counter hit make

Dukung WSBK, AirNav Siagakan Petugas ATC di KEK Mandalika

PRAYA-AirNav Cabang Lombok ikut mendukung dan mensukseskan World Superbike (WSBK) dan MotoGP di Sirkuit Mandalika. Mereka siap memberikan pelayanan 24 jam. Terutama antisipasi peningkatan pergerakan pesawat di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) Lombok Tengah.

“Ada beberapa maskapai yang sudah mengajukan izin extra flight,” kata General Manager (GM) AirNav Cabang Lombok Buyung Prastiyono, Sabtu (14/11).

Diantaranya, Citilink A320 rute Jakarta-Lombok dan Lombok-Jakarta. Jadwalnya 19 dan 21 November mendatang. Kemudian Citilink A320 Surabaya-Lombok dan Lombok-Surabaya dari 12-30 November mendatang.

Selain itu, Citilink ATR72 tujuan Bali-Lombok dan Lombok-Bali dari 1-30 November mendatang. “Ada juga maskapai Super Jet dari Jakarta-Lombok dan Lombok-Jakarta terbang perdana 18 November mendatang,” ujar Buyung.

Selain itu, ada juga Qatar Airways B777 Doha-Lombok dan Lombok-Doha pada 24 dan 25 November mendatang. Dikatakannya, bersamaan dengan itu AirNav juga telah menyiagakan petugas air traffic controller (ATC) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Untuk membantu pengaturan pergerakan helikopter dari dan tujuan KEK Mandalika ke semua wilayah di Pulau Lombok.

“Prinsipnya, peran AirNav di WSBK dan MotoGP sangat penting dalam mendukung lalu lintas penerbangan,” kata Manager Humas AirNav Indonesia Yohanes HD Sirait.

Tujuannya, agar penerbangan di BIZAM aman, selamat, lancar dan tertib. Begitu pula lalu lintas helikopter di KEK Mandalika. Keduanya tidak saling mengganggu. Apalagi AirNav Indonesia telah membuat prosedur pemanduan pendaratan pesawat berbasis setelit.

“Kita berharap, lewat WSBK, dan MotoGP ini penerbangan di seluruh Indonesia kembali pulih seperti biasa,” ujar Yohanes.

Dikatakan, karena sejak pandemi Covid-19 penerbangan anjlok total. Baik domestik maupun internasional. Salah satu yang merasakannya yakni BIZAM. (dss/r5)

Source: Lombok Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *