page hit counter
Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Mengambil Asuransi Mobil

Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Mengambil Asuransi Mobil

Hal penting yang harus dipikirkan bagi pemilik kendaraan mobil adalah kaitannya dengan biaya perawatan yang harus dikeluarkan karena kerusakan yang bisa kapan saja dialami. Banyaknya resiko yang bisa menyebabkan kerusakan pada kendaraan mobil anda menimbulkan rasa kekhawatiran tersendiri, untuk mengatasi hal yang seperti ini memilih membeli asuransi menjadi solusi buat anda. pastinya tidak ada satu orangpun yang mengharapkan tertimpa musibah, disinilah peran dari layanan asuransi.

Banyak keuntungan yang akan anda dapatkan dengan membeli layanan asuransi untuk mobil anda. semakin kesini peminat pengguna layanan asuransi mobil semakin meningkat, namun banyak juga yang belum memahami sepenuhnya tentang layanan asuransi mobil.

Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Mengambil Asuransi Mobil

Kali ini saya akan membagikan tips atau informasi mengenai beberapa hal yang anda perlu perhatikan sebelum mengambil asuransi mobil anda miliki.

1. Anda perlu memperhatikan reputasi dari perusahaan asuransi

Di Indonesi terdapat banyak perusahaan yang menawarkan layanan asuransi. Tentunya pelayanan asuransi yang diberikan berbeda antara perusahaan satu dengan yang lainnya. Reputasi dari  perusahaan menjadi hal yang anda perlu perhatikan ketika akan mengambil asuransi mobil. Jangan sampai anda menyesal dan parahnya anda bisa tertipu karena tidak memperhatikan reputasi perusahaan dimana anda membeli layanan asuransi. Cara mempetimbangkan reputasi perusahaan sangat mudah, lakukan cros cek apakah perusahaan asuransi tersebut sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan di Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

2. Jenis Asuransi yang diinginkan

Anda perlu memilih jenis asuransi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang anda miliki. Pada umumnya asuransi memiliki 2 jenis layanan asuransi yaitu all risk dan total lost only (TLO). Kedua layanan ini memiliki layanan yang berbeda, asuransi all membayarkan klaim dengan kerusakan ringan hingga berat, berbeda halnya dengan asuransi TLO yang hanya akan memberikan klaim sebesar 75% dari kerusakan mobil. Tentunya jenis layanan yang anda terima sesuai dengan konsekuensi yang dibebankan ke anda. jika anda memilih asuransi jenis all risk jumlah premi yang harus anda bayarkan bisa jadi lebih banyak dibandingkan jika anda memilih asuransi tipe TLO. Saran saya ketika anda akan memilih jenis asuransi sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan anda, yang paling penting anda juga memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kemampuan anda dalam membayar premi. Jangan sampai pada akhirnya salah memilih jenis asuransi menyebabkan kerugian pada perekonomian anda.

3. Anda perlu mempertimbangkan usia kendaraan

Usia dari sebuah kendaraan akan berdampak pada jumlah premi yang harus dibayarkan. Jika usia kendaraan anda diatas 5 tahun, nantinya akan dikenakan biaya tambahan yang disebut loading fee. Nominal loading fee ini sekitar 5% pertahunnya, pada prinsipnya semakin tua usia kendaraan yang diasuransikan maka semakin besar pula biaya loading fee yang harus dibayarkan. Usia kendaraanpun juga dibatasi ketika diasuransika, dengan jenis asuransi all risk usia kendaraan maksimal 10 tahun, dan jika menggunakan jenis asuransi TLO usia maksimal kendaraan tersebut adalah 15 tahun.

4. Bengkel yang menjadi mitra kerja pihak asuransi

Pemilik kendaraan perlu lebih selektif dalam memilih bengkel karena urusan perbaikan kerusakan mobil menjadi hal yang sangat penting dan utama. Anda perlu mempertimbangkan riwayat penilain dari bengkel yang menjadi mitra kerja pihak asuransi. Jangan sampai anda melakukan perbaikan mobil dibengkel yang tidak jelas track recordnya.

Anda perlu memahami hal-hal penting diatas jangan sampai keuntungan yang anda dapatkan tidak sesuai dengan premi yang anda bayarkan. Banyak pihak yang merasa kecewa menggunakan layanan asuransi, karena kurang memahami hak dan kewajiban kita sebagai pelanggan atau nasabah. Jangan sampai anda keliru yang akhirnya membuat anda menyesal.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS