page hit counter
Gejala Kanker Mulut yang Patut Diwaspadai

Gejala Kanker Mulut yang Patut Diwaspadai

Penyakit kanker mulut merupakan penyakit yang terjadi akibat pertumbuhan jaringan atau sel yang tidak normal di sekitar bagian mulut. Biasanya hal ini bisa ditemui di bagian bibir, lidah, gusi, dinding mulut dan sekitar bagian mulut lainnya. Bahkan, pada kondisi tertentu penyakit ini bisa menyebar hingga ke bagian tenggorokan. Penyakit ini memberikan perubahan kondisi di bagian mulut yang sangat tidak biasa. Bahkan, kondisi lebih buruk karena sebagian besar dari gejala kanker mulut membuat kerusakan pada permukaan. Hal ini yang membuat banyak penderita merasakan nyeri yang berlebih hingga jangka waktu yang sangat lama.

6 gejala kanker mulut yang patut diwaspadai

Sebenarnya gejala kanker mulut bisa dilihat dan dirasakan para penderita dengan mudah. Namun, sebagian besar gejala ringan yang terjadi biasanya kerap dianggap sebagai sariawan ringan. Selain itu, potensi dari gejala kanker seperti ini bisa berkembang dengan sangat buruk bila tidak mendapatkan perawatan yang ideal. Hal ini tentu saja akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi kondisi tubuh secara menyeluruh. Apalagi mulut menjadi salah satu bagian tubuh yang akan berfungsi sebagai saluran pertama menerima nutrisi penting bagi tubuh. Berikut ini ada 6 gejala kanker mulut yang wajib diwaspadai seperti:

1. Sariawan yang terjadi dalam waktu lama

Ini merupakan salah satu gejala kanker mulut yang paling sering terjadi bagi penderita. Biasanya gejala ini juga ada di tahap lanjutan. Sebagian penderita masih menganggap bahwa gejala ini merupakan sariawan biasa. Namun, bila sariawan yang tidak kunjung reda dalam waktu yang sangat lama maka dipastikan itu merupakan gejala kanker. Apalagi kondisi seperti ini juga diperburuk dengan ukuran dari luka pada sariawan yang semakin membesar.

2. Pendarahan selama sariawan

Gejala seperti ini juga harus diwaspadai. Sariawan yang sangat buruk akan mengalami pendarahan. Bahkan, kondisi ini juga sering terjadi dalam waktu yang cukup lama. Ini memberikan rasa nyeri hingga infeksi pada bagian permukaan mulut. Apalagi pada saat mulut dalam keadaan kering maka pendarahaan akan lebih mudah terjadi.

3. Benjolan di bagian mulut yang tidak hilang

Kondisi seperti ini juga sering dialami para panderita kanker. Biasanya terdapat benjolan di bagian mulut yang sukar untuk hilang. Bahkan, ukuran dari benjolan ini dianggap cukup besar dan menganggu. Hal ini dianggap sangat menggangu bagi penderita untuk mengkonsumsi makanan karena benjolan itu juga memberikan rasa nyeri yang cukup berat.

4. Adanya bercak merah hingga putih di dalam mulut

Gejala lain yang ditimbulkan dari penyakit ini dengan munculnya bercak merah dan putih di bagian mulit. Bahkan, bercak seperti ini juga akan ada di sekitar bibir luar. Kondisi ini juga kerap memberikan rasa nyeri saat bercak itu terkena air atau benda asing yang masuk ke bagian mulut.

5. Gigi yang goyang tanpa sebab

Pada tahapan lanjutan biasanya gejala penyakit kanker ini akan membuat gig goyang tanpa sebab. Hal ini dikarenakan gusi yang ada di sekitar gigi tidak lagi bisa menahan gigi. Bahkan, gusi juga mengalami perubahan tekstur menjadi lebih kering.

6. Rasa sakit dan nyeri saat mengunyah hingga menelan

Ini adalah gejala yang paling sering dialami penderita penyakit kanker. Terdapat rasa sakit dan nyeri sehingga sulit untuk mengunyah maknan. Bahkan, pada beberapa kondisi penderita juga akan merasakan nyeri saat menelan seluruh makanan.

CATEGORIES
TAGS
Share This