page hit counter

Depresiasi, Penurunan Harga Mobil dan Tips Harga Jual Mobil

Berapa persen penurunan harga mobil per tahun? Biasanya pertanyaan ini yang sering ditanyakan oleh Anda yang ingin menjual mobil bukan? Kira-kira berapa harga yang cocok untuk menjual mobil bekas Anda? Nah, ini bisa menjadi masukan yang bagus untuk Anda memperhatikan depresiasi mobil atau penurunan harga mobil. 

Apa Itu Depresiasi Kendaraan? 

Secara umumnya depresiasi adalah penyusutan harga pada suatu kendaraan yang disebabkan karena adanya penurunan harga kendaraan karena pemakaian rutin yang dilakukan. Penyusutan terjadi tidak semata karena pemakaian yang rutin saja. 

Namun, beberapa hal lain yang mempengaruhi turunnya harga mobil jika dijual kembali dengan drastis antara lain adalah faktor teknis. Misalnya terjadi korosi pada mobil atau adanya kerusakan lain pada mesin. Disamping itu, ada faktor ekonomis yang juga mempengaruhi seperti harga perolehan mobil atau umur ekonomis pada kendaraan. Jadi, ketika Anda ingin membeli mobil baru ketimbang memperhatikan harga bensin mobil, ada baiknya memperkirakan depresiasi mobil dalam beberapa tahun kedepan. Mengapa? Mobil bisa menjadi aset jangka panjang untuk melakukan refinancing mobil atau menjual mobil. 

depresiasi-mobil-penurunan-harga-mobil-setiap-tahun

Berapa Persen Penurunan Harga Mobil Per Tahun?

Jadi saat ingin membeli mobil baru, ada beberapa hal yang Anda perlu pastikan dari lama waktu Anda akan menggunakan mobil dan tujuan mobil dibeli. Lalu, perkirakan harga depresiasi mobil setiap tahunnya. Berdasarkan data yang didapatkan dari JPNN.com menyatakan bahwa sejak mesin mobil pertama kali dinyalakan harga mobil turun 15-20 persen. 

Menurut Delly Nugraha, General Manager Carsome yang dikutip melalui OtoDetik.com dijelaskan bahwa harga jual mobil per tahun sangat dipengaruhi berdasarkan brand, performance dan lokasi dari tempat mobil dijual. Jadi, tidak semata-mata harga penjualan di semua tempat akan sama ketika menjual mobil. Mengapa demikian? Karena harga penjualan mobil baru bergantung dengan pajak masing-masing daerah. Jadi, kemungkinana besar untuk menargetkan penjualan mobil bekas, Anda juga wajib melihat harga jual mobil setempat.

Penurunan harga mobil akan mengalami penurunan namun tidak terlalu banyak. Untuk itu, Anda wajib memastikan untuk tidak menjual mobil terlalu cepat karena tentu Anda terhitung rugi. Jadi, sebelum membeli mobil baru apstikan fungsi mobil untuk investasi atau mobilitas saja.

Bagaimana dengan lima tahun berikutnya? Sudah pasti harga mobil akan diukur berdasarkan kilometer, kondisi fisik, reputasi kendaraan hingga efisiensi bahan bakar. Untuk itu, Anda perlu memahami tips menjual mobil bekas dengan cepat

Apa Saja Hal yang Mempengaruhi Depresiasi Harga Mobil? 

Penurunan harga mobil setelah 5 tahun pertama biasanya dipengaruhi oleh kondisi mesin dan fisik mobil. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat memperhatikan faktor-faktor berikut dan penjelasannya yang dapat mengurangi harga jual mobil kembali. Sehingga faktor ini juga bisa Anda jadikan patokan untuk menjaga agar harga jual mobil bekas Anda tidak mengalami penyusutan terlalu berlebihan. 

  • Warna Eksterior 

Warna mobil dan perawatannya setiap bulan memang wajib menjadi pertimbangan ketika Anda membeli mobil baru. Mengapa? Pada akhirnya setiap dealer dan pembeli mobil tentunya tidak akan dengan mudah membeli mobil yang animonya tidak sesuai dengan keinginan pasar. Warna mobil yang terjual di Carsome umumnya adalah warna

warna-mobil-yang-dijual-ke-carsome

Selain itu, perawatan dari mobil tidak dapat disepelekan, setiap warna mobil memiliki cara khusus. Khususnya warna terang dan gelap tentu memiliki perbedaan. Lain hal yang wajib diperhatikan adalah cara mencuci mobil dengan baik dan benar. Juga Anda tidak boleh terlalu sering menggunakan jasa cuci mobil, karena dapat merusak mesin dan warna kulit mobil. Salah satunya jika menggunakan jasa cuci mobil hidrolik

  • Perawatan Berkala 

Menyertakan buku servis mobil memang menjadi sebuah keharusan untuk membuktikan bahwa Anda pemilik mobil yang bertanggung jawab terhadap kendaraan Anda. Ada beberapa faktor yang harus dicek secara berkala seperti filter oli mobil, kampas rem mobil, aki hingga bagian kelistrikan dalam mobil. Sehingga dengan memiliki catatan service mobil berkala ini akan mempermudah pembeli atau dealer mobil untuk melihat bahwa mobil Anda berkualitas dan dapat dipakai langsung. 

  • Dokumen Legal 

Dokumen legal adalah hal yang sangat mempengaruhi harga mobil. Dokumen legal yang harus selalu disiapkan sebelum menjual mobil Anda adalah BPKB mobil dan pajak tahunan mobil Anda. Pada STNK biasanya tertera pajak tahunan, sehingga Anda wajib untuk membayar pajak tepat waktu. Saat ini cara memperpanjang STNK mobil sudah bisa dilakukan secara online. Jangan khawatir segera urus pajak Anda karena hingga Juni nanti Anda masih bisa menerima pemutihan pajak

  • Garansi Resmi Dealer 

Memiliki garansi resmi dealer bisa membuat mobil Anda lebih menarik di mata pembeli ataupun dealer. Mengapa demikian? Ini bisa saja menandakan mobil Anda masih dalam jangka waktu pemakaian yang tidak lebih dari 5 tahun. Karena biasanya dalam jangka waktu 5 tahun, mobil baru masih memiliki garansi servis mobil secara berkala tiap kilometernya. Sehingga, ini bisa menjadi poin tambah untuk mobil Anda. Apalagi jika Anda memiliki garansi suku cadang. 

  • Karat dan Baret Mobil 

Jika mobil berkarat biasanya mobil diasumsikan menjadi mobil bekas banjir. Mobil bekas banjir akan rentan terhadap karat. Sehingga, ini pasti akan mengurangi harga jual mobil Anda. Untuk itu hindari menyalakan mesin mobil dan langsung pindahkan mobil ke tempat yang lebih tinggi supaya mesin mobil tidak terendam

Cara menghilangkan baret mobil memang tidak mudah jika baret yang ditimbulkan sangat besar. Untuk itu, jika dirasa terlalu riskan ada baiknya Anda melakukan coating. Sehingga, tampilan mobil menjadi lebih baik. 

  • Modifikasi dan Aksesoris tambahan 

Biasanya untuk mobil yang sudah melewati proses modifikasi akan menjadi sedikit sulit untuk menjualnya. Ini disebabkan karena bisa saja saat memodifikasi mobil ada berbagai perubahan pada mesin dan fungsi dari komponen mobil. Sebetulnya jika modifikasi yang ditambahkan hanya pada fungsi mesin seperti suspensi, maka ini masih bisa dikategorikan menjadi modifikasi mobil yang menguntungkan. 

Sehingga, perhatikan dengan baik yah alasan dibalik Anda ingin memodifikasi mobil Anda. Mengapa demikian? Ini dikarenakan harga jual mobil dianggap sebagai tipikal mobil dengan varian baru. 

Bagaimana Cara Menentukan Harga Jual Mobil Bekas? 

Nah, Anda sedang berniat untuk menjual mobil bekas Anda sekarang? Namun, bimbang berapa harga yang tepat untuk melakukan penawaran. Simak ini dia yang wajib Anda persiapkan dan lakukan untuk menafsir harga penjualan mobil Anda!

1. Cek Tahun Mobil 

usia-mobil-bekas-yang-dijual-di-carsome

Rata-rata mobil bekas yang dijual ke Carsome adalah mobil yang sudah berusia 6 hingga 8 tahun. Cek tahun pembelian mobil Anda melalui STNK mobil Anda pada tahun pembuatan mobil. Biasanya jika melihat dari plat mobil kendaraan, Anda bisa saja keliru karena plat mobil berganti setiap 5 tahun sekali.  Jadi, untuk ini Carsome juga mengingatkan Anda untuk taat pajak dan melakukan pembayara secara rutin. Adapun saat ini proses perpanjangan STNK sudah bisa dilakukan secara online. Ingat setelah menjualnya, jangan lupa untuk melakukan pemblokiran STNK

2. Cek Penurunan Harga 

Nah, seperti yang sudah dijelaskan di atas pastikan untuk memperkirakan harga deperesiasi mobil sejak awal melakukan pembelian mobil. Harga depresiasi mobil memang sangat dipengaruhi oleh berbagai hal termasuk usia mobil Jadi, sebaiknya perhitungkan baik-baik alasan Anda untuk membeli mobil baru. 

Karena, faktanya mobil bekas memang memiliki tingkat depresiasi yang rendah. Jadi, ada baiknya mempertimbangkan membeli mobil bekas jika fungsi kendaraan bagi Anda untuk mendukung mobilitas dan dijadikan sebagai nilai investasi. Karena justru dengan membeli mobil bekas, Anda tidak begitu rumit dengan pembayaran pajak. Hanya saja jika membeli mobil bekas secara kredit bunga yang dikenakan cukup tinggi. Namun, lebih lengkapnya Anda dapat mengecek tips membeli mobil bekas secara kredit

Jadi  jika ingin menjual mobil dalam 5 tahun pertama, Anda akan cederung merugi. Untuk itu ada baiknya melakukan penjualan mobil setelah pemakaian 5 tahun pertama. Namun, tergantung jika Anda berniat untuk menukar tambah dengan mobil bekas lainnya yang lebih berkualitas. Justru, Anda akan lebih untung karena bisa mendapatkan uang tunai dan mengurangi biaya liabilitas dari mobil Anda sebelumnya. Dengan catatan, Anda membeli mobil bekas dengan kilometer yang masih rendah dan tergolong memiliki cc mobil yang irit

3. Kondisi Mobil 

Ada berbagai hal yang sangat mempengaruhi pembelian mobil bekas. Terutama kondisi eksterior dan kelistirkan interior mobil. Sehingga pastikan jika ingin menjual mobil Anda, paling tidak Anda sudah melakukan tune up

Dengan melakukan tune up, ini akan mengurangi ketidaktahuan Anda mengenai kerusakan dan kelemahan pada mesin mobil Anda. Ini membantu Anda juga untuk tidak mudah menerima begitu saja harga jual mobil yang ditawarkan pada Anda. Sehingga memastikan transparansi penjualan mobil menjadi kunci utama saat Anda berniat menjual mobil.

4. Cek Harga Pasaran Mobil Bekas

Salah satu hal yang Anda bisa lakukan tentunya melakukan benchmark pada berbagai platform yang menjual mobil bekas. Sehingga, Anda memiliki referensi berapa harga jual mobil Anda. Anda dapat melihatnya dari patokan tahun mobil. Ingat utamakan menggunakan platform jual beli mobil bekas seperti Carsome yang mengutamakan transparansi dan kemudahan konsumen saat menjual. 

mobil-yang-laku-dijual-di-carsome

Jual Mobil Lebih Cepat di Carsome!

Gimana? Sudah paham bukan mengapa penting sekali untuk memperhatikan alasan Anda membeli mobil pertama kali? Bukan semata-mata melihat harganya jualnya saja, namun juga memperhatikan tingkat depresiasi mobil. Nah, gambar di atas adalah model-model mobil yang kebanyakan dijual di Carsome. Apakah mobil Anda salah satu jenis mobil diantaranya? Jika ya, tentu saja jangan ragu untuk menjual mobil Anda di Carsome. Sekarang ini, Anda juga sudah bisa melakukan tukar tambah! 

Jual beli mobil berkualitas? Lakukan saja di Carsome! Semua transaksi berlangsung dengan terpercaya, mudah dan cepat! Carsome adalah platform menjual mobil Se-Asia Tenggara dan memiliki lebih dari 1000 mitra terpercaya di seluruh Indonesia. Sehingga, segala transaksi baik jual maupun membeli mobil bekas dapat dengan mudah Anda lakukan di Carsome. Seluruh transaksi di Carsome dipastikan berlangsung transparan dan tidak ada pemungutan biaya untuk berbagai proses inspeksi mobil.  

Baca juga: Biaya Balik Nama Mobil dan Cara Lengkapnya!

The post Depresiasi, Penurunan Harga Mobil dan Tips Harga Jual Mobil appeared first on Carsome Indonesia.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS