page hit counter
Hati-Hati! Ini 6 Ciri Mobil Harus Segera Ganti Oli Mobil Terbaik

Hati-Hati! Ini 6 Ciri Mobil Harus Segera Ganti Oli Mobil Terbaik

Sebagai pemilik mobil, Anda tentu harus melakukan perawatan rutin untuk mobil kesayangan Anda. Salah satu bentuk perawatan mobil adalah memperhatikan bagian mesin, terlebih pada bagian oli mesin. Pasalnya, Anda harus mengetahui kapan saatnya untuk mengganti oli mobil terbaik dan tak boleh lalai melakukan pergantian oli sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Bukan tak mungkin jika Anda kelupaan mengganti oli mesin, akan muncul berbagai masalah yang mengancam mesin mobil Anda. Namun ancaman tersebut dapat Anda hindari jika Anda memperhatikan beberapa ciri oli mesin yang harus diganti berikut ini.

1. Terjadi Perubahan Warna Pada Oli

Ciri pertama yang bisa Anda perhatikan adalah perubahan warna yang terjadi pada oli. Tahukah Anda bahwa oli yang telah berubah warna menjadi hitam pekat, merupakan tanda bahwa oli telah terkontaminasi panas dan deposit.

Oli yang pada awalnya berwarna coklat kekuningan ini dapat berubah warna jika telah sekian lama tidak Anda ganti. Sehingga jika muncul indikasi oli telah berubah warna menjadi hitam pekat, maka Anda perlu segera mengganti oli tersebut agar tidak terjadi kerusakan akibat gesekan.

2. Mesin Mobil Kasar

Ciri yang juga dapat terlihat jika oli Anda perlu segera dilakukan pergantian adalah mesin mobil yang terasa kasar. Jika Anda merasakan suara mesin mobil terasa lebih kasar dari sebelumnya dalam artian mesin tidak semulus biasanya, itu berarti terjadi perbedaan getaran pada mesin mobil.

Peran oli dalam mesin adalah melapisi dua komponen yang saling bergesekan, sehingga kedua komponen tersebut tidak bergesekan secara langsung. Oli tersebut berfungsi sebagai peredam suara gesekan yang terjadi antara kedua komponen mesin.

Tentu tak mengherankan jika semakin lama oli mobil terbaik bekerja, akan terjadi penurunan kualitas dari oli karena kandungan oli lama kelamaan akan terus terkontaminasi panas dan deposit.

Karena itulah ketika Anda menghidupkan mesin mobil akan timbul suara berisik atau kasar, hal tersebut terjadi karena oli akan turun ke carter namun bagian dalam head cylinder tidak mendapatkan pelumasan yang baik.

3. Lampu Indikator Oli Menyala

Ciri selanjutnya yang patut Anda perhatikan jika oli mobil perlu dilakukan pergantian adalah lampu indikator oli yang menyala. Pada bagian dashboard mobil Anda, Anda dapat melihat beberapa lampu indikator.

Ketika Anda menyalakan mesin mobil, perhatikan beberapa lampu indikator yang menyala. Jika terdapat lampu indikator berbentuk corong oli dengan gambar tetesan oli yang menyala, itu berarti Anda perlu segera melakukan pergantian oli mesin mobil.

4. Terdapat Penurunan Akselerasi Mesin

Seperti yang telah kita ketahui bahwa peran oli adalah sebagai pelumas antar komponen yang terdapat di dalam mesin. Sifat oli yang licin membuat seluruh komponen dalam mesin menjadi ringan untuk bergerak, sehingga mampu menghasilkan tenaga dari pembakaran mesin yang dapat dikonversi sepenuhnya untuk menggerakkan roda mobil.

Sebaliknya, oli yang telah lama tidak diganti tentu daya lumasnya juga akan semakin menurun. Sehingga tak heran hubungan komponen mesin menjadi lebih berat. Hal ini tentu berdampak pada tenaga mesin yang banyak terbuang karena digunakan sebagai penggerak komponen mesin tersebut.

5. Asap Mobil Berwarna

Normalnya, asap mobil tidak berwarna atau transparan. Sehingga jika asap mobil kesayangan Anda menjadi sedikit berwarna putih, itu tandanya di dalam ruang bakar terdapat oli menguap yang ikut terbakar.

Mesin mobil saat ini sudah semakin canggih dan dilengkapi dengan PCV, yang memungkinkan untuk menyalurkan gas yang terdapat di dalam ruang engkol ke dalam intake manifold untuk selanjutnya dibakar di ruang bakar.

Oli yang sudah lama tidak diganti umumnya akan ikut menguap di dalam PCV tersebut, itulah mengapa asap kendaraan terlihat berwarna putih dan menjadi tanda bahwa Anda perlu segera mengganti oli mobil.

6. Mobil Sehabis Menempuh Perjalanan Jauh

Oli mesin umumnya diganti berdasarkan pada kilometer mobil yang telah mencapai 5000 hingga 10000 atau dalam interval 6 bulan sekali. Namun lain halnya jika mobil tersebut sehabis Anda gunakan untuk menempuh perjalanan jauh. Sehingga pada service berikutnya, Anda perlu untuk mengganti oli mesin untuk menjaga kualitas oli.

Masalah Apa yang Bisa Timbul Akibat Tidak Pernah Ganti Oli?

Jika Anda tidak pernah mengganti oli mobil terbaik, bukan tak mungkin akan mendatangkan berbagai masalah pada mesin. Apa saja?

Boros Bahan Bakar

Tarikan mesin mobil akan semakin berat ketika Anda tidak pernah mengganti oli. Hal tersebut berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih boros akibat mesin memerlukan sumber tenaga tambahan. Karena keberadaan oli mempengaruhi kinerja dari mesin, mesin yang seharusnya bekerja seperti biasa menjadi bekerja lebih ekstra karena kehabisan pelumas.

Mesin Mudah Panas

Oli tak hanya berperan sebagai pelumas, namun juga sebagai pendingin mesin. Jika Anda tidak pernah mengganti oli tentu kualitasnya akan menurun begitu pula dengan volume oli.

Hal tersebut berdampak buruk pada kemampuan oli untuk mendinginkan mesin, sehingga mesin cenderung overheating atau panas berlebih. Panas berlebih ini tentu tidak baik bagi komponen lainnya karena dapat berpotensi merusak hingga memunculkan asap bahkan kebakaran.

Performa Mesin Menurun

Selain hal-hal diatas, masalah lain yang dapat mengancam mesin mobil kesayangan Anda adalah performa mesin yang kian menurun. Oli yang seharusnya melumasi dengan maksimal justru semakin berkurang daya lumasnya dan tidak dapat bekerja secara maksimal.

Akibatnya kinerja mesin mobil juga ikut mengalami penurunan. Bukan tak mungkin mesin mobil akan cepat rewel dan berakhir pada mobil yang mogok tiba-tiba di jalan.

Mengurangi Umur Mobil

Oli yang tidak pernah diganti tentu juga berdampak pada usia pakai mobil. Karena efisiensi kerja mesin akan menurun dan juga merusak komponen-komponen lainnya, jangan heran jika hal sepele ini dapat memperpendek umur mobil kesayangan Anda.

Munculnya Kerak Tebal di Dalam Mesin

Memang pengikisan logam dalam blok mesin merupakan hal yang normal terjadi. Namun proses tersebut membuat oli mesin menjadi kotor karena adanya debu yang terbawa akibat dari proses pengikisan tersebut.

Kotoran oli selanjutnya akan ditangkap oleh saringan oli guna menghindari pergerakan di bagian dalam mesin. Jika pemilik mobil tidak pernah atau jarang mengganti oli, bukan tak mungkin kotoran tersebut akan tersebar luas di blok mesin sehingga keraknya menjadi kian menebal.

Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Penggantian Oli Mobil?

Rupanya tak hanya mengacu pada jadwal service maupun kilometer, terdapat beberapa faktor lain yang perlu Anda perhatikan ketika hendak mengganti oli mobil.

Seberapa Sering Mobil Digunakan

Apakah mobil Anda digunakan setiap hari? Ataukah hanya digunakan pada waktu-waktu tertentu saja? Jika mobil Anda jarang digunakan, apakah harus mengganti oli dalam beberapa bulan sekali meskipun kilometernya belum mencapai 10000? Ataukah harus menunggu interval 10000 kilometer?

Rupanya sifat oli juga dapat berkurang seiring berjalannya waktu, sehingga daya lumas oli juga dapat menurun meskipun mobil jarang dipakai. Jika memang mobil jarang sekali digunakan, paling tidak Anda bisa mengganti oli mesin satu tahun sekali.

Medan yang Dilalui Mobil

Tak sedikit yang mengetahui bahwa medan yang dilalui mobil juga berpengaruh terhadap masa penggantian oli. Sebagai perumpamaan, mobil Anda terjebak di jalan tol dan keadaan jalanan macet, dalam waktu 20 menit mobil hanya bergerak sejauh 15 km saja.

Namun lain halnya jika jalanan bebas macet, dalam waktu 20 menit tentu jarak tempuhnya juga akan melebihi 15 km. Untuk itulah Anda tidak hanya berpatokan pada kilometer mobil. Karena jika dilihat memang faktor penggunaan mesin sama, namun tentu angka yang tertera pada kilometer akan berbeda.

Untuk mobil perkotaan yang setiap hari mengalami kemacetan, dalam interval 5000 km Anda dapat mengganti oli mobil. Sedangkan untuk wilayah yang jarang terjadi kemacetan atau di kota kecil, Anda dapat menunggu hingga interval mencapai 10000 km.

Faktor Lain

Terdapat faktor lain yang tak terduga yang mengharuskan Anda segera mengganti oli mesin meskipun angka pada kilometer mobil baru berjalan beberapa kilometer. Salah satu contoh kasusnya adalah ketika oli mesin bercampur dengan air pendingin. Hal ini dapat membuat struktur oli menjadi lebih kental dan warnanya pun berubah menjadi lebih coklat.

Demikianlah ciri-ciri mobil yang harus segera ganti oli mobil terbaik. Rupanya tidak pernah atau jarang mengganti oli juga mendatangkan banyak hal buruk kepada mobil kesayangan Anda. Karena itulah selalu rutin mengganti oli mobil agar performa mesin juga terjaga dalam kondisi prima.

CATEGORIES
TAGS
Share This