page hit counter
Cegah Penyakit, Bangkai Paus Pilot Ditenggelamkan

Cegah Penyakit, Bangkai Paus Pilot Ditenggelamkan

TANJUNG-Warga Pantai Dusun Teluk, Desa Sukadana bahu-membahu mengevakuasi bangkai Paus Pilot yang sudah membusuk, (4/6). Bangkai tersebut ditenggelamkan ke dasar laut.

Paur Humas Polres Lotara Bripka Wiswakarma mengatakan, evakuasi dilakukan sekitar pukul 11.00 Wita. Kegiatan tersebut juga melibatkan penyuluh Perikanan Kecamatan Bayan, kepala Bidang Perikanan Dishublutkan KLU, kepala Desa Sukadana, personel Polsek Bayan.

”Evakuasi ini dilakukan setelah berkoordinasi dengan pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan RI,” ujar dia.

Langkah pertama, bangkai mamalia  itu dievakuasi menggunakan kapal tangkap milik Kelompok Nelayan Mutiara Dasker Desa Sukadana. Paus pilot tersebu ditarik sejauh satu kilometer dari pesisir pantai ke tengah lautan.

”Bangkai mamalia laut itu ditarik ke tengah laut sedalam 60 meter untuk ditenggelamkan,” sambung dia.

Temuan bangkai paus di pesisir itu pertama kali dilaporkan warga ke Polsek Bayan, Kamis lalu (3/6). Di mulut paus pilot itu, ditemukan kura-kura yang masih tersangkut.

”Penyebab kematiannya belum bisa dipastikan, tapi kemungkinan karena kura-kura yang tersangkut di mulutnya tersebut,” tandas dia.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan (Dishublutkan) KLU Rusdianto mengatakan, sebelum evakuasi dia sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait. Yakni Kementerian Perikanan dan Kelautan RI dan Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar wilker NTB.

Menurut dia, bangkai ikan paus yang membusuk bisa menjadi ancaman. Evakuasi dilakukan untuk mengantisipasi potensi penyakit yang bisa muncul. Sebab itu harus segera dikuburkan atau ditenggelamkan ke lautan.

”Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan,” tutup dia. (fer/r9)

Source: Lombok Post

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS