page hit counter
Berbagai Gejala Kanker Darah yang Wajib Diwaspadai

Berbagai Gejala Kanker Darah yang Wajib Diwaspadai

Kanker darah dianggap sebagai salah satu penyakit yang jarang diderita. Hal ini karena penyebab dari penyakit ini memang sulit untuk dideteksi dengan cepat dan memperhitungkan berbagai gejala yang timbul. Penyakit kanker darah dianggap sebagai salah satu kondisi pada saat sel darah mengalami ketidaknormalan atau berubah menjadi lebih ganas dan memberikan efek buruk bagi metabolism tubuh. Beberapa dokter mengungkapkan bahwa kanker ini sering ditemukan pada bagian sumsum tulang yang merupakan bagian tubuh tempat sel darah dalam jumlah yang besar. Gejala kanker darah memang tidak sama seperti kanker lainnya karena tidak membentuk benjolan atau terlihat secara fisik.

Berikut Berbagai Gejala Kanker Darah

Dokter memang menyarankan untuk melakukan pemeriksaan agar lebih mudah untuk menentukan gejala kanker darah. Hal ini biasanya diperhitungkan melalui jumlah komponen darah yang ada di bagian tubuh. Secara umum, tubuh memiliki beberapa komponen penting dalam darah seperti sel darah merah, sel darah putih, sel keping darah hingga plasma darah. Masing-masing dari komponen ini memiliki fungsi yang berbeda. Bahkan, jumlah dari komponen memang akan berbeda. Kanker darah membuat seluruh bagian komponen darah itu berkurang drastis atau bahkan memiliki perhitungan yang sangat berlebihan. Ini yang membuat orang tubuh lain menjadi terganggu dan memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan. Berikut ini beberapa gejala kanker darah yang paling sering untuk dirasakan penderita seperti:

1. Demam tinggi dalam waktu yang lama

Salah satu gejala kanker darah yang paling sering dirasakan adalah demam tinggi hingga menggigil. Kondisi seperti ini sering terjadi dalam waktu yang sangat lama. Bahkan, demam ini sering terjadi secara tiba-tiba pada waktu tertentu. Kondisi yang terjadi pada penderita memang tidak bisa diobati dengan mengkonsumsi obat demam biasa saja. Hal ini yang membuat para penderita harus melakukan pemeriksaan kepada dokter.

2. Susah buang air besar

Beberapa penderita yang mengalami gejala ini memang cukup tersiksa. Meskipun sudah mengkonsumsi serat dalam jumlah yang cukup banyak biasanya penderita akan mengalami susah untuk buang air besar. Bahkan, pada beberapa kasus penderita harus mengkonsumsi obat tertentu untuk melancarkan buang air besar.

3. Selalu berkeringat di malam hari

Gejala lain yang wajib diwaspadai adalah selalu berkeringan di malam hari. Hal ini bisa saja terjadi pada suhu ruangan yang rendah sekalipun. Keringat yang keluar bahkan dianggap terlalu berlebihan sehingga membuat sekujur tubuh terlihat basah.

4. Berat badan yang turun berlebih

Ada juga penderita yang mengalami penurunan berat badan secara berlebih. Biasanya ini terjadi meskipun sudah mengkonsumsi jumlah nutrisi yang cukup banyak. Namun, akibat komponen darah yang tidak stabil justru akan merusak metabolism pada seluruh tubuh.

5. Adanya bintik merah atau ruam pada kulit

Gejala lain yang sering timbul seperti bintik merah atau pada bagian ruam di kulit. Bintik merah ini memang dalam ukuran kecil namum jumlah yang muncul sangat berlebihan. Kondisi ini bisa dilihat secara langsung pada bagian kulit wajah hingga kulit lengan.

6. Pembengkakan getah bening

Hal lain yang wajib diwaspadai biasanya pembengkakan pada bagian getah bening. Kondisi seperti ini membuat bagian leher hingga ketiak terlihat bengkak dengan ukuran yang sangat besar.

7. Mudah mimisan atau memar

Gejala seperti ini tentu saja menjadi hal yang paling buruk. Para penderita akan mudah mengalami mimisan hingga memar di sekujur tubuh padahal tidak mengalami benturan.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS