page hit counter

Herd Immunity Tercapai, Warga Mataram Diminta Tetap Disiplin Prokes

MATARAM-Pemkot Mataram meminta masyarakat tetap disiplin menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes), meskipun herd immunity atau kekebalan kelompok sudah terbentuk. “Kekebalan kelompok sudah melampaui target. Tapi itu bukan berarti kita bebas. Prokes harus tetap dijalankan dengan ketat,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Disominfo) Kota Mataram I Nyoman Suwandiasa, akhir pekan kemarin..

Berdasarkan data Dinas Kesehatan NTB pada 15 September menyebutkan, cakupan vaksinasi Covid-19 di Kota Mataram sudah mencapai 71,82 persen. Bahkan kemarin, diperkirakan sudah mencapai 72 persen lebih.

“Kita sudah melampaui target 70 persen dari jumlah penduduk untuk cakupan vaksinasi,” ucap Nyoman.

Kendati demikian, dia meminta masyarakat tidak melakukan euforia yang berlebihan. Satgas Penanganan Covid-19 akan terus melakukan sosialisasi, edukasi, dan mengingatkan masyarakat agar tidak abai terhadap Prokes.

“Kami juga akan tetap melakukan penertiban pendisiplinan Prokes. Herd immunity yang sudah terbentuk bukan berarti membuat kita berhenti melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” tegasnya.

Kini, tantangan ke depan bagaimana membiasakan warga menerapkan Prokes saat berada di luar rumah ataupun melakukan aktivitas. Aplagi sekarang ini cakupan vaksinasi di Kota Mataram dinaikkan menjadi 80 persen dari jumlah penduduk di Kota Mataram. “Kita targetkan akhir September cakupan vaksinasi 80 persen sudah tercapai,” ujar dia.

Asisten I Setda Kota Mataram Lalu Martawang mengatakan, disiplin Prokes menjadi keharusan bagi warga. Apalagi dengan memakai masker secara tidak langsung akan mencegah penularan Covid-19.

“Kita harus tetap waspada. Jangan sampai abai dengan Prokes,” tegas Aweng, sapaan karibnya.

Sejauh ini dia melihat kasus Covid-19 di Kota Mataram terjadi pelandaian. Kondisi ini bukan berarti masyarakat lengah dengan tidak menerapkan Prokes. Namun bagaimanna terus meningkatkan disiplin Prokes agar semua kembali berjalan normal. “Kami di tingkat kelurahan terus melakukan koordinasi pencegahan Covid-19,” tukasnya. (jay/r3)

Source: Lombok Post

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS