page hit counter
Buang cita-cita jadi PNS karena negara sudah tak mampu gaji pegawai negeri

Buang cita-cita jadi PNS karena negara sudah tak mampu gaji pegawai negeri

Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN). Foto: Antara

Para mahasiswa yang baru saja lulus menempuh pendidikan di dunia pekuliahan diminta untuk berhenti memiliki cita-cita sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) ataupun Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal tersebut disampaikan mantan anggota Komisi III DPR periode 2014-2019, Akbar Faizal. Dia meminta kepada mahasiswa untuk berhenti berpikir menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) setelah lulus.

Sebagaimana diketahui, PNS atau ASN merupakan profesi yang hingga saat ini masih diminati oleh banyak generasi muda di Indonesia.

Ilustrasi ASN. Foto: Ist
Ilustrasi ASN. Foto: Ist

Keduanya masih banyak diminati oleh banyak orang lantaran masa depannya yang dianggap cerah, terjamin secara materi, dan adanya tanggungan uang pensiun.

Daya pikat profesi yang satu ini dibuktikan masih adanya jutaan pendaftar CPNS yang antusias untuk menjadi abdi negara pada tahun ini di berbagai instansi. Mayoritas pendaftar CPNS di antaranya siswa dan mahasiswa yang baru saja lulus dari perguruan tinggi.

Ketika menghadiri acara Wisuda Universitas Negeri Makassar (UNM), Akbar Faizal berpidato dan mengatakan bahwa negara saat ini sudah tidak mampu lagi membayar pegawai negeri.

“Anak-anakku sekalian, berhentilah berpikir untuk mejadi pegawai negeri. Negara ini sudah tak mampu lagi untuk menggaji seorang pegawai negeri,” ucap Akbar Faizal, mengutip Jakbarnews, pada Selasa, 11 Oktober 2021.

Ilustrasi PNS. Foto: Antara
Ilustrasi PNS. Foto: Antara | Buang cita-cita jadi PNS karena negara sudah tak mampu gaji pegawai negeri

Oleh sebabnya dia menyarankan, agar para mahasiswa yang sudah lulus sebaiknya memikirkan bagaimana caranya menjadi pengusaha dan membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

“Anak-anakku sekalian, Anda harus mengubah cara berpikirnya sekarang. ‘Bagaimana keluar dari kampus untuk menjadi pegawai negeri?’ Enggak! Anda harus mengubah cara berpikir itu. Ciptakan lapangan pekerjaan,” tambahnya.

“Saya ingin katakan sekali lagi, negara sudah tidak mampu lagi membayar pegawai negeri,” imbuhnya.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS