page hit counter

Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam

Kunci mobil yang tertinggal di dalam mobil rasanya sering sekali menjadi masalah yang umum terjadi bagi seluruh pengendara. Keadaan tersebut biasanya memang tidak disengaja dan akan cukup merepotkan. Mau tidak mau, Anda sebagai pengendara harus membobol pintu mobil Anda sendiri atau mencari cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam.

Kondisi mobil yang tertutup dengan keadaan kunci yang tertinggal di dalam juga memaksa Anda untuk menguras waktu memikirkannya. Sebenarnya Anda memang bisa memecahkan kaca jendela mobil, namun tentu saja hal tersebut tidak disarankan karena akan menimbulkan kerugian yang cukup besar. Mengapa mengganti kaca mobil bisa saja lebih mahal dari sekedar memperbaiki mobil penyok.

Nah, dalam artikel kali ini, Carsome sudah menyiapkan beberapa cara yang mudah dan ampuh dalam mengatasi mobil yang terkunci dari dalam. Hindari panik dan terburu-buru memecahkan kaca, ya! 

Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam

cara-membuka-pintu-mobil-yang-terkunci
1. Menggunakan Inflatable Wedget Tiup

Sudah pernah mendengar alat yang bernama Inflatable Wedget Tiup? Alat ini sebenarnya dapat dengan mudah Anda temukan di berbagai online shop. Dengan harganya yang tidak terlalu mahal, alat ini sangat berguna karena dapat membuat ruang antara pintu yang terkunci dari dalam dengan bingkai mobil.

Cara kerjanya pun cukup sederhana, alat ini akan mendongkrak bagian cekung tombol atau tuas buka. Dengan begitu, pintu mobil akan dapat terbuka dalam waktu kurang dari 1 menit, lho! Cukup praktis bukan?

2. Menggunakan Tali Sepatu atau Tali Rafia

Anda juga dapat menggunakan tali sepatu atau rafia untuk membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam. Cukup dengan membentuk tali menjadi lasso dengan kuat. Kemudian sisipkan tali tersebut ke dalam mobil melalui celah kaca mobil bagian atas.

Turunkan tali hingga sejajar dan mencapai tuas pengaman pintu. Usahakan agar tali dapat mengait tuas tersebut dan tarik saat sudah terikat. Pintu mobil akan dapat terbuka dengan mudah setelahnya.

3. Menggunakan Besi atau Tangkai Besi

Cara yang ketiga ini dapat digunakan untuk jenis mobil yang menggunakan pintu dengan sistem kunci yang otomatis (elektrik). Sebenarnya cara ini tidak berbeda jauh dengan yang sebelumnya, Anda hanya perlu menyisipkan tangkai besi melalui celah kaca bagian atas pintu mobil.

Setelahnya, arahkan besi ke bagian saklar kunci hingga mampu menekan tombol untuk membuka pintu mobil. Biasanya cara ini juga kerap dilakukan oleh banyak tukang kunci.

4. Menggunakan Kawat Gantungan Baju

Untuk menggunakan cara ini, lebih direkomendasikan untuk menggunakan gantungan baju dengan bahan alumunium. Pertama-tama Anda harus meluruskan gantungan baju tersebut dan menekuk salah satu bagian ujungnya hingga berbentuk seperti pengait. Sisipkan gantungan baju melalui celah jendela bagian atas.

Hampir mirip dengan menggunakan tali, gantungan baju yang sudah berhasil masuk harus Anda putar sedemikian rupa hingga mampu menangkap dan menarik tuas pengunci pintu agar dapat ditarik. Pintu mobil akan terbuka dengan aman setelahnya.

5. Menggunakan Bola Tenis

Cara yang satu ini cukup unik, Anda hanya perlu membuat sebuah lubang kecil dalam bola tenis dengan menggunakan kawat yang sudah dipanaskan. Kemudian arahkan lubang tersebut ke bagian lubang dari kunci mobil. Jika Anda menekannya dengan sekuat tenaga, udara di dalam bola tenis nantinya akan menekan kuat lubang pintu hingga pintu dapat terbuka.

6. Menggunakan Penggaris Besi

Penggaris besi juga dapat Anda gunakan untuk membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam. Caranya cukup dengan menyelipkannya melalui karet pelindung kaca mobil. Perhatikan bagian panel kuncinya, jika sudah terlihat bergerak maka tekan penggaris agar dapat membuka pintu mobil.

7. Mencongkel Pintu Bagian Tengah

Untuk beberapa tipe mobil memiliki bagian karet pintu bagian tengah. Bagian tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuka pintu yang terkunci dari dalam. Anda hanya perlu membuka karet pintu pada bagian kanan belakang, intip hingga menemukan besi pengaitnya.

Jika sudah berhasil ketemu, Anda dapat mulai mencongkelnya dengan menggunakan penggaris ataupun obeng kecil hingga pintu dapat terbuka dengan normal.

8. Menggunakan Obeng

Cara yang satu ini harus dilakukan secara berhati-hati karena dapat merusak interior serta bagian eksterior dari mobil. Anda harus membuat sedikit ruang dengan menggunakan obeng untuk tempat menyelipkan alat pencungkil. Lalu dorong alat pencungkil tersebut hingga mampu menarik kunci dari dalam mobil.

9. Hubungi Ahli Kunci

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan jika belum juga berhasil membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam adalah dengan menghubungi ahli kunci. Biasanya Anda akan dibuatkan kunci duplikat yang baru untuk membuka pintu mobil.

Penyebab Pintu Mobil tidak Bisa Dibuka

Barangkali Anda sering melakukan kesalahan ini! Yuk, perhatikan hal-hal yang sering kali tidak disengaja hingga membuat Anda repot sampai harus membuang waktu karena kunci mobil tertinggal di dalam.

cara-membuka-pintu-mobil-yang-terkunci-dengan-gantungan

1. Motor Penggerak Pintu Macet

Penyebab yang pertama ini biasanya disebabkan karena masalah pada motor penggerak pintu yang sudah tidak mampu untuk bekerja secara optimal. Hal tersebut bisa disebabkan karena kurangnya perawatan ataupun memang karena mobil tersebut sudah berusia cukup tua (keluaran lama).

2. Kecerobohan Pengemudi

Sepertinya kejadian pintu mobil yang terkunci dari dalam memang kebanyakan disebabkan oleh kecerobohan dari pengemudi itu sendiri. Biasanya pengemudi lupa dan meninggalkan kunci mobil di dalam, dengan kondisi seluruh pintunya terkunci.

3. Handle Pintu yang Kotor

Ternyata kondisi handle pintu mobil yang kotor juga bisa menjadi salah satu penyebabnya, lho! Kotoran yang sudah menumpuk dan mengendap dapat membuat pintu mobil berkarat sehingga akan lebih sulit untuk dibuka nantinya.

4. Pintu Pernah Terbentur atau Penyok

Pintu mobil yang pernah terbentur keras atau bahkan hingga penyok biasanya mengalami masalah pintu yang sulit dibuka. Hal tersebut disebabkan karena adanya beberapa komponen di dalamnya yang rusak atau telah mengalami perubahan posisi. Dengan begitu, pintu akan menjadi lebih sulit saat ingin dibuka.

Solusi Pintu Mobil yang Tidak Bisa Dibuka dengan Remote

cara-membuka-pintu-mobil-yang-terkunci-dari-dalam

Biasanya masalah pintu mobil yang tidak bisa dibuka dengan remote disebabkan karena adanya gangguan frekuensi pada sinyal yang dipancarkan oleh remote mobil. Selain itu juga dapat disebabkan karena baterai remote yang melemah dan mulai habis.

Jadi, Anda harus selalu teliti dalam memerhatikan kondisi remote serta baterai remote agar tidak melemah atau bahkan habis. Anda juga harus lebih memerhatikan lokasi dimana Anda akan memarkirkan mobil, hindari lokasi yang dekat dengan menara BTS karena sinyalnya dapat memberikan gangguan pada remote mobil Anda nantinya. 

Itu dia tips dari Carsome untuk Anda yang sedang kewalahan membuka pintu yang tidak sengaja kuncinya tertinggal di dalam. Gimana Sobat Carsome? Semoga dapat bermanfaat, ya! Hindari merusak mobil, selain karena biaya perawatannya yang mahal. Kemungkinan Anda akan menyesal karena ini dapat mengurangi harga jual mobil bekas Anda. Nah, next jika Anda ingin menjual mobil bekas, perhatikan cara perawatan mobil, dokumen agar penjualan mobil Anda dapat cepat laku!

Carsome adalah platform jual beli mobil bekas terpercaya, mudah, dan cepat yang ada di Indonesia. Seluruh transaksi penjualan mobil bekas di Carsome sangat transparan. Harga mobil Anda tidak mungkin jatuh dan jauh dari harga pasar. Penasaran berapa harga jual mobil Anda? Kunjungi saja website Carsome dan daftarkan segera untuk menjual mobil bekas Anda!

Baca juga: Jenis Asuransi Mobil, Syarat dan Cara Klaim Asuransi All Risk!

The post Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam appeared first on Carsome Indonesia.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS