page hit counter
Gejala Kanker Tulang Belakang yang Perlu Diwaspadai

Gejala Kanker Tulang Belakang yang Perlu Diwaspadai

Penyakit kanker tulang belakang muncul akibat adanya sel tumor di bagian belakang dari tulang atau saraf. Biasanya kemunculan dari tumor atau sel kanker ini berupa benjolan yang dianggap cukup besar. Sel atau jaringan yang ada di bagian tulang belakang atau saraf itu tumbuh secara tidak normal dan dalam jumlah yang sangat banyak. Hal ini memberikan dampak yang sangat buruk bagi perkembangan tubuh di sekitar tulang belakang. Hingga kini jenis dari kanker ini memiliki sifat jinak, namun tidak menutup kemungkinan sebagian dari penderita memiliki tumor yang ganas. Tindakan medis yang dilakukan untuk menyembuhkan dari penyakit ini biasanya akan bergantung dari gejala kanker tulang belakang.

5 gejala kanker tulang belakang yang wajib diwaspadai

Tentu saja gejala kanker tulang belakang akan memudahkan dokter tulang dalam melakukan diagnose dan mengambil tindakan medis. Hal ini juga membuat para penderita juga bisa melakukan kegiatan non-medis yang membuat penyembuhan menjadi lebih cepat. Namun, masing-masing dari penderita kanker ini juga memiliki gejala yang sangat berbeda. Kondisi ini disesuaikan dengan struktur dari tulang belakang hingga kondisi tubuh secara menyeluruh. Berikut ini ada beberapa gejala kanker tulang belakang yang wajib diketahui seperti:

1. Adanya benjolan di bagian punggung

Gejala kanker tulang belakang seperti ini memang selalu menjadi perhatian bagi para penderita dan juga dokter tulang. Munculnya benjolan ini memang sebagai bagian dari gejala yang paling utama bisa dirasakan oleh penderita. Selain itu, ukuran dari benjolan ini juga bergantung pada kondisi dari tulang belakang. Sebagian dari penderita penyakit ini akan memiliki benjolan yang cukup besar. Bahkan, benjolan itu memberikan rasa nyeri yang berlebih. Kondisi seperti ini yang akan membuat dokter tulang segera melakukan tindakan medis.

2. Nyeri punggung berlebih

Gejala lain yang dirasakan oleh penderita penyakit ini seperti nyeri punggung yang terjadi secara berlebihan. Nyeri punggung ini sering terjadi secara tiba-tiba. Bahkan, nyeri itu juga membuat banyak penderita tidak bisa melakukan beberapa kegiatan seperti duduk hingga tidur terlentang. Kondisi seperti ini tentu saja akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Pada beberapa kasus ditemukan bahwa nyeri pada punggung itu juga terjadi dalam waktu yang sangat lama.

3. Sensor motorik yang tidak berfungsi maksimal

Ini merupakan gejala yang memang akan berakibat sangat buruk bagi perkembangan fisik dari penderita. Gejala ini menyebabkan sensor motorik dari sebagian tulang hingga persendian yang tidak berfungsi dengan normal. Selain itu, gejala ini juga bisa menyebabkan lumpuh atau tidak bisa menggerakan bagian persendian sama sekali. Biasanya penderita yang mengalami gejala ini sudah memasuki tahapan lanjutan dengan stadium tinggi.

4. Mati rasa di bagian belakang punggung

Gejala lain yang timbul adalah mati rasa di bagian belakang dari punggung. Kondisi seperti ini memang kerap terjadi karena sensor motorik tidak bekerja dengan normal. Bahkan, hal ini menyebabkan penderita harus menggunakan alat bantu untuk menggerakkan sebagian dari tulang belakang itu.

5. Fungsi usus hingga kantung kemih yang tidak normal

Sebagian dokter mengungkapkan bahwa gejala yang muncul akibat penyakit kanker ini adalah fungsi usus yang tidak normal. Selain itu, kantung kemih juga akan mengalami gangguan. Hal ini akan membuat sistem pencernaan dan pembuangan urine juga terganggu. Pada beberapa kasus warna pada urine juga sangat pekat dari kondisi normal.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS