page hit counter

CPNS Kota Mataram 2021, Delapan Formasi Tak Ada Pelamar

MATARAM-Delapan formasi dokter spesialis pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini kosong. “Mungkin karena penempatan formasi di satu tempat makanya pelamar memilih mendaftar di kabupaten/kota lain,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram Baiq Nelly Kusumawati, Minggu (25/7) kemarin.

Adapun formasi dokter spesialis yang kosong diantaranya, spesialis bedah anak, thoraks dan kardiovaskular, spesialis forensik, patologi klinik, THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan), dan spesialis urologi masing-masing satu formasi, dan dua formasi di formasi spesialis onkologi radiasi.

Menurutnya, kosongnya pelamar CPNS untuk dokter spesialis tidak lepas dari formasi yang ditempatkan di satu tempat, yakni di RSUD Kota Mataram. Beda dengan  tahun lalu formasi dokter spesialis menyebar di beberapa Puskesmas.

“Kalau mendaftar di satu tempat banyak saingan pelamar semangatnya kendor duluan sebelum bersaing. Sehingga memilih mendaftar di kabupaten/kota lain seperti di KLU (Kabupaten Lombok Utara),” urai Nelly, sapaan karibnya.

Kendati demikian, dia berharap formasi dokter spesialis terisi. Dia menuturkan,  penurunan jumlah pelamar kemungkinan juga karena ketersediaan formasi terbatas. Dari 146 formasi tidak ada untuk guru.

“Kalau dulu pendaftar yang banyak dari  formasi guru, sekarang formasi guru masuk ke P3K (pegawai pemerintahan dengan perjanjian kerja),” terang perempuan berjilbab ini.

Sekretaris BKPSDM Kota Mataram Taufiq Priyono mengatakan, jumlah pelamar CPNS menurun dibandingkan tahun lalu karena tidak ada formasi guru. “Beda kalau tahun lalu yang banyak itu dari formasi guru,” terang Taufiq.

Dia memprediksi, paling banyak pelamar CPNS tahun ini sekitar 2 ribu.  Menurutnya, pelamar sekarang ini banyak yang memilih daerah lain untuk mendaftar untuk menghindari persaingan yang cukup ketat.

“Sekarang ini kan banyak pilihan untuk mendaftar CPNS dengan melihat tingkat persaingan. Kalau persaingannya di Kota Mataram ketat otomatis pelamar akan mendaftar diluar,” tukasnya. (jay/r3)

Source: Lombok Post

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS