page hit counter
Hotel dan Restoran Mendapatkan Keringanan Pajak dari Pemkot Mataram

Hotel dan Restoran Mendapatkan Keringanan Pajak dari Pemkot Mataram

Berita Mataram – Dampak dari pandemi virus corona yang telah terjadi lebih dari satu bulan ini membuat sektor pariwisata menjadi turun drastis. Salah satu yang terkena imbasnya adalah turunnya tingkat okupansi baik hotel maupun restoran khususnya yang ada di Kota Mataram. Hal ini membuat banyak hotel dan restoran tersebut untuk sementara waktu menutup operasional mereka sekaligus merumahkan bahkan melakukan PHK terhadap karyawan mereka.

Salah satu beban yang dihadapi oleh banyak hotel dan restoran di Kota Mataram adalah soal pajak, sehingga Pemerintah Kota Mataram memberikan kelonggaran dalam pembayaran pajak kepada para pengusaha hotel dan restoran. Kelonggaran pembayaran pajak tersebut dijelaskan langsung oleh Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh.

Ahyar menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Mataram akan memberikan stimulus, yaitu keringanan pembayaran pajak kepada para pengusaha hotel dan restoran setelah melalui proses kalkulasi oleh BKD Kota Mataram. Rencananya, Ahyar akan mengajak para pengusaha tersebut untuk bertemu membahas kebijakan keringanan pembayaran pajak tersebut.

Sebelumnya Ahyar telah menandatangani SK dengan Nomor 650/V/2020 terkait soal keringanan pajak tersebut. SK tersebut membahas tentang penundaan pembayaran dan penghapusan sanksi administrasi atas pajak hotel, restoran, air tanah dan parkir di Kota Mataram dengan rincian penundaan pembayaran pajak hotel untuk masa pajak di bulan Maret, pajak restoran bulan Maret dan April, pajak air tanah bulan Februari dan Maret serta pajak parkir bulan April hingga Juli.

Lebih lanjut Ahyar menegaskan bahwa kebijakan kelonggaran pembayaran pajak tersebut dimaksudkan agar pihak pengusaha hotel dan restoran tidak melakukan PHK terhadap karyawannya. Sementara itu Juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Kota Mataram I Nyoman Suwandiasa menjelaskan soal kebijakan tersebut berlaku selama masa pandemi Covid-19 di Kota Mataram.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS