page hit counter

Genjot Pariwisata, Kemenparekraf Fokus pada Quality Tourism

Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif terus berupaya melakukan pemulihan perekonomian di sektor tersebut. Sebab, sektor pariwisata menjadi salah satu bidang yang mendapat pukulan keras dari hantaman pandemi Covid-19.

Deputi Bidang Sumber daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, Wisnu Bawa Tarunajaya menyebut, saat ini sekitar 34 juta orang yang menggantungkan hidup di sektor tersebut.

Ia menyebut, pemerintah berupaya mengubah dari yang sebelumnya quantity tourism menjadi quality tourism. Hal ini merupakan kolaborasi atau kerja sama agar wisatawan bisa tinggal lebih lama dan mengeluarkan uang lebih banyak untuk destinasi wisata

“Sekitar 14 juta pariwisata dan 20 juta ekonomi kreatif (menggantungkan hidup di sektor ini),” ujarnya dalam webinar Konferensi Nasional Pengabdian kepada Masyarakan dan Corporate Social Responsibility Tahun 2021, dikutip Senin (11/10).

Wisnu melanjutkan, pihaknya juga tengah mengembangkan pariwisata yang lebih sesuai, personalisasi, dan berbasis pariwisata alam. Sebab, pandemi membuat masyarakat harus mampu berinovasi dan kreatif bisa bertahan.

“Selanjutnya inovasi pengembangan pariwisata sampai kolaborasi agar tujuan pariwisata ini bisa tercapai,” tuturnya.

Ia menambahkan, langkah ini juga sejalan tiga strategi pemerintah, yakni Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), dan Gaspol (Garap Semua Potensi Lapangan Kerja). Hal ini diharapkan mampu membangkitkan kembali sektor parekraf di Tanah Air. (JPG)

Source: Lombok Post

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS