page hit counter
Gubernur Soerjadi Soedirdja: Anti marahi anak buah di depan umum, bersihkan becak dari DKI

Gubernur Soerjadi Soedirdja: Anti marahi anak buah di depan umum, bersihkan becak dari DKI

Gubernur Soerjadi Soedirdja

Mantan Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Soerjadi Soedirdja meninggal dunia. Gubernur DKI Jakarta periode 1992-1997 itu wafat pada Selasa siang 3 Agustus 2021 pukul 10.35 WIB. Gubernur Soerjadi meninggal dunia karena sakit, tetapi bukan disebabkan Covid-19, di RS Mayapada Jakarta Pusat.

Gubernur berlatar militer ini dikenal sebagai gubernur yang membangun Jakarta salah satunya membangun beberapa proyek seperti rumah susun, menciptakan kawasan hijau dan memperbanyak daerah resapan air.

Gubernur Soerjadi yang bersihkan Jakarta dari becak

Becak di jalanan Jakarta, di depan Pertamina
Becak di jalanan Jakarta, di depan Pertamina. Foto Instagram @rajakelir/Nederlans Fotomuseum/Cas Oorthuys /

Wafatnya Soerjadi menjadi duka keluarga besar Pemprov DKI Jakarta. Gubernur Anies Baswedan menyampaikan duka jajaran Pemprov DKI atas wafatnya Soerjadi.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah berpulang ke Rahmatullah, Bapak Surjadi Soedirdja, Gubernur DKI Jakarta periode 1992-1997. Segenap jajaran Pemprov DKI Jakarta mengucapkan duka cita yang mendalam atas kepulangan beliau. Dedikasi beliau selama ini dalam membangun Jakarta akan terus terpatri di dalam ingatan kita semua,” ungkap Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, dalam siaran persnya dikutip Selasa 3 Agustus 2021.

Dalam kepemimpinannya Gubernur Soerjadi menjalankan beberapa proyek pembangunan. Selain proyek rumah susun sampai daerah resapan air, dia memberlakukan Sistem Satu Arah pada sejumlah ruas jalan.

Di masa Soerjadi pula dibangun sejumlah ruas tol untuk mendukung mobilitas warga Jakarta. Pemprov Jakarta pemerintah pusat beserta kalangan swasta membangun sejumlah ruas tol yaitu Dalam Kota, Tol Lingkar Luar, Tol Bandara, serta ruas tol Jakarta-Cikampek, Jakarta-Bogor-Ciawi, dan Jakarta-Merak, yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota di sekitarnya.

Proyek yang gagal dieksekusi di masa Soerjadi adalah proyek kereta api bawah tanah alias subway dan jalan susun tiga (triple decker). Program ini sudah digaungkan di periode sebelum Soerjadi. Namun di masanya juga belum terwujud proyek transportasi tersebut.

Gubernur Soerjadi yang merupakan pensiunan jenderal bintang tiga ini pula yang sukses membebaskan jalanan Jakarta dari angkuta becak.

Program Jakarta bersih becak itu sudah dimulai pendahulunya, Gubernur Wiyogo Admodarminto.

Tak hobi marahi anak buah di depan publik

Puncak monas yang dilapisi 38 kg emas.
Puncak monas yang dilapisi 38 kg emas. Foto: Instagram @serbaserbip

Sosok Gubernur Soerjadi walau berlatar belakar militer TNI AD namun cukup lembut lho dalam menyikapi kesalahan anak buahnya yang tak becus.

Pamat Kebijakan Publik dari Budgeting Metropolitan Watch, Amir Hamzah mengenang sosok Soerjadi sebagai gubernur yang nggak mau memarahi anak buahnya yang salah di depan umum.

Di mata Amir Hamzah, Gubernur Soerjadi adalah kepala daerah yang cermat dan teliti dalam memimpin DKI Jakarta lho.

Soal karakter Soerjadi yang nggak mau marahi anak buah di depan umum, Amir Hamzah menjadi saksinya saat momen pembangunan Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur.

Jadi kala itu, Amir diamanahi Gubernur Soerjadi untuk cek pembangunan terminal tersebut.

Sesuai hasil pengecekan yang dia lakukan, lanjut Amir, dilaporkan kepada Surjadi terkait masih adanya bagian terminal yang becek, padahal sudah menjelang peresmian.

“Tiba hari Pak Surjadi melakukan peninjauan, beliau diarahkan melihat bagian-bagian yang sudah bagus. Namun, sesaat kemudian beliau menuju mobil, seingat saya plat nomornya B 62 lalu mengambil sepatu bot dan menuju lokasi becek yang saya laporkan. Pejabat yang hadir ketika itu sontak terkaget-kaget,” kata Amir Hamzah dikutip dari laman resmi Beritajakarta.

Menurut Amir, meski terjadi kekurangan atau kesalahan jajarannya di lapangan, Surjadi tidak pernah memarahinya di depan umum.

“Beliau sangat bijaksana, tidak memarahi anak buah di depan umum. Saya kira ini bahkan sama dengan Pak Ali Sadikin atau Bang Yos,” ucapnya.

Nah itu sekilas profil Gubernur Soerjadi guys saat mimpin DKI Jakarta. Kalian ada yang pernah dengar nama Gubernur Soerjadi sebelumnya? Kalau tahu ya ketebak deh umur kalian berapa ya.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS