page hit counter
Cegah Pungli, Pembayaran Retribusi Pasar akan Melalui Nontunai

Cegah Pungli, Pembayaran Retribusi Pasar akan Melalui Nontunai

Wartamataram – Setelah terjadinya kasus pungli retribusi pasar Kebon Roek beberapa waktu lalu, ini saatnya bagi Dinas Perdagangan Kota Mataram untuk membenahi sistem pembayaran. Salah satu solusinya adalah dengan memberlakukan pembayaran non tunai untuk retribusi tersebut.

Pihak Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Mataram saat ini telah bekerjasama dengan Bank NTB Syariah guna pemanfaatan mesin EDC untuk pembayaran retribusi. Disdag Kota Mataram telah menunjuk Pasar Muhajirin, Dasan Agung sebagai percontohan untuk penggunaan sistem ini. Apabila sukses, maka pembayaran non tunai melalui mesin EDC akan diberlakukan untuk pasar-pasar lainnya.

Disdag Kota Mataram memilih Pasar Muhajirin sebagai percontohan karena Pasar Muhajirin, Dasan Agung terintegrasi dengan Masjid Hubbul Wathan Islamic Center.

Menurut Kepala Disdag Kota Mataram, H. Amran M. Amin, target realisasi penerimaan retribusi pasar tahun ini sebesar Rp4 Milyar. Saat ini baru terealisasi sebesar 64 persen. Namun ia optimis, tahun ini akan sesuai target, pasalnya ada beberapa pemilik lapak di pasar yang sengaja menunggu hingga akhir tahun barulah retribusi dibayarkan.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS