page hit counter

Cegah Pelanggaran Petugas, Polres Tanjung Priok Manfaatkan Teknologi Ini

JAKARTA – Polres Pelabuhan Tanjung Priok menggunakan teknologi dalam melakukan pemantauan dan pengawasan kawasan Pelabuhan Internasional Tanjung Priok menggunakan drone serta dashboard kamera di beberapa unit mobil patroli.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis Aryana menyebut, seluruh kegiatan pemantauan dan pengawasan ini termonitor langsung ke Command Center Polres Pelabuhan Tanjung Priok secara real time.

Putu mengatakan, Command Center ini untuk menyatukan seluruh sistem informasi kepolisian. Hal itu dilakukan dengan tujuan untuk mengambil keputusan dengan memonitor, koordinasi, menugaskan, mengontrol, seluruh tindakan yang diperlukan sebagai respon cepat atau tanggap darurat. Sehingga, cepat menentukan sikap ketika terjadi suatu hal dalam keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Agar aktivitas petugas kami dapat lebih terkontrol dan merespon lebih cepat,” kata Putu kepada wartawan di Jakarta, Rabu (3/11/2021).

Baca Juga : Polisi Minta Sekarung Bawang, Dirlantas Polda Metro Minta Maaf

Pusat komando tersebut juga mengerahkan tiga drone untuk melakukan patroli menjaga gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Priok. Pesawat nirawak tersebut juga terdapat yang diterbangkan secara Live atau langsung guna melihat kondisi keamanan di lingkungan masyarakat dan beberapa objek vital.

Dengan adanya drone, jika ada persoalan di lapangan, jajaran bisa mengetahui secara persis lokasi dan bergerak mengatasi persoalan.

“Mungkin ketika nanti ada situasi bencana atau kontijensi seperti kebakaran atau banjir di kawasan pelabuhan maka, kita bergerak ke lokasi sasaran dengan lebih tepat” ujar Putu.

Source: RCTI+

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS