page hit counter
Gubernur NTB Dorong UMMAT Bertranformasi Mengikuti Perkembangan Zaman

Gubernur NTB Dorong UMMAT Bertranformasi Mengikuti Perkembangan Zaman

MATARAM-Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) dan kampus swasta lainnya harus dapat bertransformasi mengikuti arah dan  perkembangan zaman. “Zaman terus berevolusi, maka kita harus mampu beradaptasi mengikuti kemajuan dunia ini,” kata Gubernur NTB H Zulkieflimansyah di hadapan tokoh dan civitas akademika UMMAT dalam rangka milad UMMAT ke-41 di Auditorium Anwar Ikraman UMMAT, Sabtu (26/6/2021).

Gubernur mengakui, dibutuhkan kepiawaian dalam mengelola kampus sehingga mampu memenuhi kebutuhan kekinian dan jauh ke depan. Artinya, mengelola kampus swasta tidaklah mudah, tapi dibutuhkan manajemen yang andal. “Maka manajemen pengelolaan dan strategis perubahan yang arah yang lebih baik, wajib dilakukan,” ucap Bang Zul sapaannya.

Saat ini, sambungnya, manusia dihadapkan pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat, invensi dan inovasi diciptakan dengan laju yang cepat.

Akibat dari kemajuan Iptek, terjadi perubahan besar dan cepat dalam bidang ekonomi, sosial  dan budaya yang memasuki berbagai sendi kehidupan manusia.

Perubahan tersebut terjadi dalam rentang waktu begitu cepat, sehingga terjadi revolusi industri 4.0. Banyak pekerjaan dan cara kerja lama lenyap digantikan oleh teknologi dan mesin-mesin cerdas.

Melihat fenomena itu, mau tidak mau, kampus wajib terus berubah mengikuti perkembangan dunia, agar SDM yang dihasilkan mampu bersaing dan terpakai. “Tidak hanya untuk mahasiswa, namun dosen dan civitas akademika juga,” tutup mantan anggota DPR RI ini.

Rektor UMMAT H Arsyad Abd. Gani memuji program unggulan Gubernur NTB. Dimana memberikan 1.000 beasiswa untuk mahasiswa NTB, yang ingin melanjutkan pendidikan Strata-2 ke berbagai Universitas diberbagai belahan dunia. “Terima kasih Pak Gubernur Zulkieflimansyah, beberapa alumni kampus UMMAT lolos pada seleksi untuk mengikuti program 1000 beasiswa  keluar negeri,” katanya.

Keberhasilan mahasiswa alumni UMMAT dalam studi lanjut keluar negeri, sambung Gani, merupakan kerja keras dalam mengikuti berbagai proses tahapan dan syarat agar lolos memperoleh beasiswa tersebut

Selain itu, beasiswa dalam daerah untuk kampus yang memiliki jurusan khusus yang medukung pembangunan daerah, UMMAT juga mendapatkan dari Pemrov. NTB, untuk jurusan spesifikasi teknik pertambangan. “Setahun lalu ada 48 mahasiswa yang diberikan beasiswa oleh oleh Pak Gubernur,” jelasnya.

Sehingga ia berharap, ditahun ini gubernur akan menggenapkannya menjadi 100 mahasiswa penerima beasiswa. Apalagi ini sesuai komitmen Gubernur, agar ketika dibukanya tambang di Dompu nanti, rayat tidak menjadi penonton di tanahnya sendiri.

“Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa asal Bima dan Dompu, karena banyak tambang emas akan dibuka disana,” tandasnya.

Rektor UMMAT berkomitmen dan mendukung setiap langkah dan upaya serius gubernur NTB untuk mencetak SDM disektor pendidikan. Mencetak generasi handal dan berkualitas untuk membangun NTB lebih Gemilang dimasa yang akan datang. (ewi/r1)

Source: Lombok Post

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS