page hit counter
Ekonom Ingatkan Indonesia Agar Waspada Terhadap 3 Negara ini, Kenapa?

Ekonom Ingatkan Indonesia Agar Waspada Terhadap 3 Negara ini, Kenapa?

Berita Nasional – Pandemi Corona Virus Disease 2019 atau lebih dikenal dengan sebutan Covid-19 membuat segala lini menjadi terpuruk, salah satunya adalah sektor ekonomi. Banyak perusahaan yang harus menutup usahanya akibat tak mampu membayar beban operasional dan mengakibatkan banyaknya karyawan yang dirumahkan maupun terkena PHK.

Namun dampak tersebut rasanya perlu dicarikan solusi dan Indonesia memilih akan menjalankan kebijakan new normal sebagai salah satu penyelamat sektor ekonomi. Terkait dengan sektor ekonomi, banyak negara merasakan dampak dari pandemi Covid-19. Ada juga beberapa negara yang mampu kembali dari keterpurukan.

Seperti dilansir dari Kompas.com, seorang ekonom PT. Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), Ryan Kiryanto mengingatkan pemerintah Indonesia agar berhati-hati dengan tiga negara di ASEAN. Peringatan tersebut terkait dengan tingkat pemulihan ekonomi yang dinilai akan lebih cepat dibanding Indonesia. Ketiga negara tersebut antara lain Vietnam, Malaysia dan Thailand yang merupakan saingan terbesar Indonesia dalam pasar global dan menarik investor asing.

Dalam sebuah webinar Infobank, Ryan menyebutkan bahwa tingkat penyebaran Covid-19 di ketiga negara ASEAN tersebut terus mengalami penurunan. Bahkan dalam beberapa hari terakhir di Vietnam tidak terdapat penambahan kasus kematian akibat Covid-19. Hal ini kebalikan dari Indonesia yang terus mengalami peningkatan. Meskipun jumlah pasien sembuh juga mengalami peningkatan namun pasien positif Covid-19 yang telah dinyatakan meninggal juga mengalami peningkatan.

Statistik tentang perkembangan kasus Covid-19 tersebut sudah tentu akan mempengaruhi niat dari investor. Sebab faktor kesehatan menjadi salah satu alasan untuk berinvestasi di Indonesia, dan saat ini ketiga negara tersebut dinilai lebih aman dari segi penyebaran Covid-19 dibanding dengan Indonesia.

Sebagai penutup, Ryan kembali mengingatkan pemerintah Indonesia bahwa kondisi ini bukan tidak mungkin akan mengurungkan niat para investor untuk berinvestasi di Indonesia dan mengalihkan investasinya ke negara-negara yang di atas kertas sudah bisa dikatakan aman dari Covid-19 yaitu Vietnam, Malaysia dan Thailand.

CATEGORIES
TAGS
Share This