page hit counter
Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Jika Anda terkena komedo sejenis jerawat yang terjadi ketika sel kulit mati dan minyak menyumbat pori-pori – Anda memiliki banyak metode untuk mengobatinya. Ada juga cara untuk mencegah terbentuknya yang baru. Tapi anda mesti ingat, jika anda Memetik, meremas, dan juga meletuskan komedo bukanlah cara atau pilihan yang tepat untuk menghilangkan komedo. Cara cara itu akan dapat membuat situasi pada komedo anda akan jauh lebih buruk. Nah, karena itu Cobalah dari beberapa perawatan ini sebagai cara untuk menghilangkan komedo.

Cara menghilangkan komedo

Komedo memang sangatlah mengganggu anda, apalagi jika komedo tersebut banyak dan berwarna hitam. Tentu saja akan membuat anda kehilangan percaya diri dan anda juga tidak ingin itu terjadi. Karena itu anda mesti mengatasi komedo dengan cara berikut :

Asam salisilat

Asam salisilat adalah bahan over-the-counter yang populer di banyak pembersih kulit. Asam salisilat juga bisa mengatasi dan membersihkan komedo di wajah anda, karena asam salisilat dapat memecah sel kulit mati dan minyak ekstra sebelum bisa menyumbat pori-pori Anda. Jika anda ingin membeli asam salisilat ini anda dapat mendapatkan nya di apotek, namun sebelum itu anda mesti periksa label bahan dengan hati-hati. Karena Anda akan menemukan produk dengan asam salisilat yang kekuatannya berkisar dari 0,5% hingga 5%. Karena itu asam salisilat ini tidak cocok untuk semua orang, Asamnya bisa keras untuk kulit pada beberapa orang. Jika anda ingin memakainya setiap hari, namun anda mesti memeriksa dan mencari tau apakah kulit anda cocok untuk bahan asam salisilat ini. Sedangkan untuk bahan pelawan jerawat lainnya, komedo tidak mengandung bakteri, jadi benzoyl peroxide – antibakteri yang kuat melawan sebagian besar bentuk jerawat lainnya atau mungkin tidak membantu.

Krim dan losion retinoid

Krim dan losion retinoid yang terbuat dari vitamin A, dan krim dan losion retinod ini dapat bekerja untuk membuka pori-pori Anda. Bahan ini juga membantu tubuh Anda membuat sel kulit baru. Karena bantuan itu bisa menghilangkan komedo dengan cepat, Anda dapat membeli retinoid dengan bebas resep di toko obat sekitar anda, namun kadang membeli bahan ini juga memerlukan resep. Karena retinoid membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar UV, Anda harus menggunakan krim dan losion ini sebelum tidur dan berjemur agar tidak langsung terpapar sinar uv

Ekstraksi

“Ekstraksi” mungkin terdengar menakutkan, tetapi banyak ahli kesehatan yang tahu cara menghilangkan komedo yang tidak sedap dipandang dengan alat khusus. Kit ekstraksi rumah dapat ditemukan di toko. Tetapi kebanyakan ahli medis mengulangi nasihat klasik itu: “Jangan coba ini di rumah.” Prosedur DIY dapat menyebabkan jaringan parut, dan tentunya anda jangan melakukan nya tanpa bimbingan dari ahli atau dokter.

Pengelupasan kimiawi

Chemical peel biasanya untuk orang yang ingin memperbaiki tampilan kerusakan akibat sinar matahari dan bekas luka ringan, tetapi cara ini juga dapat membantu mengatasi beberapa jenis jerawat. Prosedur ini dapat membuka pori-pori dan memulai pertumbuhan kulit baru. Anda mendapatkan pengelupasan kimiawi di kantor dokter Anda. Ini menghilangkan sel dari lapisan atas kulit Anda. Bahan umum dalam produk chemical peel adalah asam salisilat, glikolat, dan retinoat. Karena prosesnya menggunakan asam, dapat menyebabkan kemerahan, pengerasan kulit, jaringan parut, infeksi, dan perubahan warna kulit.

Sikat kulit

Sikat kulit dapat membantu menghilangkan kotoran yang menumpuk yang menyebabkan jerawat. Sikat kulit juga bisa memperlambat tanda-tanda penuaan. Tentunya ini sangat membantu untuk anda yang melakukan perawatan untuk mempercantik diri.  Anda harus selalu merehidrasi kulit Anda setelah menggunakan sikat kulit. Ada berbagai macam sikat kulit berbeda yang bisa dibeli. Anda mesti mengetahui sikat kulit apa yang cocok untuk kulit anda dengan cara berkonsultasi ke doket. Dan dokter dapat memberi tahu Anda apakah menggunakan salah satu mungkin tepat untuk Anda. Keuntungan lagi dari berkonsultasi ke dokter juga dapat memberi tahu Anda jenis apa yang harus digunakan dan bagaimana menggunakannya dengan benar. Jika Anda tidak menggunakannya sebagaimana mestinya, hal itu dapat memperburuk jerawat.

Produk nonkomedogenik

Sebagian besar produk nonkomedogenik tidak mengandung minyak dan tidak menyumbat pori-pori Anda. Karena itu produk nonkomedogenik ini dapat menurunkan risiko Anda terkena komedo. Anda harus bisa menemukan pembersih, pelembab, dan riasan yang nonkomedogenik.

Pencegahan Komedo

Untuk mencegah komedo, coba tips seperti:

Cuci muka saat bangun tidur, sebelum tidur, dan setelah berkeringat lalu lap wajad dengan handuk yang bersih dan juga lembut. Oleskan pembersih non-abrasif pada kulit Anda dengan lembut menggunakan ujung jari Anda. Menggosok dengan waslap atau spons bisa mengiritasi kulit. Gunakan produk kulit yang terbebas dari alkohol, Hindari sinar matahari karena beberapa obat jerawat bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar UV, Keramas rambut berminyak secara teratur, Batasi berapa kali Anda menyentuh wajah Anda karena tangan anda belum tentu selalu bersih atau higienis, Ganti sarung bantal sesering mungkin karena di sarung bantal beresiko terdapat kuman yang akan membantu jerawat tumbuh dan riskan terhadap komedo. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan makanan tertentu dapat memperburuk jerawat. Beberapa di antaranya adalah susu skim, cokelat, dan makanan kaya karbohidrat seperti roti dan keripik.

Perawatan Komedo yang Harus Dihindari

Perawatan tertentu kadang tidak akan berhasil untuk membersihkan komedo yang membandel, karena itu, Anda harus menghindari pembersih berbahan dasar minyak dan alkohol. Jika Anda memiliki kulit berminyak, produk yang mengandung bahan-bahan tersebut bisa mengiritasi kulit Anda. Namun, Jika Anda memiliki kulit yang normal, pelembap yang mengandung sedikit minyak bisa digunakan. Lain lagi Jika Anda memiliki kulit yang kering, pelembap yang berbahan dasar minyak dapat membantu untuk mencegah jerawat. Karena itu sesuaikan saja jenis kulit dan perawatan apa yang cocok dengan kulit anda.

Itulah dari beberapa tips dan cara untuk mengindari komedo atau juga jerawat dengan bahan bahan yang telah dipaparkan, namun sebelum anda mengatasi komedo yang membandel atau selalu datang di wajah, ada baiknya anda mengetahui jenis kulit anda yang sensitive atau juga berminyak, dengan cara berkonsultasi ke dokter atau mencari tau dengan seseorang yang memang biasa dalam mengatasi jerawat, agar anda tidak salah dalam pengobatan atau perawatan kulit. Karena dengan perawatan yang salah bisa menambah kerusakan atau komedo yang muncul dan bisa merusak kulit wajah anda. Selamat mencoba.

CATEGORIES
TAGS
Share This