page hit counter
Hadiri Pelantikan Pengurus HMI Cabang Sumbawa, Ini Pesan Raihan Ariatama

Hadiri Pelantikan Pengurus HMI Cabang Sumbawa, Ini Pesan Raihan Ariatama

Sumbawa, Warta Mataram – Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam cabang Sumbawa resmi dilantik oleh Raihan Ariatama, selaku Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam. Rabu malam (24/08)

Kegiatan yang berlangsung di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa tersebut dihadiri oleh Bupati Sumbawa, Ketua DPRD Sumbawa, Kapolres Sumbawa, dan Dandim 1607 Sumbawa.

Dalam sambutannya, Raihan Ariatama mengucapkan terima kasih atas jamuannya yang telah disediakan oleh para panitia HMI cabang Sumbawa serta antusias yang luar biasa pada malam tersebut.

Menurutnya, bukan suatu hal yang mudah dalam mewakafkan waktu untuk organisasi sebesar ini, meluangkan dedikasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan ummat. Sudah sepatutnya kita semua memberikan sumbangsih berupa edukasi agar peningkatan sumber daya manusia di Indonesia dan kota Sumbawa akan menjadi lebih baik. Dan perlu diketahui juga bahwa Indonesia berada di urutan ke-5 di ASEAN dengan sumber daya manusianya.

“Terima kasih saya ucapkan kepada saudara Arjoni, selaku Ketua Umum Demisioner Cabang Sumbawa, periode 2019-2020. Terima kasih atas wakaf waktunya kepada HMI. Saya selaku Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam mengapresiasi dedikasi tersebut,” ucap Raihan.

Pelantikan Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sumbawa

Indonesia memfokuskan diri untuk melakukan investasi asing ke Indonesia yang kala itu Indonesia menjadi negara adidaya dengan sumber emas dan minyak terbesar di dunia.Sementara Korea, mereka mengembangkan sumber  daya manusia di negaranya dengan memberikan pendidikan luar negeri untuk bidang profesi, seperti pengambilan D1, D2 di bidang industri. Kedua perbandingan inilah yang membawa kemajuan di negaranya masing-masing.

Indonesia kini tumbuh dan besar dengan investasinya sementara sumberdaya daya manusianya atau human resource masih rendah. Oleh karena itu, pesan saya untuk Pemda Kabupaten Sumbawa agar mampu meningkatkan lagi taraf pendidikan kita, agar indeks pendidikan ini menjadi perioritas, selain pada pembangunan daerah.

Kalau kita melihat contoh lagi, China itu adalah negara dengan sistem inovasi terbaik, mereka membeli satu produk dari Amerika dan Korea, serta negara lain, kemudian di duplikat menjadi produk baru yang bernilai jual pasar yang menjanjikan.

“Mari kita refleksikan kembali sejarah yang pernah terjadi. Dulu pada era 1960-an, Indonesia sama dengan Korea untuk kualitas sumber daya manusianya. Hanya saja, pada era Soeharto itu Indonesia memilih berbeda pandang dengan Korea. Indonesia sebenarnya bisa, hanya kereativitasnya belum tumbuh di kalangan pemuda. Maka, HMI harus melihat itu, terutama kader-kader harus memaknai kualitas insan cita secara utuh. Bangsa Indonesia ini secara historis adalah bangsa pedagang, dari dulu hingga sekarang.

“Oleh karena itu, besar harapan saya kepada adinda kepengurusan serta Ridzuan sebagai nahkoda HMI cabang Sumbawa mampu membawa perubahan seperti yang menjadi tagline kita malam hari ini: HMI cabang Sumbawa yang berkeadaban dan berkemajuan,” Jurnalis (RAWM)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS