page hit counter
Dana KUR 60 Milyar Rupiah Batal Disalurkan Bank NTB Syariah

Dana KUR 60 Milyar Rupiah Batal Disalurkan Bank NTB Syariah

Warta Mataram – Plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang diterima oleh Bank NTB Syariah selama tahun 2019 senilai Rp 60 Milyar batal disalurkan. Hal ini imbas dari tertundanya pembayaran dari perusahaan asuransi penjaminan kredit terhadap kredit macet yang terjadi di tahun 2019 ini. Tagihan yang tertunda ini mengakibatkan pihak Bank NTB Syariah tidak bisa menyalurkan KUR kepada masyarakat.

Direktur Bank NTB Syariah, Kukuh Rahardjo menjelaskan bahwa rasio pembiayaan bermasalah (NPF) Bank NTB Syariah masih di atas 5 persen, artinya masih di bawah standart dari pemerintah pusat yang mengharuskan rasio NPF di bawah 5 persen untuk dapat menyalurkan KUR.

Walaupun demikian, pihak Bank NTB Syariah tetap akan menjalankan program modal bagi usaha kecil dan mikro (UMKM). Pinjaman hingga Rp 25 Juta ini akan diberikan kepada UMKM diberi nama Tunas Sejahtera. Plafon yang disiapkan sebesar Rp 100 Milyar dan akan dimulai pada bulan Oktober 2019 ini.

Program Tunas Sejahtera adalah sebuah solusi pengganti KUR bagi usaha kecil dan mikro, karena pinjaman ini bisa diakses dengan mudah oleh UMKM walaupun untuk besaran bunga masih di atas KUR yaitu di kisaran 12-15 persen per tahun.

CATEGORIES
TAGS
Share This