mencoba mempraktekkan ide atau strategi bisnis di dunia nyata.

Disarankan agar Anda berpikir secara cepat dan tepat untuk mengembangkan strategi bisnis UKM yang dibuat. Ingat, di dunia bisnis bukan hanya Anda saja yang menjadi pemainnya, tetapi masih ada banyak lagi pesaing dan kompetitor atas bisnis Anda. So, jangan sampai terlambat memasuki pasar!

Tidak Menerima Kritik dan Saran

Kadang kalanya sebagian pebisnis pemula sombongnya muncul diawal – awal mereka merintis bisnis tersebut. Atas semangat yang tinggi dan keyakinan yang dibuatnya sendiri, mereka biasanya cukup percaya diri hingga tidak mau mendengar kritik dan saran orang lain. Hal tersebut sangat tidak disarankan, apalagi kritik dan saran datangnya dari mereka yang sudah lebih dulu berpengalaman di bidang bisnis yang sama.

Akan lebih baik dan bijak lagi jika Anda menerima kritik dan saran yang diberikan orang lain. Sah – sah saja jika Anda tidak menerima semua kritik dan saran yang berdatangan tersebut, sebab di sini Anda juga harus lebih selektif lagi untuk menerima kritikan dan saran. Silakan pilih kritik dan saran yang membangun untuk perkembangan bisnis Anda.

Tidak Memiliki Jaringan yang Luas

Perkuat jaringan adalah salah satu kunci kesuksesan dalam bisnis UKM

Kesalahan bisnis UKM lainnya yang sering dilakukan pemula adalah jaringan yang sangat sedikit. Untuk memulai bisnis, baik itu jenis bisnis skala kecil maupun besar sebaiknya Anda memiliki jaringan yang luas.

Jika belum, maka Anda bisa mulai bersifat lebih terbuka untuk berkenalan dengan orang lain. Dengan memiliki jaringan yang banyak dan luas, maka Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah untuk perkembangan dan kemajuan bisnis UKM Anda.

Salah Memilih Partner Kerja

Apabila bisnis UKM dijalankan dengan teman, atau bekerja sama dengan orang lain, maka penting bagi Anda untuk memilih partner yang benar. Maksudnya, teman yang Anda pilih harus benar – benar berkompeten di bidangnya dan memiliki komitmen.

Penting untuk memilih partner yang benar – benar memahami mengenai dunia bisnis UKM dan mengerti bidang bisnis yang sedang di geluti. Selain itu, Anda juga perlu memilih partner yang memiliki sikap jujur dan bisa dipercaya. Intinya, cari partner yang bisa saling melengkapi dengan diri Anda.

Manajemen Keuangan Buruk

Bahkan meskipun Anda baru memulai suatu bisnis kecil – kecilan pun, melakukan pengelolaan keuangan yang baik dan benar penting untuk dilakukan sejak awal. Silakan perhatikan dengan baik modal yang dibutuhkan. Jangan sampai mencampurnya adukan urusan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi Anda.

Apabila Anda merasa kesulitan untuk memanajemen keuangan bisnis UKM, Anda bisa mencari pendanaan keluar. Atur sedemikian rupa keuanganmu dengan baik. Sehingga ke depannya Anda tidak mengalami masalah keuangan pada saat bisnis mulai berjalan.

Nah, itu dia beberapa kesalahan bisnis UKM yang sering dilakukan pebisnis pemula. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Oleh:
Bambang Boer Siraj
Praktisi UKM & Internet Marketing

CATEGORIES
TAGS
Share This