page hit counter
Ini Cara Mengajukan Keringanan Kredit Bagi Nasabah yang Terkena Dampak Corona

Ini Cara Mengajukan Keringanan Kredit Bagi Nasabah yang Terkena Dampak Corona

Berita Mataram – Sesuai dengan himbauan presiden tentang keringanan cicilan bagi masyarakat Indonesia yang terkena dampak wabah virus corona, pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan perbankan tentang hal ini. Adapun persyaratan serta skema tentang keringanan cicilan tersebut diserahkan kepada pihak masing-masing bank.

Skema restrukturisasi kredit ini memiliki beberapa tahapan dan besaran yang berbeda tergantung pihak bank. Sebab asesmen profil serta kemampuan membayar debitur setiap bank maupun perusahaan pembiayaan bervariasi.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengintruksikan agar bank memberikan keringanan kredit dengan bertanggung jawab dan tepat sasaran, dalam arti keringanan atau restruktur kredit yang diberikan khusus untuk membantu nasabah yang benar-benar terkena dampak dari penyebaran virus corona, seperti usaha yang harus tutup sementara waktu atau penjualan menurun drastis. Hal ini mengacu pada POJK Nomor 11/POJK.03/2020.

Pihak OJK juga menekankan agar Bank tidak salah pilih dalam pemberian keringanan cicilan ini. Debitur yang mendapatkan keringanan cicilan memang merupakan debitur yang awalnya lancar, namun setelah terjadi wabah virus corona, kemudian cicilan menjadi tersendat akibat usahanya terkena dampak. Bukan debitur yang sebelum wabah corona sudah macet lalu dengan kebijakan seperti ini malah menjadi lancar.

Hal ini juga berlaku bagi perusahaan leasing, pihak OJK melarang perusahaan pembiayaan untuk menarik tagihan maupun menarik kendaraan menggunakan jasa debt collector. Bagi debitur yang memiliki masalah dengan cicilan kendaraan, diharapkan untuk menghubungi kantor leasing untuk mencari solusi dan kesepakatan mengenai angsuran.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno mengatakan bahwa pandemi virus corona sangat mempengaruhi sektor ekonomi. Hal ini berpengaruh pada keuangan sebagian besar debitur, sehingga ia sepakat dengan pemerintah soal keringanan cicilan dengan cara memperpanjang jangka waktu, menunda sebagian pembayaran serta skema keringanan cicilan lainnya sesuai dengan penawaran pihak bank.

Cara mengajukan keringanan cicilan tiap perusahaan akan berbeda-beda, namun pada intinya memiliki kesamaan yaitu diawali dengan konsultasi. Pihak debitur dapat menghubungi pihak bank dan mengkonsultasikan kondisi usaha dan keuangan saat terjadinya wabah virus corona seperti saat ini. Lang-langkah yang dapat diambil dalam mengajukan permohonan keringanan kredit dapat dilihat di sini …

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS