page hit counter

Ini 5 Anime Kelam Favorit Fans Jepang!

Salah satu sisi menarik dari anime adalah ragam variasinya. Ingin cerita petualangan seru? Ada! Kisah romansa manis dan dramatis? Ada juga, tinggal pilih saja!

Selain dua variasi tema di atas, ada juga anime yang sengaja dibuat dengan tujuan “menyiksa” penontonnya dengan membuat mereka tertekan dan menangis sekaligus. Nah, sebuah survei yang digelar oleh situs Anime! Anime! menanyakan pada para partisipan terkait anime kelam favorit mereka, dan menerima 195 respons dalam periode partisipasi di 18 hingga 25 Mei. Sekitar 65% partisipan adalah wanita, sementara 35% sisanya adalah  pria, dengan 50% dari mereka berumur 19 tahun atau lebih muda dan 30% berumur 20 tahunan.

Banyak anime favorit yang masuk dalam daftar, seperti Neon Genesis Evangelion yang menempati peringkat 10 (bersama Elfen Lied, Demon Slayer, dan Fafner in the Azure.) Code Geass sendiri hanya menempati peringkat 15, bersama Another, Yuki Yuna is a Hero, dan Fate/Zero. Kalau begitu, anime apa saja yang menempati peringkat 5 besar dan terpilih sebagai anime paling bikin stress? Berikut daftarnya!

5. School Days

School Days tayang pada 2007 silam, diadaptasi dari sebuah novel dengan seorang protagonis laki-laki dan 2 orang gadis cantik yang menyukainya. Versi visual novel dari School Days dikenal dengan adegan kekerasannya yang ekstrem di bad ending-nya dan adaptasi animenya pun menjadi topik pembicaraan banyak orang karena mengikuti salah satu dari rute bad ending tersebut demi akhir yang dramatis.  

Karena ada sebuah pembunuhan sadis terjadi saat itu, episode akhir pun ditunda penayangannya dan digantikan dengan sebuah footage kapal. Hal ini membuatnya menjadi meme di kalangan para otaku.

4. Attack on Titan

attack on titan manga final chapter japanesestation.com
Attack on Titan (Twitter: @anime_shingeki)

Berikutnya, ada salah satu anime fenomenal di dunia hiburan Jepang pada beberapa tahun ini. Ya, Attack on Titan, anime yang dipenuhi hal-hal mengerikan, seperti body horror, situasi antara hidup dan mati, serta drama interpersonal. Meski memiliki reputasi sebagai anime action terbaik, kalian yang tenggelam dalam ceritanya mungkin bakal stress, sedih dan menangis.

Nah, dua anime di bawah menempati peringkat 2 (seri) ya! 

2. Banana Fish

Banana Fish (shipping.fandom.com)

Anime kelam selanjutnya adalah Banana Fish yang diadaptasi dari manga berjudul sama karya Akimi Yoshida. Meski anime ini dicintai karena scenarionya yang bagus, hubungan antara kedua karakter utamanya yang “nyerempet” BL, dan animasinya yang memukau, Banana Fish sebenarnya menceritakan betapa mengerikannya perang. Para karakter dalam seri ini berisiko untuk tewas, terlepas dari kepentingannya bagi jalan cerita. Kekejaman dan kebaikan beradu di seluruh 24 episode anime ini, dan akhir ceritanya pun terasa bittersweet. Sangat cocok ditonton oleh teman-teman yang hobi “menyiksa” diri sendiri.

2. Higurashi: When they Cry

higurashi when they cry japanesestation.com
Higurashi: When They Cry (animatetimes.co.jp)

Sebagai adaptasi dari sebuah visual novel berjudul sama, Higurashi  sebenarnya telah diadaptasi ke dalam bentuk animasi sebanyak dua kali: pertama  pada 2006 oleh Studio DEEN, dan pada 2020 oleh Passione, meski adaptasi dari Passione lebih mirip sebuah sekuel dibanding adaptasi asli. Namun, ceritanya tetap sama: menceritakan seorang remaja laki-laki yang pindah ke pedesaan dan berteman dengan sekelompok gadis yang memiliki rahasia kelam. Adegan horror mengerikan, dikombinasikan dengan adegan emosional dan menyentuh membuat penonton sulit melupakannya. Belum lagi, lagu temanya yang indah, bikin penonton makin jatuh cinta!

Tiba saatnya mengumumkan peringkat pertama. Nah, siapa pemenangnya? Sepertinya, teman-teman sudah bisa menebaknya kan?

Ini dia!

1. Puella Magi Madoka Magica

puella magi madoka magica streaming
Puella Magi Madoka Magica (imdb.com)

Tahun 2011 silam menjadi saksi lahirnya franchise Puella Magi Madoka Magica, anime yang memiliki konsep sederhana: gadis muda menjadi magical girl, terdengar ringan kan? Tapi, nyatanya tak begitu. Maskot yang tak dipercaya, harapan kosong, dan sebuah “hutang” yang tak dapat dibayar oleh sang protagonis—setiap episodenya akan membuatmu stress, ceritanya sangat jauh dengan opening anime-nya.

Meski 1 dekade sudah berlalu sejak penayangannya, fans masih saja dibuat kecewa dan lelah karena plot-twist di dalam anime satu ini. Karena itu, tak aneh jika Madoka Magica dinobatkan sebagai anime paling kelam kan? Nah, untuk merayakan 1 dekade MadoMagi, ada sebuah film baru yang akan segera tayang. Jadi, siap-siap dibuat menangis dan stress lagi ya!

Tidak setuju dengan daftar di atas dan punya pendapat lain soal anime kelam dan sedih? Jawab di komentar ya!

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS