page hit counter
China temukan objek misterius di sisi terjauh Bulan, rumah alien?

China temukan objek misterius di sisi terjauh Bulan, rumah alien?

Objek misterius di Bulan. Foto: CNSA via Gizmodo

Sebuah objek misterius berbentuk kubus telah menarik perhatian para ilmuwan yang bekerja pada misi Chang’e 4 China di sisi terjauh Bulan. Disandingkan dengan kegelapan yang ada disekitarnya, objek misterius itu mencuat memiliki warna yang pucat.

Melihat hal tersebut, membuat rover milik China, Yutu 2 datang untuk menyelidikinya. Pengontrol misi Chang’e 4 pun bersedia menuruti hal itu.

Our Space, saluran sains berbahasa China yang berafiliasi dengan Badan Antariksa China alias China National Space Administration (CNSA) menyebut objek misterius Bulan tersebut sebagai ‘gubuk misterius’.

Objek tersebut terlihat berada di kawah Von Karman di Cekungan Kutub Selatan-Aitken. Tempat di sisi terjauh Bulan ini adalah tempat rover Yutu 2 bekerja sejak mendarat di sana pada 3 Januari 2019 lalu.

Objek misterius di Bulan. Foto: Twitter
Objek misterius di Bulan. Foto: Twitter

Melansir Gizmodo, Selasa 7 Desember 2021, pengendali misi memerintahkan Yutu 2 untuk memindai cakrawala di sekitar kubus misterius tersebut.

“Apakah itu rumah yang dibangun oleh alien setelah pendaratan darurat? Ataukah pesawat antariksa perintis dari pendahulunya yang menjelajahi Bulan?” tulis Our Space.

Andrew Jones, koresponden SpaceNews yang meliput program luar angkasa China, mengatakan bahwa “itu bukan obelisk atau alien, tapi pasti sesuatu, dan perlu untuk diperiksa lagi.”

Bentuk sebenarnya dari objek ini sulit untuk dilihat, dan proporsi geometrisnya yang aneh bisa jadi merupakan hasil dari pikselasi artefak visual yang terlihat pada gambar beresolusi rendah.

Permukaan bulan. Foto: NASA
Permukaan bulan. Foto: NASA

Ini bukan hal aneh pertama yang terlihat selama misi Chang’e 4 yang ternyata bukan apa-apa. Pada bulan September 2019 lalu, Yutu 2 juga pernah menemukan zat seperti gel hijau dan berkilau, yang ternyata adalah breksi lelehan tumbukan, fragmen batuan yang disemen bersama sebagai hasil dari panas yang ekstrim.

Baru-baru ini, rover itu juga melihat pecahan yang tidak biasa mencuat dari permukaan yang ternyata adalah batu yang terlempar dari benturan. Jadi kemungkinan ‘gubuk misterius’ itu adalah batu atau bongkahan besar biasa.

Namun, para ilmuwan akan meneliti objek ini lebih lanjut. Our Space mengatakan objek tersebut terletak 80 meter dari lokasi rover saat ini dan Yutu 2 akan membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga bulan untuk mencapainya.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS