page hit counter

Warta Mataram -Masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) akhirnya membawa patung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke puncak Gunung Sunu. Perjuangan warga Desa Sunu akhirnya membuahkan hasil.

“Kemarin patungnya berhasil diarak oleh masyarakat mencapai puncak Gunung Sunu,” kata Kepala Seksi Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Timor Tengah Selatan (TTS), El Ndjukambani, kepada detikcom, Sabtu (27/11/2021).

Dia mengatakan untuk proses mendirikan patung di atas pondasi atau tapak masih menunggu hasil rembuk masyarakat sunu. Dia mengatakan pendirian patung Jokowi juga akan dibantu TNI-Polri.

El kembali mengunggah momen itu di akun Instagramnya, @el.bastel. Dia mengatakan jumlah warga yang terlibat sama dengan yang dilakukan pada Rabu (10/11) lalu.

“Jumlahnya dari yang tanggal 10 tempo hari kayaknya sama, hanya kali ini lebih seru karena harus lewati jalur yang lebih curam dan roda kereta bagian kiri depan rusak,” ceritanya.

Akibat rusaknya roda kereta, masyarakat memasang kayu besar untuk memikul patung Jokowi ke atas gunung. Sedangkan warga lainnya tetap menarik rangka kayu dengan tali.

Patung Jokowi Tiba di Puncak Gunung Sunu

El selaku bagian Pemkab TTS mengapresiasi semangat masyarakat mengarak patung Jokowi. Sebab jalur yang dilewati termasuk curam.

“Jalur tempuh sekitar 400-an meter. Giat mulai dilaksanakan di jam 12.30 Wita setelah ibadah bersama. Tepat jam 17.00 Wita patung Presiden Jokowi sampai di Puncak Gunung Sunu,” katanya.

Dia mengatakan ada pesan yang ingin disampaikan masyarakat terkait kegigihan mereka mengarak patung Jokowi ke puncak gunung.

“Semoga mampu sampaikan pesan indah untuk Indonesia yang nantinya diharapkan dapat berdampak baik pula bagi kemajuan Desa Sunu dan Kabupaten Timor Tengah Selatan,” ucapnya.

Kalau Menarik Pariwisata, Why Not

“Saat ini patung tersebut masih dalam kotak kayu dan ditutupi terpal tebal. 

Selanjutnya masyarakat difasilitasi oleh pemerintah Desa akan lakukan rembuk untuk pelaksanaan pendirian Patung Jokowi di atas pondasi atau tapak setinggi skitar 2,5 meter yang sudah mereka buat sebelumnya,” kata El.

Setelah hasil rembuk masyarakat menemui titik temu, patung Jokowi akan didirikan di atas puncak Gunung Sunu.

Sebelumnya, video menampakkan warga menggotong patung Presiden Jokowi ke Gunung Sunu di NTT viral. Tampak warga ramai-ramai menggotong patung tersebut.

Dalam video yang beredar, tampak bapak-bapak dan ibu-ibu mengarak dan mengusung patung Jokowi meniti Gunung Sunu. Mereka juga tampak bersorak sorai saat membawa patung tersebut di gunung.

Peristiwa itu terjadi di Desa Sunu, Kecamatan Amanatun Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, pada Rabu (10/11) yang bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Video tersebut awalnya diunggah di akun Instagram El Ndjukambani, @el.bastel. El, yang menjabat Kepala Seksi Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Timor Tengah Selatan, menceritakan momen tersebut.

“Arakan patung itu memang dari semangat masyarakat untuk merayakan Hari Pahlawan. Masyarakat sepakat untuk mengusung patung di hari tersebut,” kata El kepada detikcom, Jumat (12/11/2021).

Dia mengatakan masyarakat melakukan hal tersebut sebagai apresiasi kepada Jokowi. Masyarakat sengaja mengusung patung tersebut ke puncak gunung secara manual.

Mereka bermodalkan tali saat menggotong patung tersebut. Dia mengatakan Gunung Sunu tingginya sekitar 1.074 meter di atas permukaan laut (MDPL).(detik)
CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS