page hit counter

Cegah Kebakaran Lapas, Narapidana di Tangerang Belajar Padamkan Api Pakai Karung Basah

TANGERANG – Petugas BPBD Kota Tangerang, bersama dengan pegawai lapas dan sejumlah narapidana mengikuti simulasi kebakaran. Mereka diajarkan menggunakan APAR dan memadamkan api dengan karung basah. 

Kepala BPBD Kota Tangerang, Deni Koeswara mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan kebakaran yang menelan puluhan korban jiwa seperti di Lapas Kelas I Tangerang tidak terjadi lagi.

“Pelatihan dan simulasi kebakaran dilakukan di Lapas Kelas I Tangerang dan Lapas Pemuda Kelas II A Tangerang, yang diikuti para pegawai lapas dan sejumlah para napi,” katanya, kepada wartawan, Jumat (22/10/2021).  

Menurut Deni, kebakaran merupakan salah satu ancaman yang sangat berbahaya dan bisa mengakibatkan korban jiwa. Terlebih jika petugas atau masyarakat tidak melakukan upaya yang tepat dalam pencegahan kebakaran.

Baca juga: Polisi: Kebakaran Lapas Tangerang karena Korsleting Listrik

“Tak sedikit dari mereka yang ingin membantu, malah mereka yang menjadi korban, dan malah menyusahkan petugas sebenarnya. Melalui pelatihan ini petugas lapas maupun napi jadi tahu, apa yang dilakukan saat kebakaran,” tukasnya. 

Seperti diketahui, kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang, mengakibatkan puluhan narapidana tewas terpanggang dan puluhan lainnya luka-luka. Peristiwa itu merupakan yang terburuk sepanjang sejarah lapas di Tangerang.

Source: RCTI+

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS