page hit counter
Facebook dikabarkan bakal ganti nama minggu depan

Facebook dikabarkan bakal ganti nama minggu depan

Ilustrasi aplikasi Facebook. Foto: The Verge

Perusahaan media sosial raksasa, Facebook dikabarkan akan mengubah nama perusahaannya minggu depan, untuk mencerminkan fokusnya dalam membangun metaverse. Hal tersebut diungkap oleh sumber yang mengetahui langsung perihal itu.

Perubahan nama itu rencananya akan dibicarakan oleh CEO Facebook, Mark Zuckerberg pada konferensi tahunan Connect pada 28 Oktober mendatang.

Namun tidak menutup kemungkinan juga nama baru itu akan diungkap lebih cepat dari tanggal tersebut, guna menandakan ambisi raksasa teknologi itu untuk dikenal lebih dari sekadar perusahaan media sosial.

Menyadur The Verge, Rabu 20 Oktober 2021, perubahan nama kemungkinan akan memposisikan aplikasi Facebook sebagai salah satu dari banyak produk di bawah perusahaan induk yang mengawasi grup seperti Instagram, WhatsApp, Oculus dan masih banyak lagi.

Ilustrasi aplikasi Facebook. Foto: Brett Jordan di Unsplash
Aplikasi Facebook. Foto: Brett Jordan di Unsplash

Facebook sudah memiliki lebih dari 10.000 karyawan yang membangun perangkat keras seperti kacamata AR yang diyakini Zuckerberg akan digunakan banyak orang seperti halnya smartphone.

“Kami akan secara efektif bertransisi dari orang-orang yang melihat kami sebagai perusahaan media sosial menjadi perusahaan metaverse,” kata Zuckerberg kepada The Verge pada bulan Juli lalu.

“Metaverse ini akan menjadi fokus besar, dan saya pikir ini hanya akan menjadi bagian besar dari bab berikutnya tentang cara internet berkembang setelah internet seluler. Dan saya pikir ini akan menjadi babak besar berikutnya untuk perusahaan kami juga, benar-benar berlipat ganda di area ini,” lanjut Zuckerberg.

Kabar rencana penggantian nama ini muncul pada saat perusahaan menghadapi peningkatan pengawasan pemerintah AS atas praktik bisnisnya.

Mark Zuckerberg, pendiri Facebook merugi
Mark Zuckerberg, CEO Facebook. Foto: NBC News

Seorang mantan karyawan yang menjadi whistleblower, Frances Haugen, baru-baru ini membocorkan sejumlah dokumen internal yang memberatkan ke The Wall Street Journal dan bersaksi tentang mereka di depan Kongres.

Menurut laporan Reuters, anggota parlemen dari kedua belah pihak telah mengecam perusahaan tersebut, menggambarkan meningkatnya kemarahan di Kongres dengan Facebook.

Facebook bukanlah perusahaan teknologi terkenal pertama yang mengubah nama, seiring dengan berkembangnya ambisi dan tujuan mereka. Pada tahun 2015 lalu, Google melakukan reorganisasi sepenuhnya di bawah perusahaan induk bernama Alphabet, yang menegaskan bahwa mereka bukan hanya sekadar mesin pencarian, tapi juga raksasa yang merambah ke dunia teknologi seperti membuat mobil tanpa pengemudi hingga teknologi kesehatan.

Kemudian ada Snapchat yang berganti nama menjadi Snap Inc. pada tahun 2016 lalu, tahun yang sama perusahaan tersebut menyebut dirinya sebagai perusahaan kamera, dan memulai debutnya dengan meluncurkan sepasang kacamata kamera Spectacles.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS