page hit counter
Front Mahasiswa Nasional Sambut Kedatangan ke NTB Presiden Jokowi dengan Demo

Front Mahasiswa Nasional Sambut Kedatangan ke NTB Presiden Jokowi dengan Demo

Warta Mataram – Pada hari kamis 13 Januari 2022, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo beserta rombongan akan datang kembali ke Nusa Tenggara Barat dengan agenda memeriksa persiapan event Internasional Moto GP yang akan dilaksanakan pada 18 – 22 Maret 2022 mendatang. Kedatangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tentunya tidak hanya sekedar memeriksa kesiapan perhelatan Internasional melainkan memastikan bagaiamana investasi asing berjalan dengan mulus tanpa ada hambatan.

Nusa Tenggara Barat (NTB) yang ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dengan 4 kawasan kunci yakni Senggigi, Mataram, Rinjani, dan Gili. Penetapan NTB sebagai KSPN tidak lain bertujuan untuk menciptakan daerah ramah investasi. Investasi tidak hanya menciptakan ketergantungan atas pembangunan dan menggadai kedaulatan rakyat, tapi juga memperluas dan mempercepat perampasan serta monopoli atas tanah.

Pelanggaran HAM akibat dari pembagunan sirkuit yang ada di Kuta serta konflik agraria antara rakyat Kuta dan PT International Tourism Development Coporation (ITDC) masih belum selesai sampai dengan saat ini menjadi bukti betapa perhelatan internasional masih jauh dari kata layak untuk diselenggarakan. Lebih jauh daerah – daerah yang menjadi penunjang daerah kawasan ekonomi khusus (KEK) Kuta Mandalika terus digalakan untuk menciptakan iklim investasi, di Sembalun perusahaan – perusahaan yang telah lama habis masa izinya kembali dihidupkan seperti, penerbitan Hak Guna Usaha (HGU) untuk PT Sembalun Kusuma Emas (SKE) yang cacat prosedural tetap dipaksakan.

Berdasarkan hal tersebut, Front Mahasiswa Nasional Cabang Mataram menilai semua situasi tersebut tidak berdiri sendiri melainkan sudah diskemakan untuk mengundang investasi asing dengan mengorbankan dan merampas hak hidup rakyat. (riniwm)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS