page hit counter
Bikin resah, Kominfo akhirnya blokir video ‘Aku Bukan Homo’ di YouTube Kids

Bikin resah, Kominfo akhirnya blokir video ‘Aku Bukan Homo’ di YouTube Kids

Logo YouTube Kids. Foto: YouTube

Beberapa waktu terakhir muncul video klip bernuansa LGBT di Youtube Kids. Video itu berjudul Sindu – Aku Bukan Homo yang masuk di dalam iklan di tayangan konten video YouTube Kids. Hal ini sontak membuat geger dan resah warganet, karena video itu muncul di sela tayangan anak, Coco Melon.

Bahaya iklan ada di yutube di sela-sela video cocomelon.. Mana anak saya nonton ginian umur baru 5 tahun,” tulis komentar seorang warganet di kolom komentar video yang ada di YouTube tersebut.

Usai heboh kabar video tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemen Kominfo) langsung mengambil langkah tegas. Dilaporkan, Kominfo sudah memutus akses alias memblokir video Aku Bukan Homo tersebut melalui koordinasi dengan pengelola platform, dalam hal ini adalah YouTube.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi. Selain itu, Dedy juga meminta pengelola platform digital untuk lebih menjaga ekosistem digital dari konten yang melanggar undang-undang.

“Kementerian Kominfo meminta seluruh platform digital untuk lebih serius menjaga keamanan ekosistem digital dari konten yang melanggar peraturan perundang-undangan,” ujar Dedy Permadi dikutip dari detikcom, Selasa 14 September 2021.

Video YouTube Aku Bukan Homo. Foto: CNN
Vidio YouTube Aku Bukan Homo. Foto: CNN

Lebih lanjut, Dedy juga mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam menelan informasi yang beredar di internet, dan mau melapor jika menemukan adanya konten yang melanggar ketentuan yang beredar di dunia maya.

“Apabila masyarakat menemukan konten yang melanggar ketentuan yang berlaku untuk dapat melaporkannya melalui aduankonten@kominfo.go.id atau kanal aduan lain yang kami sediakan,” tuturnya.

Diwartakan sebelumnya, beredar video yang berjudul Sindu – Aku Bukan Homo Official Music Video (18+). Video tersebut diunggah oleh akun Sinduatiga, sebuah akun YouTube baru yang hanya memiliki satu konten video, yaitu video klip Aku Bukan Homo.

Video itu membuat banyak warganet geram karena muncul sebagai iklan di tayangan yang ditujukan untuk anak-anak di YouTube Kids. Video itu menampilkan tokoh dua buah pisang yang sedang bernyanyi. Video dengan grafis 3D itu pada lirik dan judulnya, jelas-jelas mendeskripsikan hal-hal terkait homoseksual. Kekinian, saat ditengok ke kanal Sinduatiga, sudah tidak ditemukan video tersebut dan pada kanal itu hanya terdapat tulisan, ‘Tidak ada video di channel ini‘.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS