page hit counter
Ibadah Haji 2021 Batal, Kemenag Mataram Kembalikan Paspor CJH

Ibadah Haji 2021 Batal, Kemenag Mataram Kembalikan Paspor CJH

MATARAM-Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram mengembalikan paspor calon jamaah haji tahun 2021. Mereka sudah meminta CJH yang berjumlah 731 untuk mengambil paspornya.

Sebelumnya, paspor para CJH yang sudah terdaftar sejak 2020 itu disimpan di Kemenag. Namun karena tahun ini pemberangkatan CJH kembali dibatalkan Kantor Kemenag Kota Mataram mengembalikan paspor para jamaah. “Kalau ada yang tidak mau ambil akan kita simpankan di kantor,” kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kota Mataram H Kasmi.

Kasmi menambahkan, pendaftaran ibadah haji belakangan ini mengalami penurunan. Yang dulunya setiap bulan orang yang mendaftar mencapai 200 orang. Namun kini hanya 100 orang atau setengahnya. “Mungkin karena Korona ini,” ucap dia.

Saat ini kata dia, banyak CJH yang mengambil uang setoran awal dan pelunasan. Namun bagi jamaah yang hanya mengambil uang pelunasan saja tidak akan hilang nomor porsi dan tetap bisa berangkat tahun depan dengan mengganti uang pelunasan jelang keberangkatan.

“Beda kalau yang ambil uang setoran Rp 25 juta dan uang pelunasan sekitar Rp 13 juta secara otomatis nomor kursi akan dicoret. Jadi dia harus daftar lagi untuk mendapat nomor porsi,” tutur dia. (jay/r3)

 

Source: Lombok Post

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS