page hit counter
Indahnya Bukit Kasih Sayang di Desa Jango Kecamatan Janapria

Indahnya Bukit Kasih Sayang di Desa Jango Kecamatan Janapria

Bukit kasih sayang itu kini menyebarkan cinta dari Desa Jango, Kecamatan Janapria Untuk Nusa Tenggara Barat

Area seluas 28 hektare milik masyarakat dan dikelola oleh masyarakat ini membuat saya geleng-geleng sejak kemarin. Pasalnya ditengah perkembangan ekonomi dan bisnis, belakangan orang mulai berlomba-lomba saling sikut untuk sebuah kepuasan dan pride, namun di tempat ini semua terpatahkan oleh penjelasan Pak Juen Sahir sebagai General Manager Wisata Jabal Rahmah.

Miniatur Ka’bah dan hamparan sawah yang luas. Photo By: Rangga Ardhany

“Disini masyarakat berlomba-lomba menuju kebaikan, Fastabiqul Khoirot. Asas dari masyarakat untuk masyarakat benar-benar kita wujudkan ditempat ini”. Mengapa demikian? Kami ingin anak cucu kita kelak mempunyai sebuah kebanggaan bahwa ditempatnya tinggal ada sebuah tempat Wisata Religi dan Kebangsaan, dimana masyarakat bersama pokdarwis secara penuh mengelola secara profesional dengan pelayanan standar. Semua masyarakat lingkar area mengambil peran, hingga secara perlahan akan menaikkan kualitas hidup masyarakat”, jelasnya.

99 Anak Tangga yang Melambangkan Asmaul Husna. Photo By: Rangga Ardhany

Pembangunan area ini terdiri atas dua sektor area yaitu religi dan kebangsaan. Bukit Jabal Rahmah, Miniatur Ka’bah berukuran 9mx9mx10m meter, bukit Shafa dan Marwa, juga ada anak tangga berjumlah 99 yang melambangkan Asmaul Husna yang merupakan salah satu akses ke Jabal Rahmah.

Area Religi ini diharapkan menjadi tempat rekreasi dan tempat pelatihan manasik haji baik untuk sekolah-sekolah, Tour & Travel Umroh dan masyarakat. Di area lain di sektor ini kedepannya juga disiapkan kebun kurma dan 4 ekor unta yang secara khusus didatangkan dari Jazirah arab.

Tak kalah menariknya di sektor Area Kebangsaan, dalam grand desain yang tersedia dalam bentuk diorama, disiapkan miniatur Indonesia. Akan ada rumah-rumah adat yang ada di seluruh Indonesia, miniatur Masjid Istiqlal, miniatur Monas (Monumen Nasional) dan lain sebagainya. Harapannya semoga dengan adanya wisata kebangsaan ini dapat menggugah rasa cinta tanah air kita semua yg datang ke tempat ini.

Baca Juga  Diduga Dijadikan Tempat Mesum, Bukit Pergasingan Diancam akan Ditutup

Secara kegiatan kemasyarakatan juga telah disiapkan semacam pusat pelatihan produksi, baik itu souvenir, gerabah, kerajinan rotan & ketak dan juga lainnya yang merupakan kearifan & kerajinan lokal.

Pembangunan ini dilakukan secara swadaya oleh masyarakat dengan dibantu oleh CSR dari PT.Citra Alam dan Rumah Kebangsaan Pancasila (RKP), PT. Citra Alam adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang taman wisata yang berpusat di Jakarta. Sementara RKP sendiri adalah sebuah Organisasi Nation Character Building yang berpusat di Cisarua, Bogor.

Masyarakat sangatlah terbantu oleh support dari keduanya yang memang sangat berperan dalam pembangunan infrastruktur & character building masyarakat yang mengelola . Insyaalloh, dengan semangat gotong royong dan kebersamaan, Wisata Jabal Rahmah ini mendatangkan maslahat bagi masyarakat.

Penulis dan Foto oleh:
Rangga Ardhany

CATEGORIES
TAGS
Share This