page hit counter

Cara Jual Beli Mobil Bekas Aman dan Terlengkap

Cara jual beli mobil bekas bagi pemula yang baru dalam menggunakan platform untuk bertransaksi biasanya cenderung terasa sulit. Dalam masa pandemi saat ini, memiliki kendaraan pribadi tentunya sangat dibutuhkan untuk memastikan kesehatan dan keamanan Anda. 

Membeli mobil bekas seringkali menjadi alternatif yang lebih memudahkan saat ini.  Selain karena kita diuntungkan secara finansial, Anda juga sudah bisa melakukan tukar tambah dengan menjual mobil lama Anda. Kemudian melakukan pembelian mobil bekas secara kredit. 

Namun, seiring berkembangnya teknologi justru banyak juga yang mengeluh dikarenakan mobil dan dokumen yang diterima seringkali tidak sesuai. Untuk itu, meri cek tips lengkap mengenai cara jual beli mobil bekas bagi Anda pemula di bawah ini!

cara-jual-beli-mobil-bekas

Daftar Isi:

Cara Jual Mobil Bekas Cepat Laku dan Aman

Tips Untuk Anda yang Memiliki Mobil 

Cara Jual Beli Mobil Bekas Bagi Pemula Bebas Penipuan! 

Resiko jual beli mobil online memang cukup banyak. Selain dari segi kualitas mobil bekas yang dibeli menjadi permasalahan, terkadang harga jual mobil juga ikut dipermainkan. Banyak konsumen yang mengeluh dikarenakan proses dokumen yang tidak jelas. Untuk itu, mari perhatikan ini dia hal-hal yang wajib sekali Anda siapkan ketikan menjual mobil bekas maupun membeli mobil bekas! 

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Bekas

Depresiasi mobil adalah hal yang menguntungkan Anda secara finansial ketika membeli mobil bekas. Ini bisa lebih menguntungkan lagi jika Anda membeli mobil bekas yang jelas berkualitas. Mengapa? Selain karena nilai depresiasinya yang tidak sebesar membeli mobil baru, Anda bisa lebih menghemat dari segi servis dan kerusakan mobil bekas yang Anda miliki. Nah, semua ini bisa terwujud jika Anda melakukan pengecekan seperti dibawah ini: 

1. Tips Membeli Mobil Lebih Aman

Tips membeli mobil bekas berkualitas memang wajib dilakukan dengan hati-hati. Tidak hanya memperhatikan nilai finansial saja, namun pertimbangkan juga keselamatan dari penggunanya. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti kemanan transaksi dan fasilitas apa yang disediakan untuk Anda seperti test drive

2. Lakukan Test Drive Sebelum Membeli 

Test drive mobil bekas adalah hal yang penting Anda lakukan untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas. Anda wajib memahami bagaimana karakter dari mobil bekas tabrakan parah apalagi mobil bekas banjir. Memiliki mobil bekas seperti ini pastinya akan sangat menguras keuangan Anda di kemudian hari. Jadi perhatikan dengan baik tips dari tet drive mobil bekas yang Carsome berikan. 

Membeli mobil bekas di Carsome tidak perlu ribet karena inspektor Carsome sudah memastikan semua mobil yang Carsome miliki berlisensi Carsome Certified. Ini menandakan bahwa mobil yang Carsome miliki bebas banjir dan bebas dan tabrakan.

3. Pembiayaan Kredit, Tentukan Lembaga Pembiayaan

Beli mobil bekas secara kredit bisa menjadi masalah di kemudian hari jika Anda tidak benar-benar memperhatikan keuangan Anda. Mengapa? Meskipun harga mobil bekas lebih murah dibanding membeli mobil baru, namun bunga yang dibebankan justru lebih besar dapat mencapai hingga 6%. Sementara pada mobil baru, bunga yang dibebankan bisa setengahnya dari bunga yang dibebankan pada mobil bekas.Hal yang penting saat melakukan pembayaran secara kredit adalah memastikan Anda menggunakan lembaga terpercaya.

Bacaan Terkait:  12 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas Bebas Penipuan Tanpa Ribet Cara Test Drive Mobil Bekas Agar Tidak Kecolongan dan Rugi! Cara Kredit Mobil Bekas Mudah dan Aman!

4. Kenali Jenis Asuransi Mobil yang Anda Butuhkan 

Tanyakan apakah sebelumnya mobil memiliki asuransi resmi atau bahkan masih memiliki garansi resmi dari dealer. Jika tidak, maka Anda wajib memilih asuransi apa yang cocok untuk mobil bekas Anda. Biasanya asuransi mobil bekas lebih mahal dibandingkan asuransi mobil baru, untuk itu Anda wajib memahami premi yang ditawarkan oleh dealer. 

Hal yang wajib Anda perhatikan adalah jenis asuransi yang ditawarkan pada Anda, apakah TLO (Total Loss Only) atau asuransi yang menanggung semua kerusakan mobil Anda. Mengapa? Ini nantinya akan mempengaruhi isi premi, anggaran yang wajib Anda bayarkan setiap tahunnya hingga cara mengklaim asuransi nantinya.

5. Balik Nama Kendaraan Mobil

Adapun hal yang juga wajib Anda perhatikan apakah domisili dan nama yang terdaftar pada BPKB kendaraan memiliki domisili yang sama dengan Anda? Jika tidak maka Anda wajib melakukan balik nama mobil

Untuk melakukannya, Anda wajib mengunjungi SAMSAT setempat, lalu mengikuti berbagai prosedur yang ditetapkan. Biasanya Anda akan dikenakan biaya pengurusan. Hindari melakukan penundaan dikarenakan nantinya Anda akan kesulitan untuk membayar pajak dan dikenakan denda.

6. Cara Carsome Melakukan Rekondisi Mobil Bekas

Rekondisi mobil bekas adalah cara Carsome memastikan dengan baik bahwa seluruh mobil yang sudah melalui proses 175 titik inspeksi adalah mobil yang benar-benar bebas dari berbagai kerusakan apalagi banjir. 

Untuk itu pada tahapan ini, Carsome melakukan berbagai rekondisi seperti perbaikan pada fungsi mesin yang kurang optimal. Misalnya seperti kaki-kaki mobil, suspensi, kondisi internal hingga faktor eksternal seperti baret dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk memastikan mobil bekas yang Carsome jual adalah mobil bekas yang siap pakai. 

7. Metode Pembayaran Pembelian Mobil Bekas

Pastikan pembayaran yang dilakukan transparan dan terpercaya. Hindari membayar apapun sebelum dealer mengirimkan mobil atau Anda melihatnya secara fisik. Metode pembayaran mobil bekas selalu dilakukan setelah Anda setuju dan melakukan test drive. 

Selain itu, Carsome juga memberikan garansi 5 hari uang kembali yang dikenal dengan Carsome Promise. Jadi, jika mobil yang Anda tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan dan lihat. Sehingga konsumen tidak merasa dirugikan dengan membeli mobil bekas di Carsome. 

Bacaan Terkait: Jenis Asuransi Mobil, Syarat dan Cara Klaim Asuransi All Risk! Biaya Balik Nama Mobil Dari Mutasi Hingga Tuntas 2021

Cara Jual Mobil Bekas Cepat Laku dan Aman! 

Cara jual mobil bekas Anda dengan cepat tanpa ribet tentunya tetap menggunakan prosedur yang aman dan tepat. Menjual mobil bekas Anda di harga yang tinggi sesuai pasar bukan hal yang mustahil ya Sobat Carsome! Untuk itu, yuk simak lebih lengkapnya mengenai hal apa saja yang harus Anda persiapkan jika ingin menjual mobil bekas

cara-jual-mobil-bekas



1. Tingkatkan Harga Jual Mobil Anda

Saat menjual mobil Anda pada berbagai platform atau dealer mobil bekas, pastikan Anda sudah melakukan berbagai detailing pada mobil bekas yang Anda miliki. Pastikan Anda memiliki dokumen lengkap juga catatan perawatan service mobil secara berkala. Ini menunjukkan bahwa Anda melakukan perawatan mobil dengan rutin. Untuk lebih lengkapnya mengenai apa saja hal yang wajib Anda perbaharui sebelum menjual mobil bekas, Anda dapat membacanya pada artikel Carsome dibawah ini.

2. Dokumen Ini Wajib Anda Lampirkan! 

Beberapa dokumen yang wajib Anda lampirkan dan miliki adalah BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor), STNK, Form A untuk mobil import, Faktur, Fotokopi KTP dan Kwitansi Kosong.

3. Kenali Pasaran Harga Mobil Bekas & Depresiasi Harga Mobil Bekas 

Sebelum menjual mobil bekas, ada baiknya jika Anda memahami dengan baik harga dalam pasar. Sebelum menjual mobil bekas Anda, perhatikan dengan baik proses transparansi pembayaran dan review dari konsumen yang pernah menjual mobil bekasnya.

Menjual mobil bekas di Carsome sangatlah mudah, cepat, transparan dan terpercaya. Anda tidak perlu khawatir pencairan dana akan Anda terima dalam waktu satu hingga dua hari saja. 

Depresiasi harga jual mobil bekas adalah hal yang patut Anda pikirkan dengan baik ketika hendak menjual mobil bekas. Hindari menjual mobil bekas di awal tahun membeli mobil bekas, bukan justru Anda akan untung, hal ini akan membuat Anda merugi.

Ini disebabkan persentase deperesiasi mobil tinggi pada awal tahun Anda membelinya. Sehingga, baiknya menjual mobil di tahun ke-3 hingg ke-5. Untuk memahaminya lebih lanjut, Anda dapat menyimak pembahasannya di artikel Carsome di bawah ini.

4. Balik Nama Mobil dan STNK 

Cara blokir STNK online adalah hal yang wajib Anda lakukan bersamaan dengan pengalihan dokumen mobil. Hal ini dilakukan untuk menghindari pajak progresif pada mobil. Anda dapat melakukan pengurusan semua dokumen ini saat melakukan balik nama mobil di SAMSAT. Jangan lupa untuk melakukan balik nama dokumen, Anda wajib menyediakan biaya untuk melakukan balik nama mobil. 

5. Penawaran Transparan Carsome

Nikmati proses penawaran harga jual mobil Anda dengan mudah dan cepat di Carsome. Pencairan dana tidak berlangsung lama hanya satu hari jika Anda sesuai dengan harga yang diberikan.

Cara blokir STNK online adalah hal yang wajib Anda lakukan bersamaan dengan pengalihan dokumen mobil. Hal ini dilakukan untuk menghindari pajak progresif pada mobil. Anda dapat melakukan pengurusan semua dokumen ini saat melakukan balik nama mobil di SAMSAT. Jangan lupa untuk melakukan balik nama dokumen, Anda wajib menyediakan biaya untuk melakukan balik nama mobil. 

Bacaan Terkait: Cara Jual Mobil Bekas Cepat Laku, Ini 15 Tips Jitunya! Inilah Cara Blokir STNK Mobil Online Tahun 2021! Depresiasi Harga Mobil Bekas, Tips Menemukan Harga Jual Mobil yang Tepat

Tips Untuk Anda yang Memiliki Mobil

Ternyata mobil dapat digunakan sebagai nilai investasi dan pembiayaaan untuk Anda. Namun untuk menjamin keterpercayaan profil sebagai pemilik kendaraan, Anda wajib memastikan kelengkapan dokumen kendaraan juga riwayat kesehatan perbankan Anda. Untuk itu, simak selengkapnya informasi dibawah ini!

cara-jual-beli-mobil-bekas

1. Pajak Mobil Wajib Aktif

Saat hendak membeli mobil bekas hal yang wajib sekali dilakukan pertama kali adalah pengecekan apakah legal dan dokumen dari mobil bekas yang hendak Anda beli sudah terdaftar sah dan tidak jatuh tempo. 

Cek pajak kendaraan secara online juga sudah bisa Anda lakukan dan akses saat ini. Sejauh ini perkiraan perhitungan pajak mengacu pada harga pasaran mobil yang Anda miliki. Biasanya faktor pembayaran pajak kendaraan adalah 2% dari harga PKB (Pajak kendaraan baru) dan SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan) ditambah dengan pajak progresif yang dibebankan jika Anda memiliki kendaraan yang jumlahnya lebih dari satu. 

Lain halnya jika Anda dikenakan dengan denda pajak, tanyakan juga pada dealer tempat Anda membeli apakah sudah melunasi biaya pajak yang tertunggak. Biasanya mobil bekas yang dijual di Carsome sudah melakukan perpanjangan pajak.

2. Refinancing, Investasikan Mobil Anda

Refinancing mobil kredit memang bisa menjadi salah satu keuntungan dari melakukan pembayaran mobil secara kredit. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan khususnya kelancaran Anda dalam membayar kredit mobil. 

Refinancing bisa dilakukan jika semisalnya Anda membutuhkan pendanaan tambahan secara tunai atau misalnya jika Anda melihat bunga cicilan bank sedang turun. Sehingga, supaya lebih untuk Anda mengajukan refinancing, sehingga dapat melunasi cicilan dengan bunga yang lebih sedikit. Namun pertimbangkan juga mengenai tenor waktunya.

Over kredit mobil bisa Anda lakukan jika Anda ingin mengganti dengan mobil baru, namun Anda belum selesai melunasi tagihan mobil. Namun, hal ini wajib dilakukan sepengetahuan lembaga pembiayaan. Untuk informasi bagi Anda, refinancing berbeda dengan over kredit mobil.

3. Catatan dan Riwayat Service Mobil 

Service mobil secara berkala adalah hal yang perlu Anda pantau ketika membeli mobil bekas. Minimal dealer memberi tahu riwayat buku service ataupun catatan perbaikan yang pernah dilakukan pada mobil. Selain itu ada beberapa hal juga yang patut Anda kenali mengenai mobil seperti hal umum mengenai istilah pada mobil

4. Syarat Balik Nama Mobil Jika Pemilik Mobil Meninggal 

Syarat balik nama mobil jika pemilik sudah meninggal, Anda hanya perlu menyiapkan surat keterangan kematian orang tua yang Anda bisa dapatkan dari kelurahan setempat. Lalu siapkan persetujuan dari ahli waris atau notaris, lalu surat hibah bermaterai atau akta notaris.

Untuk proses pengajuannya sendiri, Anda dapat melakukannya seperti melakukan balik nama mobil seperti pada umumnya. Mengenai biaya yang akan dibebankan, Anda dapat melihatnya melalui portal milik SAMSAT DKI Jakarta.

Gimana sudah lengkap bukan cara jual beli mobil bekas dari Carsome untuk Anda? Nah, tips ini bisa banget Anda terapkan saat melakukan tukar tambah mobil bekas. Carsome saat ini juga melayani kebutuhan tukar tambah untuk Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Sekarang Anda tidak perlu ragu lagi untuk bertransaksi di Carsome! 

Bacaan Terkait: 15 Rekomendasi Mobil 1500cc: Paling Irit di Tahun 2021 Service Mobil Berkala Itu Wajib untuk Mesin Mobil, Mengapa? Refinancing Mobil Kredit: Cara, Kelebihan, Kekurangan & Manfaat Cek Pajak Kendaraan Online Lebih Mudah di HP Ini langkahnya!

The post Cara Jual Beli Mobil Bekas Aman dan Terlengkap appeared first on Carsome Indonesia.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS