page hit counter
BPS Klaim Jumlah Warga Miskin di Kota Mataram Menurun

BPS Klaim Jumlah Warga Miskin di Kota Mataram Menurun

Berita Mataram – Di tengah badai pandemi yang menyerah seluruh dunia termasuk Kota Mataram telah meruntuhkan sendi-sendi perekonomian. Namun menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Mataram, selama pandemi ini berlangsung, jumlah warga miskin di Kota Mataram justru menurun.

Kepala BPS Kota Mataram Isa Ansori menjelaskan bahwa jumlah warga miskin di Kota Mataram mengalami penurunan sekitar 1000an warga. Menurut data BPS tersebut, jumlah warga miskin di Kota Mataram pada tahun 2019 sekitar 43 ribu orang dan tahun ini menjadi 42 ribu orang atau berkurang sekitar seribu orang.

Lebih lanjut Isa menjelaskan bahwa penurunan tersebut karena penduduk miskin selama pandemi Covid-19 terus mendapatkan bantuan sosial baik dari Pemerintah Kota Mataram maupun dari Pemerintah Pusat. Bantuan-bantuan seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sedikit tidak bisa merubah status mereka.

Namun demikian, banyak juga masyarakat yang tidak masuk ke dalam kategori penduduk miskin yang tidak mendapatkan bantuan, padahal dari segi ekonomi, mereka juga membutuhkan. Banyak diantara mereka yang kehilangan pekerjaan akibat PHK ataupun dirumahkan. Apabila hal ini terus berlarut-larut (tidak mendapatkan bantuan), maka mereka akan masuk ke dalam status warga miskin.

Sementara itu Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh mengatakan bahwa, penurunan angka kemiskinan di Kota Mataram dari sekitar 8,92 persen pada tahun 2019 menjadi 8,47 persen pada tahun 2020 tidak terlepas dari bantuan sosial pemerintah. Bantuan seperti BLT, PKH maupun JPS Kota Mataram yang telah disalurkan ke lebih dari 72 ribu Kepala Keluarga (KK), mampu membantu mereka untuk terlepas dari kategori warga miskin.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS