page hit counter
China Makin Agresif, Jepang Pasok Peralatan Militer ke Vietnam

China Makin Agresif, Jepang Pasok Peralatan Militer ke Vietnam

WWW.WARTAMATARAM.COM – Agresifnya China di Laut China Selatan membuat beberapa negara khawatir. Salah satunya adalah Jepang dan Vietnam. Hal tersebut disampaikan oleh Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga saat ia mengunjungi Hanoi pada Senin (19/10/2020). Kunjungan tersebut guna membentuk kesepakatan antara Jepang dan Vietnam dalam hal kerjasama bisnis dan militer.

Hubungan baik yang erat antara Jepang dan Vietnam merupakan langkah keamanan bagi kedua negara. Bahkan Jepang siap untuk memasok peralatan dan teknologi militer ke Vietnam dalam waktu dekat, kata Suga saat bertemu dengan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc seperti dilansir dari Reuters.

Jepang memiliki sikap yang tegas terhadap Laut China Selatan. Mereka menentang setiap langkah yang dapat menimbulkan ketegangan di laut tersebut. Seperti diketahui bersama saat ini sejumlah negara ASEAN memiliki sengketa teritorial dengan China yang mengklaim secara sepihak beberapa wilayah di Laut China Selatan.

Menurut Suga, masalah Laut China Selatan tidak harus bergantung pada kekuatan ataupun ancaman, seperti yang dilakukan oleh China saat ini. Ia berhadap ada kerjasama menuju resolusi damai sesuai dengan hukum internasional. Hal tersebut juga disampaikan oleh Phuc, ia menegaskan bahwa keduanya sepakat menjaga kebebasan navigasi dan penerbangan di Laut China Selatan.

Saat ini Jepang merupakan salah satu negara yang tergabung dalam QUAD, yakni sebuah aliansi bersama antara negara-negara Amerika Serikat, India dan Australia yang bertujuan untuk menentang China di Asia. Bahkan negara-negara QUAD akan melakukan latihan militer bersana yang rencananya akan dilakukan di Teluk Benggala.

CATEGORIES
TAGS
Share This