page hit counter
Childfree dan Pandemi, Apakah ada Hubungannya?

Childfree dan Pandemi, Apakah ada Hubungannya?

Jakarta, Warta Mataram – Istilah childfree akhir-akhir ini jadi perbincangan hangat netizen di media sosial setelah YouTuber Gita Savitri mengungkap bahwa dirinya mengambil pilihan tersebut.

Bagi masyarakat Indonesia, keputusan childfree yang diambil oleh Gita Savitri ini mengejutkan, maka tak heran banyak yang memberikan komentar kepada figur publik perempuan itu.

Oxford Dictionary mendefinisikan childfree sebagai kondisi tidak memiliki anak, terutama karena pilihan.
Sementara itu, Cambridge Dictionary juga mendefinisikan childfree dengan penggambaran yang hampir sama.
Childfree didefinisikan sebagai istilah yang merujuk pada orang atau pasangan yang memilih untuk tidak memiliki anak, atau tempat dan situasi tanpa anak.

Beberapa perempuan memilih untuk childfree dengan berbagai alasan. Alasan tersebut tentu saja sudah dipertimbangkan dan dipikirkan baik-baik. Contoh pertimbangan perempuan yang memilih untuk childfree adalah karena soal fasilitas yang layak untuk anak, keuangan atau finansial, pekerjaan yang mengharuskan pindah lokasi, serta lingkungan yang tidak mendukung.

Di sisi lain, laman The Atlantic mengungkap satu fakta menarik orang-orang memilih untuk childfree yang masih berhubungan dengan kondisi pandemi sekarang ini.

Menurut situs tersebut, pandemi meningkatkan tekanan yang sebelumnya sudah dirasakan oleh para orang tua. Orang tua banyak berpikir kembali untuk memiliki anak setelah adanya pandemi yang membuat kenyataan semakin jelas.

Hal-hal tersebut membuka mata banyak orang sehingga mereka mempertimbangkan kembali untuk memiliki anak. Satu hal yang mungkin menjadi pertanyaan adalah bagaimana mereka bisa membesarkan anak dengan situasi yang penuh dengan ketidakpastian dan risiko dari segala sisi.

Dengan segala pertimbangan, sekaligus melihat dari kesiapan dirinya untuk menjadi orang tua, mereka kemudian memilih untuk childfree. Maka, bukan sebuah hal yang selalu negatif ketika seseorang memilih membebaskan dirinya untuk tidak memiliki anak. Jurnalis (RAWM)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS