page hit counter
Denda pengunggak Pajak, Pemkot Mataram Raup Ratusan Juta

Denda pengunggak Pajak, Pemkot Mataram Raup Ratusan Juta

MATARAM- Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Mataram mencatat denda pajak yang terkumpul pada 2020 mencapai Rp 500 juta lebih. “Wajib pajak yang terlambat membayar pajak tetap dikenakan sanksi denda,” kata Kepala BKD Kota Mataram HM Syakirin Hukmi.

Dijelaskan, wajib pajak yang terlambat membayar pajak pada masa jatuh tempo otomatis dikenakan denda. Denda pajak yang disetorkan wajib pajak masuk dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Masuknya nanti di penerimaan lain-lain,” tutur dia.

Dikatakan, denda pajak pada 2020 akan dimunculkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan. Sehingga semuanya masuk ke kas daerah. “Kalau kami tidak munculkan, terus mau dimunculkan dimana,” kata dia.

Diutarakan, tidak ada alasan bagi wajib pajak untuk tidak membayar denda. Jika denda pajak tidak dibayarkan, maka akan terakumulasi pada bulan berikutnya. Misalnya kata Syakirin, batas waktu pembayaran pajak hotel tanggal 15 setiap bulan. Jika melebihi batas waktu tersebut otomatis akan dikenakan denda sebesar dua persen dari total pajak yang disetorkan ke kas daerah. “Begitu dia bayar tinggal kalikan dua persen kali berapa bulan terlambatnya,” terang dia.

Dia tidak bisa memprediksi denda pajak yang akan terkumpul tiap tahunnya. Sebab, jumlah denda pajak yang diterima tergantung dari wajib pajak yang terlambat menyetor. “Kita tidak tahu apakah wajib pajak si A ini akan telat. Sehingga nanti akan membayar denda berapa bulan, kita kan tidak tahu,” cetus dia.

Ditambahkan, denda pajak yang terkumpul di Kota Mataram Rp 500 sampai Rp 600 juta tiap tahunnya. Denda pajak yang diperoleh tiap tahun jumlahnya beda-beda. Dia tidak bisa dipastikan berapa denda pajak yang akan diterima tiap tahun. Tergantung dari wajib pajak yang tidak membayar pajak tepat waktu. “Kalau telat bayar pajak pasti ada denda. Sebaliknya jika taat membayar pajak tidak ada denda,” tukasnya. (jay/r3)

 

 

 

 

Source: Lombok Post

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS