page hit counter

Cara Test Drive Mobil Bekas Agar Tidak Kecolongan dan Rugi!

Test drive mobil bekas adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan sebelum membeli mobil bekas. Tentu saja, test drive membantu Anda mengambil keputusan yang tepat secara finansial. Mengapa? Saat salah memilih mobil bekas, maka hal ini akan sangat menyita keuangan dan waktu Anda. 

Meskipun membelinya online, Anda tetap harus melakukan test drive. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya penipuan. Biasanya penipuan yang terjadi seperti penjualan mobil bekas banjir, kriminal hingga kilometer yang tidak sesuai. 

Test Drive itu penting, untuk itu Sobat Carsome wajib memastikan apakah benar mendapatkan mobil bekas berkualitas sesuai dengan yang Anda inginkan. Jangan sampai justru menambah beban keuangan. Yuk, simak tips lengkapnya supaya Anda tidak salah pilih!

Cara Test Drive, Apa yang Harus Diperhatikan?

Supaya Anda tidak kecolongan setelah membeli mobil bekas. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil bekas. Mulai dari pertanyaan apa yang Anda harus tanyakan, proses identifikasi mobil bekas berkualitas atau tidak hingga cara melakukan test driving yang tepat seperti apa. Jadi, pastikan Anda membaca setiap poin dengan saksama supaya Anda menjadi pembeli yang cermat.

cara-test-drive-mobil-bekas

Pertanyaan yang Harus Anda Tanyakan Saat Test Driving

Memilih mobil bekas untuk pemula yang baru mencoba membeli mobil bekas melalui situs online jual beli mobil bekas memang harus lebih teliti. Ini dia list pertanyaan yang wajib Anda utarakan dan tanyakan.

  • Apakah Mobil Ini Cocok untuk keperluan saya?
    Utarakan seperti apa kebutuhan Anda, misalnya Anda lebih menggunakan mobil untuk diinvestasikan dalam pengantaran barang atau bisnis. Atau mungkin lebih kepada mobilitas Anda, dimana Anda wajib ke luar kota.  Atau bahkan Anda memastikan kapasitas penumpang dan barang. Supaya kedepannya Anda lebih leluasa dan percaya diri dengan kendaraan Anda. Ingat juga untuk memperhatikan kilometer dan kapasitas mesin untuk membantu Anda menghemat BBM.
  • Bagaimana Keadaan Mesin Mobil Ini?
    Dengarkan dengan saksama apa yang dijelaskan oleh penjual mobil bekas, lalu Anda wajib melakukan verifikasi ketika nanti Anda mengendarainya. Jangan ragu, karena Carsome akan menjelaskan dengan detail proses verifikasi kualitas mobil. Simak sampai akhir, ya!
  • Bagaimana dengan Dokumen Mobil?
    Perhatikan juga kelengkapan dokumen mobil, ini adalah salah satu hal yang penting untuk diketahui sejak awal sehingga tidak membuang waktu Anda. Pastikan dealer memiliki BPKB mobil lama, bukti kepemilikan mobil dan berbagai dokumen lainnya. Ini nantinya akan Anda gunakan untuk melakukan balik nama mobil Anda.
  • Bagaimana dengan Proses Pembayaran?
    Membeli mobil bekas dengan kredit juga sudah bisa dilakukan saat ini. Namun, pastikan dealer atau situs online yang Anda tuju menyediakan lembaga keuangan yang dapat membantu proses kredit Anda. Hindari melakukannya di bawah meja, ingat untuk tidak menerima hal seperti ini. Lain halnya jika Anda melakukan tukar tambah mobil bekas. Namun pastikan, apakah dealer tersebut melayani tukar tambah mobil bekas.
  • Apakah Mobil Memiliki Buku Riwayat Servis?
    Buku riwayat servis adalah hal yang sangat menentukan apakah mobil bekas yang hendak Anda beli adalah mobil yang terawat. Pasalnya, setiap mobil baru biasanya mendapatkan jadwal melakukan servis mobil setiap kilometernya. Jadi, Anda perlu menanyakan hal ini. Sehingga, Anda bisa tahu juga jika mobil memiliki garansi service pada dealer resmi.

hal-yang-perlu-dicek-sebelum-dan-sesudah-test-driving

Hal yang Perlu Dicek Sebelum & Sesudah Test Driving

Sebelum melakukan test driving pastikan Anda sudah mendapatkan mobil yang tepat untuk Anda lakukan test driving. Untuk memilih mobil mana yang tepat, tentunya setelah berkonsultasi dengan tim sales atau dealer setempat, mereka akan memberikan rekomendasi untuk ini. 

Namun, pahami ada perlunya bagi Anda untuk memilih sendiri jenis mobil yang Anda inginkan dengan melakukan riset terlebih dahulu sesuai poin yang ada diatas. Pahami kebutuhan, keperluan dan pembayaran. Anda bisa memahami lebih lanjut pada artikel Carsome tips membeli mobil bekas

Nah, ini dia hal yang Sobat Carsome perlu diperhatikan sebelum melakukan test driving setelah mendapatkan mobil yang Anda inginkan:

Sebelum Mengendarai Mobil

Sebelum masuk ke dalam mobil perhatikan beberapa hal terkait mesin dari mobil. Biasanya sales di dealer akan menjelaskan keadaan mobil. Dari segi eksterior, interior, hingga mesin. Hal yang perlu Anda perhatikan dengan baik adalah sebagai berikut:

  • Periksa apakah ada tanda pengecatan ulang berlebihan pada body mobil, jika ya maka bisa jadi mobil bekas banjir atau mobil pernah mengalami kecelakaan parah. 
  • Lihat kondisi ban. Mudah saja, jika Anda melihat ketebalan ban kurang atau bahkan permukaannya sudah sangat halus. Maka, setelah membelinya kemungkinan Anda wajib menggantinya. 
  • Pastikan melihat kadar aki dan air mesin lainnya sesuai pada takarannya. Cek bagaimana kekentalan oli. Ingat untuk melihat sisi-sisi mesin apakah berdebu atau tidak. Kebersihan adalah hal utama pada bagian-bagian mesin. 
  • Cek kilometer mobil untuk memastikan usia dan apakah mobil rutin melakukan perawatan setiap kilometernya. 
  • Periksa kelistrikan dalam mobil. Pastikan untuk mengecek lampu indikator pada layar kemudi, fungsi infotainment, fungsi lampu, wiper, persneling, AC hingga locking system, perhatikan juga fungsi pada warning light. Jika ada kerusakan pada kelistrikan mobil, ini bisa menjadi tanda mobil bekas banjir. Tenang saja, Carsome akan membahasnya dibawah! 

Saat Mengendarai Mobil

Sobat Carsome sebagai seorang pengemudi tentunya Anda wajib peka khususnya dalam mendengar, mencium bau hingga memperhatikan tanda-tanda meragukan. Untuk itu, ini dia yang wajib Anda perhatikan ketika sedang mengendarai mobil.

  • Saat Menyalakan Mesin
    Ketika menyalakan mesin, pastikan Anda memperhatikan hal ini sebagai ceklis terkait hal apa yang perlu Anda terapkan. Pastikan tidak melewatinya. Apakah anda merasa sulit untuk menyalakannya? Apakah suara mesin nampak berbeda dan mengeluarkan asap? Apakah semua indikator pada layar kemudi seperti odometer dan lainnya menyala dengan baik? Pastikan Anda memeriksa bagian ini!
  • Saat Berkendara
    Ini dia yang penting, saat berkendara usahakan Anda berkendara dengan sadar memahami kekurangan dari mobil yang Anda kendarai. Pastikan untuk tidak terganggu dengan hadirnya sales.
    • Apakah stir mobil bergetar? Jika ya, maka kemungkinan besar ada masalah dengan kampas rem ataupun suspensi mobil.
    • Apakah perpindahan persneling mudah pada mobil Anda khususnya saat mundur?
    • Apakah saat menginjak pedal gas, kecepatan lebih cepat meningkat? Perhatikan panas mobil untuk ini. Jika mesin terasa panas, namun kecepatan tidak juga bertambah. Maka, ada potensi mobil overheating.
    • Apakah mobil mudah dimanuver? Lakukan pengereman dan lihat apakah mobil memiliki rem mobil yang responsif.
    • Apakah ada suara rem berdecit? Dari segi visibilitas, apakah Anda dapat melihat dengan jelas melalui spion mobil, cek blind spot, apakah hal ini masih bisa Anda toleransikan?
    • Apakah suara mobil dan mesin terdengar sehingga Anda perlu berbicara lebih keras agar terdengar?
    • Apakah Anda merasa mobil bergetar keras saat melewati tanjakan atau jalan yang sedikit rusak

Setelah Mengendarai Mobil

Ketika selesai mengendarai mobil dan memastikan mobil yang Anda pilih aman dan tepat sesuai dengan kebutuhan. Ini waktunya untuk Anda memastikan hal-hal yang sifatnya lebih kepada dokumen dan legal dari kendaraan Anda. Berikut listnya!

  • Apakah mobil masih memiliki garansi resmi? Jika ya, apa saja yang akan Anda dapatkan. Dengan menanyakan ini, ada baiknya meminta sales untuk menunjukkan bukti service berkala dari mobil jika ada atau riwayat catatan servis. 
  • Apakah pajak mobil dari awal lunas dan proses balik nama mobil. Anda patut menanyakan hal ini, sehingga kedepannya tidak perlu repot karena pengurusan pembayaran pajak mobil. 
  • Apakah Anda perlu menggunakan asuransi? Jika ya, pastikan jenis asuransi yang diberikan oleh dealer memiliki premi dan apa saja yang dicover dengan jelas. Mengapa? Biasanya biaya asuransi mobil bekas cenderung lebih tinggi. Simak lebih lengkapnya di bagaiamana cara mengklaim asuransi jika mobil Anda mengalami masalah

Kesalahan yang Dilakukan Saat Membeli Mobil Bekas

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas yang Anda pilih, ada baiknya dengan baik memikirkan fungsi dan tujuan membeli mobil bekas. Lalu, jangan terlalu cepat memutuskan setelah melakukan test drive. Simak beberapa hal dibawah ini: 

1. Tujuan Membeli & Perencanaan Finansial 

Biasanya ada banyak orang yang tidak memperhatikan keadaan keuangannya. Ketimbang membeli mobil baru, maka ada baiknya jika Anda membeli mobil bekas. Namun, perhatikan keadaan finansial Anda. Jika mampu melakukan cash, maka ini menjadi lebih baik untuk Anda dibandingkan membeli mobil dengan cara kredit.

Meskipun kelihatan pencicilannya tergolong kecil, namun lihat akumulasi akhir dan bunga hingga tenor waktu yang dikenakan kepada Anda. Faktanya bunga mencicil mobil lebih tinggi dibanding mobil baru. Namun, memiliki mobil bekas Anda tidak perlu terlalu rumit memikirkan pajak mobil. Hal ini dikarenakan setiap tahunnya mobil mengalami depresiasi harga dan pajak mobil bergantung pada harga mobil tersebut di pasaran. Jadi, perhatikan dengan baik-baik, ya! 

2. Tidak mencoba mobil yang Anda inginkan 

Biasanya hal ini terjadi karena Anda merasa segan dan memikirkan apa yang sales katakan adalah hal yang benar. Sekalipun hal tersebut benar, namun Anda tetap harus mencoba mobil yang sudah Anda inginkan baru mencoba rekomendasi dari sales. Sehingga, Anda bisa memiliki banyak referensi untuk ini.

3. Lupa Mencoba Teknologi Mobil

Biasanya karena mengira semua komponen dalam mobil sudah bagus dan baik. Ini membuat Anda lupa untuk mengecek kembali mobil Anda. Contohnya: Anda lupa mengetes koneksi bluetooth pada radio apakah jalan atau tidak. Kesalahan ini cukup fatal, ya. Jadi, sedari awal pastikan untuk mengecek dengan serius.

 

cara-test-drive-mobil-bekas


Tips Test Drive Jika Waktu Sangat Singkat 

Nah, sudah membaca semua rangkaian test drive yang ada di atas? Sekarang coba lakukan beberapa tips agar Anda bisa lebih mudah memahami dengan cepat masalah pada mobil yang akan Anda beli. 

1. Lakukan Booking Test Drive

Ada baiknya jika Anda sudah menemukan platform yang tepat untuk membeli mobil bekas Anda. Lakukan booking test drive terlebih dahulu, sehingga Anda dapat lebih leluasa untuk mempersiapkan bagian apa saja yang nantinya akan Anda perhatikan nantinya. Pastikan platform tempat membeli mobil ataupun dealer menyediakan layanan test-drive. 

2. Test Drive Mobil di Jalan Raya Besar 

Jalan raya besar biasanya jalan raya yang dipakai oleh seluruh kendaraan. Biasanya ada mobil, motor, kendaraan umum juga sepeda. Ingat untuk selalu mematuhi rambu lalu lintas. Jika, di jalan raya besar seperti ini, rem dan gas akan sangat penting sekali. 

Apalagi jika Anda melalui jalanan yang cukup sempit dua arah. Ini biasanya akan membuat Anda bisa melihat blind spot pada mobil. Jadi, perhatikan dengan baik seperti apa yang sudah disampaikan di atas apakah ada bunyi decit pada rem dan apakah mobil cukup responsif.  

Jika bisa menyempatkan, sempatkan untuk test drive mobil bekas Anda ke tempat-tempat yang berkelok. Sehingga, Anda bisa memahami jika stir berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah pada suspensi mobil Anda. 

3. Berkendara dengan Kecepatan 40 km/h – 55 km/h 

Biasanya waktu test drive yang disediakan berkisar 15-30 menit. Untuk itu berkendara dengan kecepatan tersebut bisa membantu Anda melihat ada masalah saat Anda melakukan pengereman dalam waktu yang singkat. Namun perhatikan situasi sekitar Anda, jika situasi tidak memungkinkan untuk berkendara dengan kecepatan tersebut maka pastikan Anda memperhatikan perpindahan gigi atau persneling yang responsif. Ingat untuk juga memperhatikan fungsi dari indikator seperti lampu sen hingga klakson. 

4. Lakukan Parkir Untuk Mencoba Kinerja Roda 

Saat mencoba untuk parkir mobil, Anda akan mencoba kinerja mobil saat mundur, berputar, perpindahan persneling hingga mengetahui apakah stir mobil cukup responsif. Jangan lupa setelah memarkir mobil Anda, coba cek rem tangan mobil. Apakah rem tangan mobil yang hendak Anda beli berfungsi dengan baik? Jika Anda sulit menarik atau menurunkannya, maka bisa jadi ada masalah pada sistem rem tromol atau cakram karena tidak dibersihkan secara berkala. 

Kenali Ciri-ciri Mobil Bekas Banjir Saat Test Drive 

Mobil bekas banjir biasanya memang tidak mudah dikenali hanya dengan melihat saja. Untuk itu Anda perlu mengandalkan indra Anda untuk meraba, melihat dan mencium apakah mobil yang Anda kendarai adalah mobil bekas banjir. Simak ini dia tips lengkapnya!

1. Waspadai Bau Lembab dan Apek 

Jangan terkecoh dengan bau pengharum ruangan yang ada pada mobil Anda. Tutup kaca mobil, pintu dan pastikan Anda mencium mobil dengan nafas panjang. Jika Anda tiba-tiba mencium bau lepek dan karat seperti besi, maka itu tandanya Anda sedang berada di dalam mobil bekas banjir. 

2. Cek Oli pada Mesin 

Buka tangki oli dan lihat apakah oli masih kental dan berwarna hitam? Jika oli berwarna coklat pucat, maka in tandanya oli sudah bercampur dengan air. Coba sentuh oli, jika oli terasa lengket maka ini tandanya oli harus segera diperbaiki. 

3. Kotoran pada Mobil

Kotoran pada mobil biasanya terletak pada bagian-bagian tertentu yang tidak terlihat. Adapun kotoran-kotoran tersebut dapat berupa puing-puing, seperti rumput, kotoran, pasir dan lanau. Anda dapat melihatnya di berbagai tempat yang tidak terlihat seperti dibawah kompartemen, celah-celah mesin, bagasi, di bawah ban serep, di bawah dashboard, di bawah kursi tempat duduk, di sekitar daerah yang  terdapat kabel. Simak tips mengecek kotoran pada mobil dibawah ini: 

    • Angkat karpet untuk melihat apakah ada kotoran dibawahnya 
    • Buka bagasi dan keluarkan ban serep, biasanya ada genangan air atau bekas karat yang jarang diperhatikan oleh pemiliknya.

4. Karat Mobil

Gunakan cermin untuk melihat mesin-mesin yang tidak terlihat, contohnya mesin pada bagian bawah mobil. Periksa eksterior mobil, meskipun mobil sudah mengalami pengecatan dan modifikasi biasanya gelembung-gelembung karat tetap akan muncul. Jadi perhatikan dengan saksama dan jangan tertipu dengan keadaan mobil yang mulus. 

5. Embun 

Embun adalah hal yang tidak dapat dihindari karena sifatnya alamiah. Anda bisa dengan menemukannya pada dinding-dinding lampu dalam interior mobil seperti lampu mobil dan layar stir mobil. 

6. Elektronik Bermasalah 

Jika Anda menemukan modifikasi berlebihan pada bagian headunit mobil, maka Anda perlu mempertanyakannya dengan baik. Bisa jadi terjadi korsleting, sehingga membuat bagian infotainment menjadi bermasalah. Coba putar musik pada audio, koneksikan bluetooth pada handphone Anda. Jika masih berfungsi dengan baik, maka Anda bisa lebih percaya dengan mobil yang hendak Anda beli. Sebaiknya, utamakan mobil yang belum pernah dimodifikasi sama sekali. 

Apakah Test Drive Harus Membayar? 

Test drive mobil di Carsome tidak harus membayar. Segala bentuk service yang disediakan oleh Carsome tentunya bebas biaya pungut. Melakukan test drive di Carsome tidak perlu rumit, karena sejak awal inspektor Carsome sudah dibekali dengan kemampuan melihat dengan cermat 175 titik inspeksi pada kendaraan bekas yang dijual ke Carsome. 

Carsome certified adalah bukti bahwa Carsome tidak menerima mobil bekas tabrakan parah dan tidak menerima mobil bekas banjir. Sehingga menjadi lebih mudah untuk Anda yang ingin membeli mobil bekas berkualitas dengan memilih mobil pilihan Anda pada website Carsome dan melakukan booking test-drive. Jangan khawatir di saat pandemi seperti ini, Anda bisa mendapatkan layanan Home Test-Drive, inspektor kami yang datang mengunjungi rumah Anda. Jadi, nikmati cara baru dan simpel menjual dan membeli mobil bekas Anda

Baca juga: Ini Dia Deretan Mobil Keren Dengan Harga Di Bawah 200 Juta

The post Cara Test Drive Mobil Bekas Agar Tidak Kecolongan dan Rugi! appeared first on Carsome Indonesia.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS