counter hit make

Contoh hewan vertebrata lengkap dengan pengertian dan jenisnya

Hewan Vertebrata foto: Istimewa

Contoh hewan vertebrata dan pengertiannya.

Ketika mempelajari sains, ada bab dimana mempelajari jenis-jenis hewan. Salah satu yang kerap diungkit adalah hewan vertabrata. Apa itu?

Penertian mudahnya, vertebrata adalah jenis hewan yang memiliki tulanag punggung atau tulang belakang. Dari situ bisa disimpulkan beberapa contoh hewan yang memilikinya di antaranya ikan, burung, mamalia, amfibi, dan reptil.

Meski mudah membedakannya namu beberapa hewan ini bisa diklasifikasikan. Dilansir laman Suara, vertebrata diklasifikasikan oleh subfilum vertebrata chordata. Sementara itu invertebrata adalah hewan lain yang diklasifikasikan di luar kelas itu.

Nah, pertanyaanya ada berapa banyak spesies vertebrata?

Diketahui hingga saat ini terdapat sekitar 65 ribu spesies hewan vertebrata yang diketahui, itu artinya diseluruh dunia hanya ada sekitar 3 persen dari semua hewan di Bumi.

Yup betul, sebagian besar spesies hewan adalah invertebrata yang merupakan lawan atau kebalikan dari hewan yang bertulang belakang, invertebrata merupakan hewan yang tidak bertulang belakang. Agar lebis jelas jenisnya, berikut ini contoh lengkap hewan vertebarata.

Hewan Vertebrata
Invertebrata dan Vertebrata

Contoh hewan vertebrata

Ikan: Ikan adalah hewan yang hidup di air. Mereka memiliki insang yang memungkinkan mereka untuk bernapas di bawah air. Spesies ikan yang berbeda dapat hidup di air tawar atau air asin. Beberapa contoh ikan termasuk trout sungai, hiu putih besar, lionfish, dan ikan todak.

Burung: Burung adalah hewan yang memiliki bulu, sayap, dan bertelur. Banyak, tapi tidak semua, burung bisa terbang. Beberapa contoh spesies burung termasuk elang botak, kardinal, flamingo, burung unta, dan elang ekor merah.

Mamalia: Mamalia adalah hewan berdarah panas yang menyusui anaknya dengan susu dan memiliki bulu atau rambut. Beberapa contoh mamalia termasuk manusia, lumba-lumba, jerapah, kuda, dan hyena tutul.

Amfibi: Amfibi adalah hewan berdarah dingin. Mereka memulai hidup mereka di air dengan insang seperti ikan. Kemudian mereka mengembangkan paru-paru dan dapat pindah ke tanah kering. Amfibi termasuk katak, kodok, kadal air, dan salamander.

Reptil: Reptil adalah hewan berdarah dingin yang bertelur. Kulit mereka ditutupi dengan sisik keras dan kering. Spesies reptil termasuk aligator, buaya, ular, kadal, dan kura-kura.

Hewan vertebrata berdarah dingin dan panas

Hewan vertebrata dapat berdarah panas atau berdarah dingin. Hewan berdarah dingin tidak dapat mempertahankan suhu tubuh yang konstan. Suhu tubuh mereka ditentukan oleh lingkungan luar.

Hewan berdarah dingin akan bergerak pada siang hari antara tempat teduh dan matahari untuk menghangatkan atau mendinginkan. Hewan berdarah dingin adalah ektotermik, yang berarti panas di luar. Reptil, amfibi, dan ikan semuanya berdarah dingin.

Sementara itu, hewan berdarah panas mampu mengatur suhu internal mereka. Mereka bisa berkeringat atau terengah-engah untuk mendinginkan dan memiliki bulu dan bulu untuk membantu mereka tetap hangat. Hewan berdarah panas disebut endotermik, yang berarti “panas di dalam”. Hanya burung dan mamalia yang berdarah panas.

Sekian penjelasan tentang pengertian dan contoh hewan vertebrata. Semoga informasi ini dapat membantu kalian dalam belajar biologi.

Artikel dari Hops.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *