page hit counter
Gugat-Menggugat Selesai, Penyelidikan Dermaga Senggigi Dilanjutkan

Gugat-Menggugat Selesai, Penyelidikan Dermaga Senggigi Dilanjutkan

MATARAM-Ditreskrimsus Polda NTB kembali membuka proses penyelidikan dugaan korupsi pembangunan dermaga Senggigi, Lombok Barat (Lobar). Penyelidikan sempat terhambat karena Pemkab Lobar dan rekanan CV Cipta Anugerah Pratama saling menggugat ke Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) di Surabaya dan Pengadilan Negeri Mataram.

Dirreskrimsus Polda NTB Kombes Pol I Gusti Putu Gede Ekawana Putra mengatakan, gugatan antara rekanan dengan Pemkab Lobar sudah selesai. BANI maupun PN Mataram memenangkan rekanan. ”Kita lanjutkan lagi penyelidikannya pasca adanya gugatan. Kita akan melihat proses pencairan anggarannya seperti apa,” kata Ekawana saat ditemui di Mapolda NTB, Kamis (10/6/2021).

Diketahui, proyek pembangunan dermaga Senggigi dikerjakan melalui Dinas Perhubungan Lobar menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019. Proyek tersebut dikerjakan CV Cipta Anugerah Pratama dengan harga penawaran Rp 8,3 miliar.

Tetapi, proyek tersebut mangkrak. Terjadi deviasi minus. Konsekuensinya, Dishub Lobar memutus kontrak dengan rekanan. ”Kita telusuri nanti apa dasar pemutusan kontraknya hingga proyek itu mangkrak,” kata Ekawana.

Dari pemutusan kontrak tersebut pihak rekanan melayangkan gugatan. Dasarnya pembayaran kurang. Seharusnya dalam tiga termin, Pemkab Lobar harus membayar Rp 73 persen. Tetapi yang dibayar baru 50 persen.

Setelah digugat, BANI memenangkan gugatan rekanan. Putusan BANI juga dikuatkan PN Mataram berdasarkan putusan Nomor 60/Pdt.Sus.Arbt/2021/PN Mtr.

”Memang rekanan menang di gugatan. Tetapi,  yang kita cari ini PMH (perbuatan melawan hukum) dan kerugian negara dari anggaran yang sudah dicairkan,” terangnya.

Saat ini, tim Ditreskrimsus masih turun menyelidiki. Menelusuri dan menganalisa data. ”Kita lihat perkembangannya nanti seperti apa. Ada tidak PMH dan kerugian negara yang ditimbulkan,” ujarnya. (arl/r1)

Source: Lombok Post

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS