page hit counter
Gejala Kanker Pankreas

Gejala Kanker Pankreas

Penyakit kanker pankreas merupakan salah satu jenis kanker yang disebabkan oleh munculnya tumor di bagian pankreas. Kamu harus tahu bahwa pankreas merupakan salah satu bagian dari sistem untuk pencernaan yang memiliki bentuk seperti kelenjar besar. Fungsi penting dari pankreas adalah untuk memproduksi enzim pencernaan. Enzim ini akan memudahkan proses penguraian seluruh nutrisi yang masuk sehingga mudah untuk diserap oleh bagian tubuh. Pankreas juga membantu produksi hormon seperti insulin yang berfungsi untuk menjaga kestabilan dalam gula darah. Kanker pankreas membuat seluruh fungsi itu tidak berjalan dengan normal. Hal ini tentu saja mengganggu sistem pencernaan. Ini yang membuat kamu harus mengenal gejala kanker pankreas.

6 gejala kanker pankreas yang wajib dikenali

Biasanya gejala kanker pankreas pada tahap awal atau ringan memang sangat jarang dikenali. Ini membuat para penderita memang harus mengalami banyak gejala pada tahapan lanjutan. Beberapa gejala ini juga akan disesuaikan dengan jenis jaringan kelenjar yang ada di bagian pankreas. Jaringan itu untuk kelenjar fungsi pencernaan dan fungsi produksi hormon. Kelenjar pankreas yang berhubungan dengan sistem pencernaan merupakan yang paling mudah terkena dengan kanker. Berikut ini beberapa gejala kanker pankreas yang mudah untuk didiagnosa seperti:

1. Mengalami diabetes

Ini adalah gejala kanker pankreas yang selalu diperhitungkan dan sudah memasuki tahapan lanjutan. Para penderita akan mulai mendapati penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan pankreas tidak bisa lagi memproduksi hormon insulin yang mengendalikan dan membuat gula darah menjadi lebih stabil. Ini membuat penderita kanker ini juga harus mengalami penyakit diabetes untuk waktu yang lama.

2. Darah yang sangat mudah menggumpal

Gejala lain yang timbul akibat penyakit kanker ini seperti darah yang mudah menggumpak. Kelainan seperti ini biasanya terjadi pada tahapan yang sudah cukup tinggi. Bahkan, kondisi ini juga bisa lebih buruk akibat penggumpalan darah sehingga membuat sebagian besar dari pembuluh tersumbat. Bahkan, pada beberapa kasus bisa membuat pembengkakan.

3. Demam tinggi hingga menggigil

Ini adalah gejala yang bisa terlihat lebih jelas pada penderita ringan. Demam tinggi yang dialami para penderita kanker biasanya membuat kondisi tubuh semakin menurun. Bahkan, pada kondisi tertentu para penderita juga akan menggigil karena suhu tubuh yang terus meninggi. Tentu saja ini kondisi ini juga akan membuat metabolisme hingga pencernaan terganggu.

4. Perubahan pola buang air besar

Pankreas yang merupakan bagian sistem dari pencernaan akan mengalami gangguan untuk waktu yang sangat lama. Ini juga membuat perubahan pada proses pembuangan sisa pencernaan. Penderita penyakit ini akan mengalami perubahan pola buang air besar yang tidak biasa. Misalnya saja bisa mengalami buang air besar tiap hari atau bahkan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk buang air besar.

5. Gangguan pencernaan

Tentu saja gejala ini selalu dialami oleh banyak penderita. Gangguan pencernaan yang dialami seperti penguraian makanan yang tidak normal hingga kesulitan untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang normal. Bahkan, pada kasus tertentu penderita akan merasakan kenyang namun hanya sedikit mengkonsumsi makanan.

6. Gatal berlebihan di sekujur tubuh

Sebagian besar dari penderita penyakit ini akan mengalami gatal yang berlebihan. Hal ini terjadi dengan munculnya ruam atau bintik merah di bagian tubuh tertentu. Kondisi ini karena kulit tidak mendapati nutrisi yang dibutuhkan akibat gangguan pencernaan. Bahkan, kulit juga bisa terlihat memiliki sisik.

CATEGORIES
TAGS
Share This
Skip to toolbar