page hit counter
Hoax sakit! Eggi Sudjana: Pancasila itu tidak berlaku, jujur saja SBY Jokowi itu..

Hoax sakit! Eggi Sudjana: Pancasila itu tidak berlaku, jujur saja SBY Jokowi itu..

Eggi Sudjana. Foto: Antara.

Beberapa hari lalu beredar kabar Eggi Sudjana terkapar sakit di rumah sakit, ternyata itu hoax lho. Buktinya Eggi Sudjana muncul dalam keadaan sehat walafiat lho, malahan dia pesan penting yakni mengingatkan masyarakat Pancasila itu tidak berlaku.

Apa maksudnya ya pengacara senior itu bilang demikian? Eggi merasa resah dengan kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila dan UUD 1945 tidak diterapkan dengan konsisten.

Eggi Sudjana Pancasila tidak berlaku

Muncul di video Youtube, Eggi Sudjana yang dikabarkan hoax sakit keras itu mengingatkan kepada masyarakat soal Pancasila dan UUD 1945.

Garuda Pancasila. Foto: PBase
Garuda Pancasila. Foto: PBase

“Kita berbangsa dan bernegara ini memakai aturan, dikenal Pancasila dan UUD 1945. Tapi sampai detik ini, mari jujur kita renungkan, Pancasila ini tidak berlaku, Pancasila itu tidak dijalankan maksudnya,” jelasnya di Youtube Eggi Sudjana, Kamis 16 Desember 2021.

Eggi menjelaskan, bukti Pancasila itu tidak berlaku hari ini adalah Sila keempat Pancasila tida dijalankan.

“Sila keempat, Kerakyatan Yang Dipimpin Hikmat Kebijaksaaan dan Permusyawaratan mana? Yang jalan one man one vote, yang jalan liberalis kapitalis ekonominya. Semua orang diam saja, semua oke,” katanya.

Sejak SBY sampai Jokowi

Hal tersebut di atas pertanda ada hal yang serius dalam praktik kehidupan berbangsa dan bernegara ini. Hal fundamental kebangsaan saja dilupakan, padahal seharusnya Pancasila dan UUD 1945 konsisten dijalankan.

Jokowi dan SBY. Foto: SBY Centre
Jokowi dan SBY. Foto: SBY Centre

Dia mengatakan dalam berbangsa dan bernegara mesti konsisten dengan sila Pancasila dan UUD 1945. Menurutnya praktik penyimpangan pada Pancasila dan UUD 1945 benar-benar liberal sejak era SBY sampai Jokowi.

“Nah ini mereka apa nggak menyadari menyimpangi Pancasila? Itu harus direnungkan, jangan hal yang sifatnya fundamental ini hilang dari pengertian kita dalam berbangsa dan bernegara. Pesan moral, tolong Pancasila jangan disimpangi,” ujarnya.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS